Tips Menghadapi Kritikan dari si Bos, Biar Gak Baper!

Reporter : Mila
Rabu, 3 Februari 2021 11:57
Tips Menghadapi Kritikan dari si Bos, Biar Gak Baper!
Kritikan dari atasan atau bos ada baiknya jangan terlalu diambil hati.

Mendapat kritikan dan masukan adalah hal yang lumrah bagi seseorang. Karena hal inilah yang membuat kita terus belajar dan berkembang jadi lebih baik.

Tapi gimana kalau kritikan itu datang dari atasan atau bos di kantor? Kadang kala intonasi ataupun kalimat yang tidak sesuai membuat ada sedikit rasa sakit hati. Tapi jangan keburu terbawa perasaan atau baper dulu. Karena bisa jadi kritikan itu bertujuan untuk memperbaiki kinerja dirimu supaya lebih baik lagi.

Melansir Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, berikut tips untuk menanggapi kritik dan masukan dari atasan atau bos di kantor.

1 dari 3 halaman

Ambil sebagai Bahan Belajar dan Evaluasi

Kritik biasa diikuti oleh saran atau masukan. Kritik itu sendiri adalah penguraian secara gamblang tentang kesalahan yang kamu perbuat. Kemudian dilanjutkan dengan saran supaya kekeliruan bisa diperbaiki sebagai mestinya.

Nah coba deh untuk menyikapi dengan baik, yaitu dengan membedah satu persatu sehingga banyak pembelajaran yang bisa kamu peroleh. 

2 dari 3 halaman

Pertimbangkan Objektivitas Kritik

Dari kritikan si bos tadi, ambil lah hal-hal yang bersifat membangun supaya kamu bisa memperbaiki sebuah kesalahan yang perbuat. Hal ini juga menghindari kamu dari rasa kesal dan kecewa yang bisa merugikan kedua belah pihak.

3 dari 3 halaman

Ucapkan Terima Kasih Usai Mendapat Kritikan

Ketika mendapatkan kritik dan masukan yang membangun, jangan lupa untuk berterima kasih. Dengan begitu orang yang memberikan kritik akan mengetahui kalau kamu juga respek.

Sekali lagi, orang yang memberikan kritik berarti sangat peduli dan tidak ingin ada kesalahan yang diperbuat supaya tidak merugikan kepentingan umum.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar