Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 8 November 2022 08:15
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Sebelum kita diterima bekerja, terdapat beberapa proses seleksi sampai akhirnya kita bisa diterima. Yuk simak artikel berikut tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Karena sifatnya resmi dan formal, penulisan surat lamaran pekerjaan pun tidak boleh asal-asalan dan harus diperhatikan. Simak artikel di bawah terkait cara membuat surat lamaran kerja agar dapat membantu proses kamu melamar.

Surat lamaran juga menjadi ajang promosi diri kamu agar perusahaan dapat melirik dan mengetahui potensimu. Sehingga kamu harus mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

 

1 dari 3 halaman

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar © Diadona

Dilansir dari website katadata.co.id ini lho cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Simak detail caranya berikut.  

Langkah-langkah:

  • Langkah pertama adalah wajib menuliskan tanggal dan tempat penulisan surat. Biasanya pada penulisan surat resmi, di tulis di pojok kanan atau kiri atas surat lamaran. 
  • Kemudian menuliskan tujuan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
  • Setelah itu menuliskan salam pembuka dan kata pengantar dengan Bahasa yang formal dan juga sopan seperti “ Dengan hormat” dan sebagainya.
  • Berikutnya sertakan juga data diri agar perusahaan juga mengenal kamu. 
  • Tuliskan juga pengalaman kerja, magang atau lainnya agar perusahaan juga dapat mempertimbangkan skill kamu.
  • Jangan lupa juga untuk mengucapkan penutup dan ucapan terima kasih.
  • Sertakan dokumen pendukung (CV, ijazah, pas foto, dll) jika dibutuhkan.

2 dari 3 halaman

Cara membuat surat lamaran kerja via email

Cara membuat surat lamaran kerja via email © Diadona

Email juga salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja. Jika kamu ingin menulis dan mengirim surat lamaran melalui email, dikutip dari website kitalulus.com berikut langkahnya.

Langkah-langkah:

  • Menyiapkan terlebih dahulu semua berkas dokumen lamaran kerja yang diperlukan seperti CV maupun dokumen pendukung lainnya.
  • Setelah itu mulai menulis di email dengan menuliskan subjek email. Sehingga HRD perusahaan akan mengenali tulisan kamu. Misalnya (Nama_Posisi yang diinginkan).
  • Kemudian pastikan kamu memasukkan email sesuai dengan informasi yang diperoleh dari perusahaan.
  • Selanjutnya adalah menuliskan isi body email dengan pembukaan, seperti nama, posisi yang diinginkan, kualifikasi kamu dan pengalaman singkat.
  • Lalu sampaikan tujuan lamaran pada paragraf pertama.
  • Kamu juga bisa promosikan diri kamu dengan menuliskan kelebihan dan keahlian diri kamu.
  • Deskripsikan juga ketertarikan dengan perusahaan yang ingin kamu lamar.
  • Setelah itu tulislah bahwa kamu antusias dalam surat lamaran.
  • Jika kamu sudah memastikan Langkah di atas, kemudian kirim email dengan catatan di jam produktif agar berkesempatan untuk di lihat dan tidak terlewat.

3 dari 3 halaman

Cara membuat surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris

Cara membuat surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris © Diadona

Ada beberapa perusahaan juga yang mewajibkan kita untuk menulis surat lamaran menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga kamu juga harus belajar dan mengetahui caranya. Dilansir dari website Parakampunginggris.com  ini caranya.

Langkah-langkah:

  • Mulailah untuk mencantumkan alamat dan nama pada pojok kanan atas seperti surat lamaran biasanya.
  • Berikutnya adalah memberi tanggal kamu mengirim surat.
  • Kemudian buka dengan kata pengantar dan jangan lupa untuk memperhatikan kosa kata. Bisa menuliskan kata awal seperti “ Hello” atau “ Dear”
  • Pada paragraf pertama, tuliskan niat atau tujuan dalam melamar.
  • Pada paragraph selanjutnya, jelaskan tentang latar belakang diri.
  • Kemudian paragraf selanjutnya kamu bisa menjelaskan kenapa kamu adalah kandidat yang tepat melalui kualifikasi diri kamu.
  • Selanjutnya pada paragraf terakhir ucapkan terima kasih dan beri ucapan penutup.
  • Kemudian akhiri surat lamaran kerja dengan tanda tangan setelah baris penutup seperti “ All the best” atau “ Sincerely”.

Nah itulah tadi cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan tepat. Simak detailnya sehingga dapat membantu kamu mendapatkan panggilan interview, selamat mencoba ya.

Penulis: Agung Brahma Wikara

Baca Juga: 5 Cara Membuat CV di Word yang Mudah, Menarik, dan Praktis Cara Buat Lamaran Kerja Online Terbaru yang Baik dan Benar, HRD Pasti Melirik! Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar, Untuk Melamar Pekerjaan dan Skripsi 4 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar beserta Contohnya, Pasti Lolos! 3 Cara Membuat Kartu Pra Kerja yang Mudah dan Anti Ribet

Beri Komentar