Cara Mengetik 10 Jari secara Cepat dan Efektif, Gampang Banget kok!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 November 2020 12:47
Cara Mengetik 10 Jari secara Cepat dan Efektif, Gampang Banget kok!
Memang susah di awal, namun dengan tips dan konsistensi berlatih maka dengan sekejab kamu udah bisa menguasai cara mengetik 10 jari

Cara mengetik 10 jari adalah teknik yang bagus banget biar bisa mengetik dengan sangat cepat. Apakahs ulit? Tenang aja, dengan beberapa latihan dan posisi jari yang benar, kamu bisa mengetik dengan kecepatan super di keyboard. Kalau kamu mempelajari dengan cermat maka kamu bisa nih menurunkan tingkat typo dan meningkatkan keceptan mengetik kamu.

Pengen tahu gimana caranya? Yuk ikuti langkah dan tips cara mengetik 10 jari yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Ilustrasi Mengetik © Diadona

Memang sulit, tapi coba dulu yuk gimana cara mengetik 10 jari berikut:

Hilangkan Dulu Kebiasaaan Buruk saat Mengetik

Susah banget belajar cara mengetik 10 jari kalau kamu masih aja berada di kebiasan mengetikmu yang lama. Memang sulit sih, tapi harus kamu lakukan lho.

Biasanya orang cenderung menggunakan tangan kirinya cuma untuk mengetik huruf WASD. Trus ada juga yang mengentik cuman dnegan dua jarinya aja dan masing-masing melayang di lebih dari 10 tombol. Trus mereka selalu melihat keyboard karena nggak bisa melihat tombol yang tepat dan. Stop deh, kamu harus menghentikan kebaisaan ini ya!

Gunakan Semua 10 Jari

Kayak namanya, cara mengetik 10 jari artinya menggunakan seluruh jari kamu. Nah langkah selanjutnya adalah mempelajari penempatan jari yang benar pada keyboard.

Kalau kamu ngeliat lebih detail pada keyboard, kamu pasti bisa melihat kalau ada semacam gundukan pada tombol J dan juga F. Ini bukan tanpa alasan lho karena dalam cara mengetik 10 jari, hal itu akan membantu kamu menemukan penempatan jari yang benar tanpa harus melihat keyboard.

Idealnya nih jari telunjuk kamu harus bertumpu pada tombol F dan J dan jari lainnya akan jatuh ke tempatnya secara alami. Atau bisa dengan melihat gambar berikut ini.

Cara Mengetik 10 Jari © Diadona

Nah trus tips dan cara mengetik 10 jari selanjutnya adalah setiap jari kudu menekan tombol yang berbeda. Di gambar berikut ini kamu bakalan ngeliat tanda berwarna yan nunjukin jari mana dan otmbol mana yang berhubungan.

Cara Mengetik 10 Jari © Diadona

Misalnya nih dalam cara mengetik 10 jari kalau kamu ingin menekan tombol R maka gunakan telunjuk kiri yang sebelumnya diletakkan di posisi F. Jangkau dengan telunjuk kiri ke R trus balik lagi ke posisi awal yakni di F.

2 dari 2 halaman

Cara Cepat Mengetik 10 Jari dan Tujuannya

Ilustrasi Mengetik © Diadona

Kenapa sih penting banget untuk menguasai cara cepat mengetik 10 jari? Yaitu untuk menyetel gimana korelasi tangan kita pada posisi keyboard di alam bawah sadar. Nah alam bawah sadar inilah yang akan membantu kita menanganis uatu tindakan yang kompleks dalam waktu yang super singkat, yang akhirnya bikin kita ngetik jadi lebih cepat.

Kalau mengetik dengan mematuk atau satu-satu dengan telunjuk tuuh bakalan mengehabiskan waktu dan energi karena kudu mikir tuh 'wah, tombol selanjutnya di mana ya?' tapi dengan cara mengetik 10 jari, kamu bisa berfokus pada hal lain yang lebih penting yakni isi tulisan.

Dengan menggunakan cara mengetik 10 jari, secara nggak sadar kamu bisa meningkatkan kecepatan mengetik secara signifikan, dengan kata lain kamu akan menghemat waktu yang berharga.

Trus karena kamu nggak perlu lagi fokus cuman buat mengetik satu tombol, maka kamu nggak perlu bolak balik melihat keyboard. Dengan demikian maka otak jadi lebih lega dan jadi bisa bekerja secara lebih efisien.

Dan tahu nggak sih ketika kita mengetik dengan melihat keyboard maka akan menimbulkan postur duduk yang nggak sehat. Tapi dengan cara mengetik 10 jari maka kamu nggak perlu melihat pada keyboard sehingga kamu bisa duduk dengan tegak dan dalam posisi yang baik.

Beri Komentar