Memulai Bisnis di Usia Tua, Apa Aja sih yang Perlu Disiapkan?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 30 Juni 2020 10:15
Memulai Bisnis di Usia Tua, Apa Aja sih yang Perlu Disiapkan?
Usia bukan halangan untuk memulai sebuah bisnis.

Sebagaimana yang kita tahu, menjalankan suatu bisnis atau usaha tidak pernah memiliki batasan-batasan tertentu. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan, semua berhak menjalankan usaha di mana pun dan kapan pun.

Yang seringkali terjadi, saat seseorang mulai mendekati masa pensiun, mereka akan mulai mencari ide-ide bisnis yang bisa dilakukannya nanti. Saat pensiun, mereka mengharapkan ada yang tetap bisa dikerjakan, sehingga otaknya tetap bekerja dan mereka tetap bisa produktif.

1 dari 3 halaman

Wajar aja kok memulai bisnis di usia yang nggak lagi muda. Tapi tentu aja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Mengutip dari womanitely, pilihan bisnis terbaik yang bisa dilakukan di usia tua yakni berupa kewirausahaan. Begitu juga yang disampaikan Weddy Irsan, Head of SME New Business Bank Commonwealth.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Memulai Bisnis di Usia TuaIlustrasi Memulai Bisnis di Usia Tua © shutterstock.com/g/rido

Saat seorang pensiunan membuka usaha, sebaiknya mereka memilih usaha yang risiko gagalnya cenderung rendah. Bisa jadi dengan menjalankan franchise atau mungkin bisnis properti misalnya kos-kosan.

Merangkum dari finansial.bisnis.com, akan lebih baik jika menjalankan usaha yang lebih menitik-beratkan pada modal, sehingga operasional hariannya bisa dibantu atau bahkan dijalankan orang lain. Dengan demikian, usaha yang dijalankan tidak akan menyita banyak waktu yang harusnya dihabiskan untuk keluarga.

3 dari 3 halaman

Poin terpenting yang patut dipegang adalah bisnis yang dijalankan tentu perlu niat, pengetahuan, dan kemampuan yang sesuai. Perlu juga mempertimbangkan dana yang dijadikan modal.

Jangan sampai jika terjadi kegagalan bisnis, maka akan berdampak ke kehidupan sehari-hari. Untuk itu, jika memang berniat memulai usaha, akan lebih baik jika menggunakan dana yang memang sudah dipersiapkan sedari awal.

Beri Komentar