Sering Dihubungkan, Benarkan Penampilan Penting Dalam Dunia Kerja?

Reporter : Mila
Sabtu, 11 Juli 2020 06:57
Sering Dihubungkan, Benarkan Penampilan Penting Dalam Dunia Kerja?
'You are what you wear'

Ungkapan di atas memiliki arti 'kamu adalah apa yang kamu pakai'. Mungkin udah sering banget ya kamu mendengar ungkapan itu. Tak terkecuali di tempat kerja.

Banyak orang yang bilang, penampilan seseorang yang menandakan lebih baiknya dia dalam melakukan pekerjaan. Selain itu banyak pula klien atau bos perusahaan juga menilai caramu berpakaian.

Tapi apakah sebenarnya penampilan sepenting itu dalam pekerjaan?

1 dari 3 halaman

Gimana sih Penampilan Dinilai dalam Dunia Kerja?

Penampilan dalam Dunia Kerja © Diadona

Melansir SHRM, penampilan bisa jadi suatu bias dalam proses perekrutan. Kenapa? Ya tentu saja seperti yang dikatakan di atas, seorang atasan atau klien pasti menilai orang pertama kali dari penampilan.

Melansir Inc, kebanyakan lingkungan kerja sekarang memang sudah jauh lebih toleran soal penampilan. Tapi, tetap saja masih ada pihak yang mempermasalahkan hal tersebut.

 

Padahal sebenarnya, orang yang berpenampilan rapi gak selalu mahir dalam melakukan pekerjaan, begitu punsebaliknya. Jadi gak ada tuh hubungan antara skill dan bagaimana orang berpenampilan.

2 dari 3 halaman

Kenapa Ada Peraturan Tentang Berpenampilan di Tempat Kerja?

Baik di kantor atau pun tempat kerja lainnya, pastilah masih ada peraturan tentang pernampilan orang-orang di dalamnya. Sebenernya kenapa sih masih ada peraturan seperti itu?

Melansir The Muse, alasannya antara lain:

  • baju dan penampilan berkaitan dengan nilai yang diyakini pimpinan perusahaan.
  • pekerjaanmu berkaitan dengan klien langsung, sehingga harus selalu bisa merepresentasikan perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

Penampilan yang Baik Itu Gimana sih?

Penampilan dalam Dunia Kerja © Diadona

Sejatinya, penampilan yang baik dalam dunia kerja itu punya tafsir yang sangat luas dan kontekstual.

Kalau kamu bekerja di bank, perhotelan, dan industri-industri serupa, biasanya atasan akan menekankan untuk berpenampilan dengan baju yang spesifik ataupun baju formal.

Kalau kamu bekerja di bidang kreatif, biasanya perusahaan tidak mempermasalahkan baju. Jadi kamu bisa penampilan yang lebih kasual.

Jadi semua itu bergantung pada kebijakan perusahaan dan posisimu di perusahaan tersebut ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar