28 Juni Diperingati Sebagai Hari Caps Lock Sedunia, Trend Meme yang Dirayakan Setiap Tahun

Reporter : Kurnia
Rabu, 29 Juni 2022 15:52
28 Juni Diperingati Sebagai Hari Caps Lock Sedunia, Trend Meme yang Dirayakan Setiap Tahun
apa sih Hari Caps Lock sedunia itu?

Hari CAPS LOCK sedunia beneran ada?

Mungkin terdengar tak biasa, namun benar adanya jika setiap tanggal 28 Juni itu diperingati sebagai Hari Caps Lock Sedunia. Masih bingung dengan perayaan Hari Caps Lock Sedunia yang diperingati hingga detik ini?

Awal mula Hari Caps Lock Sedunia dirayakan ketika seorang pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat bernama Derek Arnold pada tahun 2000 yang mencetuskan Caps Lock Day sebagai pengingat konvensi tipografi.

1 dari 4 halaman

28 Oktober Diperingati Sebagai Hari Caps Lock Sedunia

Hari Caps Lock Sedunia diperingati dua kali dalam setahun, yakni 28 Juni dan 28 Oktober.

Dilansir dari nationaltoday.com, parayaan Hari Caps Lock Sedunia bermula ketika Derek Arnold pada 28 Oktober tahun 2000 mengajak semua orang yang menggunakan perangkat lunak untuk mengirimkan pesan dengan huruf Caps Lock semua.

Tujuannya adalah untuk menyindir orang-orang Barat yang jarang menulis menggunakan huruf kapital, di mana mayoritas penduduk dunia menulis menggunakan huruf besar dan kecil. 

Pada dasarnya, Hari Caps Lock Sedunia merupakan sebuah trend yang dirayakan setiap tahunnya dan itu berlangsung hingga saat ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Keyboard © Diadona

Caps Lock

Selain untuk menyindir orang-orang barat, tujuan dari perayaan Hari Caps Lock Sedunia adalah untuk mengingatkan kita bahwa penggunaan huruf besar dalam sebuah teks pesan terlihat seperti berteriak dan tidak sopan.

Namun, dewasa ini penggunaan caps lock dalam sebuah teks message digunakan untuk menekankan satu pesan atau ‘hal’ penting yang dingin disampaikan terhadap lawan bicara di aplikasi messaging.

3 dari 4 halaman

28 Juni 2009

Selain dirayakan sebagai Hari Caps Lock Sedunia, tanggal 28 Juni sejak tahun 2009 juga diperingati sebagai hari peringatan meninggalnya Billy Mays.

Billy Mays merupakan seorang pemasar ternama di Amerika Serikat yang juga turut andil di perayaan Hari Caps Lock Sedunia. Semasa hidupnya, Billy Mays mengaku bangga dengan penemuan fitur Caps Lock yang akhirnya ia tuangkan dalam semua iklan.

Billy Mays adalah yang pemasar televisi yang banyak menggunakan fitur Caps Lock untuk mempromosikan produknya kala itu.

Jadi, ketika Billy Mays meninggal pada 28 Juni 2009, Arnold memberi penghormatan dengan menambahkan hari kedua untuk merayakan Hari Caps Lock Internasional ke dalam kalender.

Beri Komentar