Yuk Simak Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up!

Reporter : Mila
Jumat, 20 November 2020 07:57
Yuk Simak Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up!
Buat anak muda yang lagi merintis karir, bisa banget nih belajar dari drakor Start Up!

Drakor Start-Up memang lagi naik daun dan marak diperbincangkan. Selain diperankan oleh bintang populer seperti Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk, ternyata banyak lho pelajaran berharga seputar karier dan pekerjaan yang bisa diambil dari drakor satu ini.

Konsultan finansial Prita Ghozie, menjelaskan tentang hal tersebut dalam Instagram pribadinya. Nah, penasaran sama pelajaran apa aja yang bisa dipetik dari drakor Start Up? Langsung aja simak yuk!

1 dari 5 halaman

Punya Tujuan dan Rencana yang Jelas

Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up © Diadona

Semua karakter dalam drama ini, punya rencana dan tujuan masing-masing yang jelas untuk masa depan mereka.

Han Ji Pyong, punya target menjadi orang sukses. Hidup sebagai seorang yatim piatu membuatnya bertekad untuk jadi pebisnis yang sukses.

Seo Dal Mi, targetnya membuktikan bahwa dia tidak salah mengambil keputusan memilih tinggal bersama ayahnya waktu orangtuanya bercerai. Caranya, dimulai dengan masuk Sand Box.

Nam Do San, sejak awal hanya ingin membangun perusahaan rintisan, Samsan Tech, bersama dua temannya.

Mirip seperti Soe Dal Mi, Won In Jae berfokus pada pembuktian diri bahwa meskipun memiliki ayah tiri yang kaya raya tapi ia bisa sukses sendiri tanpa bayang-bayang ayahnya tersebut.

" Belajar dari pengalaman karier diri sendiri, aku dapati bahwa kerja keras tanpa fokus hanya akan menghasilkan kesibukan tanpa kejelasan,"  kata Prita mengutip dalam Instagramnya @pritaghozie.

2 dari 5 halaman

Jangan Pesimis dan Meremehkan Diri Sendiri

Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up © Diadona

Dimanapun, pasti akan ada saja orang yang meremehkan. Contohnya jangan pernah merasa rendah dengan latar belakang pendidikan. Dalam Start Up dikisahkan Seo Dal Mi hanyalah lulusan SMA. Tapi, dengan segala macam masalah yang ada ia berhasil masuk dan merintis bisnis start up di Sandbox.

Yang harus diingat adalah pendidikan tetaplah bekal utama. Meski begitu, walaupun kita tidak punya bekal gelar akademis, maka cara lainnya adalah terus cari peluang dengan membangun pengalaman kerja sejak dini.

3 dari 5 halaman

Punya Mentor yang Baik

Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up © Diadona

Selama 2 tahun, Nam Do San tidak pernah memperoleh kesuksesan dalam membangun Samsan Tech. Kondisi ini mulai berubah waktu Han Ji Pyeong datang ke dalam kehidupannya, menjadi mentor untuk bisnis dan hidupnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Tapi, berbeda saat membangun karir dan bisnis, pengalaman senior kita dipastikan bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita.

4 dari 5 halaman

Terbuka Menerima Kritikan dan Saran

Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up © Diadona

Dari awal episode sudah terlihat bahwa banyak sekali masukan yang diberikan Han Ji Pyeong kepada Nam Do San. Mulai dari cara berpikir sebagai CEO, cara berpakaian, cara bekerja sama, hingga cara berkenalan dengan Seo Dal Mi.

Menerima feedback itu memang susah-susah gampang. Butuh kebesaran hati untuk mau menerima umpan balik yang membangun.

5 dari 5 halaman

Lakukan Usaha Ekstra

Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start Up © Diadona

Pasti banyak yang mengira bahwa Won In Jae beruntung karena memiliki koneksi (dari ayahnya yang kaya raya) sehingga sangat mudah mendapatkan investor.

Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena Won In Jae membuktikan usahanya membuka koneksi sendiri, mengirimkan proposal dan bahkan menindaklanjuti langsung ke investor. Dia melakukan yang terbaik. Bahkan hal itu dia lakukan ketika Seo Dal Mi tertidur. Semua orang punya kesempatan yang sama, asal bisa memanfaatkan peluang.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Beri Komentar