Mengenal Job Description dan Job Spectification Para Karyawan di Sebuah Perusahaan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 3 Juli 2020 10:06
Mengenal Job Description dan Job Spectification Para Karyawan di Sebuah Perusahaan
Job description adalah suatu pernyataan tertulis yang berisikan tujuan dari dibentuknya suatu jabatan ataupun tugas.

Job description adalah tugas, peran, ataupun wewenang setiap staff dalam melaksanakan kewajibannya sebagai pekerja.

Sedangkan, sumber lainnya menjelaskan job description adalah rincian pekerjaan yang berisi informasi menyeluruh tentang tugas pada suatu jabatan tertentu dalam sebuah perusahaan.

Sehingga, tugas dari job description adalah ditentukan berdasarkan jabatan masing-masing. Sebab, untuk memberi kejelasan setiap karyawan dalam bekerja dan mencapai target yang diberikan.

Nah, supaya kamu lebih memahami istilah job description, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Job Description dan Job Spectification

Job Description adalah © Diadona

Meski sudah memasuki jaman yang modern dan teknologi yang semakin canggih, namun masih banyak orang yang bingung untuk membedakan job description dan job spectification.

Seperti yang dijelaskan di atas, job description adalah penyataan tertulis yang menjelaskan tentang tugas, kondisi kerja serta aspek-aspek lainnya dari suatu jabatan tertentu.

Sedangkan, job spectification ialah informasi dasar untuk memulai proses rekrutmen, seleksi dalam penempatan karyawan agar berfungsi dengan efektif.

Oleh karena itu, job specification sangat berguna dalam mencocokkan seseorang dengan posisi tertentu, dan pengembangan yang dibutuhkan.

2 dari 5 halaman

Job Description Purchasing Staff

Job Description adalah © Diadona

Mungkin kamu sudah tidak asing saat mendengar profesi yang menggunakan kata 'purchasing'. Kalau di defisinikan purchasing adalah sebuah posisi dalam perusahaan atau dunia retail, yang bertuas untuk membeli barang dari pihak ketiga.

Terdengarnya cukup mudah, namun ternyata tidak semudah itu ya guys. Sebab, saat ada kata “ membeli” berarti perusahaan harus mengeluarkan uang.

Sebab, ada pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan dokumentasi serta validasi, yang tentu di dalamya ada beberapa tugas atau tanggung jawab turunan yang harus dikerjakan oleh bagian purchasing.

3 dari 5 halaman

Lalu, apa sih job description purchasing staff? Job description adala tanggung jawab yang harus dilakukan saat kamu bekerja menjadi purchasing staff, diantaranya:

1. Memastikan setiap pembelian sudah di-setujui oleh manajemen eksekutif.
2. Memastikan kebutuhan perusahaan yang harus dibeli.
3. Menjaga hubungan baik dengan vendor
4. Memastikan bahwa barang tiba dengan kondisi baik dan tiba tepat waktu.
5. Dokumentasi Invoice, Faktur, Purchase Order / Work Order.
6. Melakukan review performa proses pembelian.

4 dari 5 halaman

Pengertian Job Description

Job Description adalah © Diadona

Pengertian job description adalah tugas, wewenang, atau tanggung jawab yang diberikan oleh atasan kepada karyawan untuk menyelasikan tugasnya di jabatan tertentu.

Adapun pengertian job description berdasarkan beberapa para ahli, diantaranya:

1. Garry Dessler (2010:110)

Job description adalah tanggung jawab atau laporan, atas tanggung jawab suatu jabatan, dan produk dari analisis jabatan.

2. Stone (2011:29)

Pengertian job description adalah dokumen formal yang berisi ringkasan informasi penting mengenai suatu jabatan untuk memudahkan dalam membedakan jabatan yang satu dengan lainnya.

3.  Handoko (2008:29)

Job description adalah suatu pernyataan tertulis yang menguraikan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan aspek-aspek pekerjaan tertentu lainnya.

5 dari 5 halaman

Dari pendapat para ahli tersebut, maka tujuan job description adalah untuk konsistensi terhadap pekerjaan untuk menjamin kehidupan bisnis yang teratur.

Sementara, manfaat job description adalah alat managemen untuk mengintegrasikan beberapa fungsi, seperti, Staffing & Selection, Performance Management, Reward System, dan Career Development & Training.

Intinya, job description adalah sebuah bagian yang menjelaskan dan gambaran umum mengenai sebuah peran yang diemban dan dipegang karyawan pada sebuah pekerjaan.

Beri Komentar