25 Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda dan Artinya, Refleksi untuk Perbaiki Diri

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 3 Juni 2021 14:00
25 Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda dan Artinya, Refleksi untuk Perbaiki Diri
Kata-kata sedih bahasa Sunda ini ditulis lengkap dengan artinya kok. Kumpulan kata-kata ini tentunya selai bisa digunakan sebagai bahan refleksi diri juga bisa kita bagikan kepada orang-orang terdekat

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang jumlah penuturnya lumayan banyak. Maka tak heran jika kita sering mendengar ungkapan-ungkapan sehari dalam bahasa Sunda. Seperti halnya kata-kata sedih bahasa Sunda.

Buat kamu yang bukan penutur Bahasa Sunda, kata-kata sedih bahasa Sunda ini ditulis lengkap dengan artinya kok. Kumpulan kata-kata ini tentunya selai bisa digunakan sebagai bahan refleksi diri juga bisa kita bagikan kepada orang-orang terdekat kita.

Kata-kata sedih bahasa Sunda ini dirangkum Diadona dari berbagai sumber. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua ya, yuk kita simak bareng-bareng.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda © Diadona

1. Pilih hiji perkawis anu saluyu kana haté salira, sanajan kaayaan henteu mihak ka salira, yakin kaayaan tangtos tiasa robah lamun salira tiasa ikhlas dina jero hate.

Artinya: Pilih suatu hal yang sesuai dengan hatimu, walau keadaan tidak berpihak kepadamu, yakinlah keadaan pasti akan berubah jika kamu bisa ikhlas dari dalam hati

2. Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana.

Artinya: Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya

3. Hirup mah tong loba kahayang lur mun menta keneh ka kolot.

Artinya: Hidup jangan banyak keinginan, jika masih minta sama orang tua

4. Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa.

Artinya: Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa

5. Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa.

Artinya: Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa

6. Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah

7. Salira rumaos ngarasa leuwih hade, sanes sabot sadaya masalahna tos rengse, nanging sabot salira eureun ngahawatirkeun masalah salira.

Artinya: Kamu merasa lebih baik, bukan ketika semua masalah telah selesai, tapi ketika kamu berhenti mengkhawatirkan masalahmu

8. Musuh anu kalintang bahaya di dunya iéu nyaéta rarasa’an siéun saréng hariwang. Sedéungkéun reréncangan anu kalintang satia nyaéta kayakinan saréng kawanian urang.

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda dan Artinya

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda © Diadona

Artinya: Musuh yang paling bahaya di dunia ialah perasaan takut dan khawatir. Sedangkan teman setia adalah keyakinan dan keberanian

9. Ereun naroskeun, kumaha car meunangkeun nu anjen pikahoyong? Margi jawaban nu anjen panggihan nyaéta ngan saukur ti ‘usaha’.

Artinya: Hentikan bertanya, gimana cara dapatkan yang kamu inginkan? Karena jawaban yang bakal kamu temukan hanyalah “ usaha”.

10. Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawéan.

Artinya: Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan

11. Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana.

Artinya: Jangan merasa sedih karena sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri, namun tetap memberi cahayanya.

12. Ulah sieun mikacinta, ku sabab kantos ngarasa gagal, aya hiji jalmi diluaran ditu anu naros, sepertos kumaha rasana dimikacinta ku salira?

Artinya: Jangan takut mencintai karena pernah merasa gagal, ada seseorang di luar sana yang bertanya, bagaimana rasanya dicintai olehmu?

13. Seja dongkap waktos dimana kasono teu butuh ka panggih, lain ku sabab ayana jalmi nu anyar, nanging sabab hate tos ngagibleg, sabab tos lami ngantosan salira.

Artinya: Akan tiba waktu dimana rindu tak butuh bertemu, bukan karna adanya orang yang baru, tapi karna hati yang telah beku, sebab sudah lama menunggu kamu.

14. Tong leungpang dina hayang, tong cicing dina embung.

Artinya: Jangan berjalan dalam keinginan, jangan diam dalam ketidakmauan.

15. Sing percaya kana diri, nu dianti pasti ngawujud bukti, asal usaha jeung percaya kanu Maha Suci.

Artinya: Harus percaya diri, yang dinanti pasti menjadi bukti, asalkan tetap berusaha dan berdoa kepada Allah yang Maha Suci.

16. Nyatana jalmi anu salami ieu simkuring perjuangkeun, parantos milih lalaki sejen.

Artinya: Ternyata orang yang selama ini aku perjuangkan telah memilih orang lain.

17. Salira sangka mesem kuring nandakeun yen kuring teh bagja. Tapi asana salira salah, sabab mesem kuring ngan saukur panutup rasa kanyeri wungkul.

Artinya: Kau kira senyumku menandakan bahwa aku bahagia, tapi sepertinya kamu salah. Sebab, senyumku hanyalah penutup rasa sakit saja.

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda

Kata-Kata Sedih Bahasa Sunda © Diadona

18. Sakapeung diri ieu kacida lemah pikeun ngarongkong impen, malahan pikeun malih hudang oge simkuring teu kawakan, margi teu aya panangan nu ngabantosan kuring kanggo hudang ngadeg.

Artinya: Terkadang diri ini terlalu lemah untuk menggapai mimpi, Bahkan untuk bangkit saja aku tidak mampu. Karena, tiada tangan yang membantuku untuk bangkit berdiri.

19. Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.

Artinya: Belajar sabar itu susah, jika mudah tidak akan ada orang yang sengsara.

20. Kabagjaan teh sanes ku seerna harta, kabajaan teh ayana dina hate nu teu weleh ngucap sukur.

Artinya: Kebahagian itu bukan soal banyaknya harta, kebahagiaan ada di dalam hati yang senantiasa mengucap syukur.

21. Misalkéuna aya jalmi anu nyéngséurikéun urang, ulah baé ngarasa ngarasula, Sabab nu di Luhur mah bakalan térus masihan jalan pikéun urang.

Artinya: Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.

22. Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing.

Artinya: Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam.

23. Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang.

Artinya: Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak mempunyai makanan sama sekali.

24. Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana.

Artinya: Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya.

25. Digawe satakeur kebek eungke oge milik mah nuturkeun.

Artinya: Bekerjalah dengan maksimal, nanti rezeki bakal menyusul.

Itulah beberapa kata-kata sedih bahasa Sunda dan juga artinya yang bisa kita jadikan referensi bersama. Kalau kamu punya kata-kata Bahasa Sunda versi kamu jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar