10 Jenis Awan Berdasarkan Ketinggiannya, Bisa Bantu Prediksi Cuaca loh!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 14 Juni 2021 16:18
10 Jenis Awan Berdasarkan Ketinggiannya, Bisa Bantu Prediksi Cuaca loh!
Tahu nggak sih, jenis awan bisa memprediksi cuaca loh!

Ada beberapa cara yang bisa bantu memprediksi cuaca, salah satunya dengan mengenali aneka jenis awan berdasarkan ketinggiannya. Yap, awan bisa dibedakan berdasarkan ketinggiannya, Diazens.

Awan sendiri merupakan massa tetesan air atau kristal beku yang terkandung di atmosfer dan berada di atas permukaan bumi maupun planet lain. Nah, awan bisa terbentuk karena adanya proses pengembunan uap air yang ada di udara akibat suhu dingin di atmosfer.

Keberagaman jenis awan ini bisa menghasilkan hujan, salju atau hanya bergerak lalu menghilang. Yuk, kita kenalan sama jenis awan di bawah ini!

1 dari 10 halaman

Awan Tinggi

Jenis awan ini pertama kali dikelompokkan pada tahun 1984 oleh Komisi Cuaca Internasional. Berdasarkan ketinggiannya dari permukaan tanah, jenis awan menjadi empat bagian, yaitu awan tinggi, awan sedang, awan rendah dan awan perkembangan vertikal. Awan tinggi memiliki ketinggian 6-12 Km dari permukaan tanah dan memiliki tiga jenis awan.

Awan Cirrus

Awan Cirrus © Diadona

Golongan awan tinggi yang pertama ada awan cirrus. Awan ini menandakan kalau cuaca sedang cerah, Diazens. Bentuknya seperti struktur serat yang halus dan kadang ada juga yang seperti bulu burung. Bentuk lainnya juga ditandai serupa pita yang melengkung di langit seolah bertemu di beberapa titik ufuk.

Awan cirrus ini mengalau cahaya matahari atau bulan yang menimbulkan fenomena alam halo, yaitu terjadinya awas cirrus yang membiaskan sinar matahari akibat es dalam awan sehingga membentuk lingkaran yang mengelilingi matahari seperti cincin. kandungan kristal yang ada pada awan ini membuatnya jarang menghasilkan hujan.

2 dari 10 halaman

Awan Cirrostratus

Awan Cirrostratus © Diadona

Berbeda dengan cirrus, kalau jenis awan cirrostratus ini memiliki tekstur yang sangat halus namun berwarna kelabu. Ia memiliki serabut tipis yang menyerupai cadar dan bisa menutup sebagaian isi langit. Bentuknya kadang menyerupai anyaman tidak teratur.

Awan ini mengandung kristal es yang cukup banyak dan letaknya juga sangat tinggi. Itu kenapa pada keadaan tertentu bisa menebal dan membuat fenomena halo.

3 dari 10 halaman

Awan Cirrocumulus

Awan Cirrocumulus © Diadona

Pernah nggak sih kamu melihat hamparan awan yang bergelombang seperti domba atau sisik ikan tipis? Nah, kalau itu namanya awan cirrocumulus. Bentuknya yang teratur ini membuat para pelaut menyebutnya sebagai gerombolan ikan makerel di langit. Soalnya kadang juga berubah menjadi warna abu-abu dan menyerupai sisik ikan. Lucu ya?

Cirrocumulus disebut sebagai awan yang paling cantik loh! Letaknya ada di 5 Km di atas permukaan. Ada banyak kandung kristal es dan tetesan air yang sangat dingin pada cirrocumulus karena letaknya yang sangat tinggi.

4 dari 10 halaman

Awan Sedang

Selanjutnya ada jenis awan sedang. Awan-awan ini letaknya di ketinggian sekitar 2-6 Km dari permukaan tanah.

Awan Altocumulus

Awan Altocumulus © Diadona

Memiliki penampakan yang serupa dengan cirrocumulus, awan altocumulus memiliki bentuk yang seperti gumpalan kapas menyebar di langit. Awan-awan tersebut saling terikat dengan warna putih dan abu-abu.

Uniknya, pesebaran awan ini teratur loh polanya sehingga bisa menyelimuti sebagian besar permukaan langit. Tapi kamu perlu waspada kalau melihat awan altocumulus ya. Soalnya awan ini menandakan akan terjadi hujan deras disertai petir.

5 dari 10 halaman

Awan Altostratus

Awan Altostratus © Diadona

Kalau jenis awan altostratus memiliki bentuk berupa lembaran yang tipis membentuk jalur-jalur berwarna keabu-abuan. Mereka bisa menutup sebagian besar permukaan langit meski beberapa lainnya masih bisa ditembus oleh sinar matahari.

Awan ini punya banyak banget kandungan butiran airnya. Itu kenapa kalau awan altostratus yang nampak di langit, berarti bisa menghasilkan hujan ringan dan virga (hujan yang nggak sampai ke tanah). Awan ini biasanya terbentuk pada saat senja atau malam hari kemudian akan perlahan menghilang saat matahari mulai terik.

6 dari 10 halaman

Awan Rendah

Selanjutnya, ada awan rendah. Ketinggiannya kurang dari 2 Km dari permukaan tanah. Berikut ini beberapa jenis awan rendah.

Awan Stratocumulus

Awan Stratocumulus © Diadona

Pernah nggak kamu merasa awan sangat dekat denganmu seolah bisa digapai? Bisa jadi itu adalah awan stratocumulus yang merupakan sebutan untuk awan paling rendah.

Bentuk awannya bulat bergumpal yang terlihat berkumpul atau memisah secara teratur dengan warna keabu-abuan. Kalau kamu bertemu dengan awan seperti ini, tandanya akan datang hujan namun tidak lebat, Diazens.

7 dari 10 halaman

Awan Stratus

Awan Nimbostratus © Diadona

Kalau awan stratus bentuknya berupa lapisan tipis yang melebar di langit dengan warna putih keabu-abuan. Kadang, volume awan ini tebal sehingga cahaya matahari bisa tertutupi.

Tandanya bukan hanya akan hujan ringan atau gerimis, tapijuga tekanan udara yang stabiil di atmosfer. Awan ini seringkali juga muncul saat cuaca sangat panas loh!

8 dari 10 halaman

Awan Nimbostratus

Awan Nimbostratus © Diadona

Kalau kamu lihat awan nimbostratus sih sudah pasti tahu ya tandanya cuaca bakalan kayak gimana. Soalnya awan ini berbentuk tebal dan polanya nggak teratur. Warnanya juga lebih gelap keabu-abuan.

Tekstur awan yang tebal membuat cahaya matahari tertutup. Sehingga, awan ini menghasilkan hujan dan salju. Bahkan di wilayah tropis kayak Indonesia, curah hujannya cukup tinggi loh!

9 dari 10 halaman

Awan Perkembangan Vertikal

Terakhir, ada jenis awan perkembangan vertikal. Awan ini berada di ketinggian di atas 450 M dari permukaan tanah.

Awan Cumulus

Awan Cumulus © Diadona

Pernah lihat gumpalan awan yang terasa dekat dengan kita? Yap, itulah awan cumulus yang tebal dan bentuknya memanjang ke atas. Bentuk awan ini dikarenakan terjadi tekanan udara di atmosfer yang labil.

Awan cumulus ini mengandung butiran air dan juga es yang sangat dingin. Uniknya, pada bagian awan yang terkena sinar matahari akan terlihat kilauan berwarna putih loh!

10 dari 10 halaman

Awan Cumulonimbus

Awan Cumulonimbus © Diadona

Nah, kalau keadaan awan cumulus terus berlanjut maka akan berubah menjadi awan cumulonimbus. Awan ini bentuknya menjulang ke atas seperti kubah. Cumulonimbus berwarna abu-abu gelap yang mana menandakan akan datangnya hujan deras.

Selain itu juga mendatangkan angin dan petir yang menyertai. Ia juga mengandung muatan listrik di dalamnya. Makanya, awan ini sering disebut sebaga awan berbahaya.

Jadi, itulah aneka jenis awan berdasarkan ketinggiannya yang bisa menjadi pedoman untuk memprediksi cuaca. Semoga membantu ya, Diazens!

Beri Komentar