10 Penyebab Globalisasi, dari Teknologi hingga Biaya Tenaga Kerja

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 2 September 2020 13:15
10 Penyebab Globalisasi, dari Teknologi hingga Biaya Tenaga Kerja
Dari penyebab globalisasi berupa kemajuan teknologi dan komunikasi, contohnya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan online dari luar negeri.

Kalo ngomongin globalisasi sih, kayaknya kata-kata ini udah sering kita dengar dan dibahas banyak orang. Tapi coba kita urai dulu deh apa sih itu globalisasi?

Dilansir dari BBC, secara khusus sih globalisasi berarti bahwa dunia jadi terhubung oleh perdagangan dan pertukaran budaya. Sedangkan secara umum, globalisasi berarti hubungan, sistem , atau kebijakan yang mendunia.

Globalisasi adalah bagian dari sejarah dunia dan akan terus berlangsung hingga nanti. Faktor-faktor penyebab globalisasi di masa lalu, akan terus berlanjut. Tapi, faktor-faktor tertentu bisa diubah kok.

1 dari 3 halaman

Sejauh ini, globalisasi telah menghasilkan:

  • Peningkatan perdagangan internasional
  • Ketergantungan yang lebih besar pada ekonomi globalisasi
  • Pergerakan modal, barang dan jasa yang lebih luas
  • Ketergantungan yang lebih besar pada ekonomi global

Dan ya, globalisasi membantu ekonomi dan membuat banyak peningkatan ekonomi negara berkembang, tapi tetap saja nggak bisa menutup kesenjangan antara negara yang miskin dan kaya.

Nah, lebih lanjut, berikut uraian penyebab dlobalisasi yang sudah Diadona lansir dari berbagai sumber.

2 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya Globalisasi

Dikutip dari Economics Help, sebenarnya globalisasi bukanlah fenomena yang baru. Perekonomian dunia saling tergantung satu sama lain.

Tapi dalam beberapa dekade terajhir, prosesnya berlangsung lebih cepat. Ini didukung oleh beberapa faktor penyebab globalisasi, yaitu peningkatan mobilitas tenaga kerja dan modal, serta peningakatan teknologi.

Penyebab globalisasi diantaranya:

Kemajuan Transportasi

Kemajuan transportasi adalah salah satu penyebab globalisasi. Dengan transportasi yang meningkatan, membuat perjalan global jadi lebih mudah dan murah.

Misalnya nih, perjalanan udara mengalami perkembangan, membuat pergerakan barang dan manusia yang lebih besar di seluruh dunia.

Kontainerisasi

Terjadi adopsi yang cepat dari kontainer pengangkut baja sejak tahun 1970 lalu. Tentu aja ini jadi salah satu penyebab globalisasi karena bis amengurangi biaya transpoirtasi antar moda, biaya yang dikeluarkan lebih murah dan prosesnya jadi lebih efisien.

Peningkatan Teknologi

Penyebab globalisasi ini akan memudahkan komunikasi dan informasi ke seluruh dunia. Misalnya, internet. Contohnya nih sekarang banyak banget orang melakukan pekerjaan via internet dengan menawarkan biaya tenaga kerja relatif murah.

Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas antar negara yang dipromosikan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), membantu menghilangkan hambatan perdagangan antar negara. Inilah yang jadi penyebab globalisasi.

Peningkatan Komunikasi

Adanya internet dan teknologi seluler memungkinkan komunikasi yang lebih besar antara orang-orang di berbagai negara. Ambil contoh deh, biaya komunikasi telepon selama tiga menit dari Amerika Serikat ke Inggris seharga $12 di tahun 1946 lalu. Sedangkan saat ini biayanya cuman 48 sen.

Telegram adalah satu-satunya alat komunikasi tertulis yang cepat. Tapi sekarang, lihat gimana bedanya.

Salah satu contoh mengapa ini menjadi penyebab globalisasi adalah, karena komunikasi bisa memungkinkan mereka buat megeksploitasi kekayaan intelektual secara efisien di berbagai lokasi tanpa kehilangan kendali dari kantor pusat.

3 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Nggak cuman itu saja, faktor penyebab globalisasi juga bisa karena:

Tenaga Kerja dan Ketrampilan

Tahu nggak sih kalau negara-negara seperti India menawarkan biaya tenaga kerja yang murah banget, hanya sepertiga dari Inggris, namun punya tingkat ketrampilan yang lebih tinggi. Akhirnya industri padat karya seperti baju, misalnya, bisa memanfaatkan biaya tenaga kerja yang lebih murah dan mengurangi pembatasan hukum di LEDC. Inilah salah satu penyebab globalisasi.

Kontainer

Dengan adanya teknologi kontainer baja, proses pengangkutan barang jadi lebih mudah dan murah. Ini tentu jadi pengaruh ke biaya tiap barang, kan?

Mobilitas Tenaga Kerja

Banyak banget orang yang rela berpindah pekerjaan ke luar negeri untuk kehidupan yang lebih baik. Penyebab globalisasi ini juga didukung oleh meningkatkan transportasi dan komunikasi, serta yang nggak kalah penting yakni transfer uang dari negara maju ke negara berkembang.

Mobilitas Modal

Sekarang ini kayaknya hambatan mengenai modal sudah berkurang secara umum sehingga banyak modla yang lebih mudah mengalir di antara ekonoi yang berbeda.

Ini jadi penyebab globalisasi karena memungkinkan suatu perusaahaan untuk menerima keuangan. Ini juga telah meningkatkan kemampuan perusahaan untu menerima keuangan.

Pertumbuhan Perusahaan Multinasional

Semua penyebab globalisasi tersebut mendorong didirikannya perusahaan mulitinasional. Secara lebih lanjut, ini tentu akan mempengaruhi banyak ekonomi di negara dengan kondisi berbeda.

Peningkatan teknologi sebagai penyebab globalisasi nggak diragukan lagi punya pengaruh yang sangat besar. Misalnya, internet dan komunikasi global.

Sayangnya, masih ada hambatan dalam peningkatan globalisasi, seperti hambatan perdagangan, meski nggak akan menghentikan pertumbuhannya.

Dan seiring dengan penyebab globalisasi yang terus berjalan, maka dunia akan menuju tingkatan hubungan ekonomi, teknologi dan suber daya yang lebih baik.

Beri Komentar