18 Ciri-Ciri Orang Jenius dan Cerdas Berdasarkan Wajah dan Sifatnya, Apakah Kamu Memilikinya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 23 Juni 2020 11:22
18 Ciri-Ciri Orang Jenius dan Cerdas Berdasarkan Wajah dan Sifatnya, Apakah Kamu Memilikinya?
Ternyata ciri-ciri orang jenius bisa diliat cuman dari jari tangan dan tinggi badan. Coba deh kepoin, kamu masuk kriterianya nggak?

Ciri-ciri orang jenius sebenernya bisa ditunjukkan lewat berbagai faktor, misalnya penampilan atau perilaku seseorang lho. Dan uniknya, ciri tersebut muncul dari hal-hal yang nggak terdua. Coba deh kamu cek, mungkinkan kamu punya salah satu tandanya.

Tapi ngak usah cemas dulu kalau kamu nggak ada dalam daftar satu diantaranya ciri-ciri orang jenius ini, karena tentu aja ini bukan segalanya.

Kalau kamu pengen tahu gimana mengenali ciri-ciri orang jenius, Diadona bakalan babtu kamu deh. Simak yuk!

1 dari 3 halaman

Ciri Orang Cerdas dan Jenius

Ciri-Ciri Orang Jenius © Diadona

Kalau ciri-ciri orang jenius dan cerdas yang bakalan Diadona paparkan kali ini nggak sesuai dengan dirimu, jangan berkecil hati yah! Karena tentu aja, ada pengecualian di setiap aturan. Dan meskipun semunya berdasarkan penelitian, nggak melulu benar 100 persen untuk setiap orang.

Mengutip Brightside dan Independent, berikut ciri-ciri orang jenius yang mungkin ada di kamu.

Suka Menghabiskan Waktu Sendirian Ketimbang Bersama Teman yang Rame

Penelitian yang dilakukan oleh Norman Li dan Satoshi Kanazawa menyebut kalau ciri-ciri orang jenius ditujukkan dengan suka mnikmati waktu sendirian ketimbang bersosialisasi yang bikin capek.

Anak Paling Tua

Ilmuan di Universitu Edinburgh telah membuktikan kalau anak yang lebih tua biasanya punya IQ yang 3 poin lebih tinggi ketimbang adeknya. Ini bukan terkait dengan faktor biologis atau genetik, melainkan interkasi prikologi santara orang tua dan anak.

EIt, tapi tunggu dulu. Dmitri Mendeleev adalah ahli kimia yang enciptakan tabel periodik. Dan dia adalah anak bungsu dari 17 bersaudara.

Pernah Ikut Kelas Musik

Menurut penelitian Glenn Schellenberg, anak-anak yang dulunya menghadiri kelas musik punya tingkat IQ yang lebih tinggi dibanding mereka yang enggak.

Malahan, Glenn Schellenberg menyimpulkan kalau IQ tinggi adalah alasan pertama kenapa mereka ikut musik sejak awal.

Kurus

Kamu kurus? Hmm.. mungkin saja itu ciri-ciri orang jenius. Sebuah penelitian mengungkapkanm kalau ada hubungan yang kuat antara berat tubuh dengan fungsi kognitif. Artinya, mereka yang punya lingkar pinggang lebih kecil, cenderung lebih cerdas.

Tapi ini nggak sekonyong-konyong gitu yah. Kemungkinan ciri-ciri orang jenius ini muncul karena orang yang punya IQ tinggi cenderung berpenghasilan tinggi, jadi mereka lebih punya kesempatan buat menjaga kesehatan.

Nggak Terlalu Suka Olahraga

Ilmuwan Amerika, Todd McElroy dan David L. Dickinson menemukan kalau ciri- orang cerdas ditunjukkan dengan kebutuhan yang lebih rendah sama olahraga. Mereka lebih suka kegiatan yang butuh ketekunan dan upaya menta yang intens, contohnya nih bermain catur.

Terlalu Sensitif dengan Keberadaan Suara

Dilaporkan dari peneliti Universitas Helsinki, ada hubungan kuat antara orang suka menemukan solusi cangih suatu masalah dengan ketidakmampuan untuk mengabaikan suara bising. Dengan kata lain, ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius bisa aja mereka yang nggak tahan dengan suara yang nyaring atau mengganggu.

Jari Manis Lebih Panjang daripada Jari Telunjuk

Seorang dokter Norwegia, Karl Pinsk, menggambarkan metode penentuan kecenderungan seseorang berdasarkan rasio panjang jari-jarinya. Katanya nih, mereka yang punya jari manis lebih panjang daripada jari telunjuknya maka bsia menangani masalah matematika lebih baik. Ciri orang jenius matematikan nih!

Tapi, ada kurangnya juga lho. Mereka cenderung mengalami tantangan pada penugasan verbal.

Tinggi Badan di Atas Rata-Rata

Penelitian yang dilakukan oleh Anne Case dan Christina Paxson menunjukkan kalau anak yang lebih tingi cenderung punya hasiltes IQ juga lebih tinggi. Dan ciri-ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius ini bsia terlihat sejak anak umur 3 tahun lho.

Minum ASI

See, ASI memang baik bnaget untuk tumbuh kembang bayi ys, bahkan bisa menentukan ciri orang jenus juga. Sebuah penelitian di tahun 2007 menunjukkan kalau bayi yang minus ASI menunjukkan tingkat IQ yang lebih tinggi sekitar 7 poin ketimbang mereka yang nggak disusui.

Meski begitu, ada banyak alasan kenapa ibu nggak menyusui anaknya. Bukan karena nggak sayang atau nggak melakukan yang terbaik ya.

Bertangan Kidal

Dalam sebuah ulasan di tahun 1995, reporter New Yorker Maria Konnikova menulis kalau mereka yang kidal cenderung punya pemikiran yang berbeda dan lebih mahir. Tapi ini berlaku untuk orang laki-laki.

Bisa Membaca Lebih Dini

Sebuah penelitian di tahun 2012 yang melibatkan 2000 pasangan kembar menyebut kalau saudara kandung yang lebih cepat bisa membaca, ditandai dengan IQ pion yang lebih tinggi.

Lucu

Kamu lucu? Wah, bisa ikutan geng srimulat nih! Eh, maksudnya, bisa jadi itu ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius lho.

Bukan tanpa bukti, hal ini udah dibuktikan oleh sebuah penelitian kok.

 

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Jenius dilihat dari Wajahnya

Dalam sebuah penelitian yang ditulis oleh Forbes, menyatakan ada ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius bisa dilihat dari fitur wajahnya.

Wajah yang dianggap cerdas agak panjang dengan jarak yang lebih luas antara mata, hidung yang lebih besar, ada sedikit peningkatansudut mulut, dan dagu yang lebih tajam, trus wajah yang kurang bulat.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Jenius berdasarkan Sifatnya

Ciri-Ciri Orang Jenius © Diadona

Dan ya, angka kecerdasan kita emang nggak muncul di jidat tapi bisa terlihat dari sifat. Apa aja ciri-ciri orang jenius ini?

Sering Ngerasa Cemas dan Cenderung Panik

Psikolog, Tsachi Ein-Dor dan Organ-Tal dari Interdisciplinary Center di Herzliya (Israel), melakukan penelitian yang membuktikan kalau ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius ditunjukkan dengan mereka yang lebih pesimis. Kemungkinan ini terjadi karena mereka yang cerdas ini terbiasa menganalisa peristiwa di masa lalu dan karenanya, lebih memperhatikan peristiwa yang mungkin terjadi di masa depan.

Mudah Beradaptasi

Melansir Inc., mereka yang jenisu dicirikan dengan bisa melakukan apa aja terlepas dari kerumitan dan batasan yang diberikan ke dia. Dan penelitian terbaru mendukung pernyataanini kok, bahwa ciri oran jenius yaitu mereka yang bia mengubah perilaku sendiri untuk mengatasi lingkungan yang lebih efektif.

Suka Penasaran

Bukan pesaran atau kepo sama urusan orang yah. dari penelilitian ini, dibahas ada hubungan bahwa orang yang selau pengen tahu merupakan mereka yang pikirannya selalu ingin belajar.

Kamu Berantakan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota Carlson School of Management membuktikan kalau ornag yang punya meja kerja berantakan cenderung merupakan ciri-ciri-ciri-ciri-ciri orang jenius dan penuh kreativitas.

Tapi bukan berarti kamu menjadikan ini sebuah alsana buat nggak beres-beres yah!

Berpikirkan Terbuka

Hammet menulis kalau mereka yang cerdas mau menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran luas.

Ciri-ciri orang jenius yang Diadona tulis barusan itu nggak serta merta jadi patokan yang pas tentang kecerdasan dan kesuksesan seseorang ya. Karena tentu, ada banyak hal yang memperngaruhi hidup seseorang, dan bahwa kecerdasan bukan selalu yang utama. Ya kan?

Beri Komentar