Berbohong Waktu Wawancara Kerja? Boleh kok, Asal...

Reporter : Mila I
Selasa, 2 Maret 2021 12:57
Berbohong Waktu Wawancara Kerja? Boleh kok, Asal...
Bohong waktu wawancara kerja itu gak dilarang, asal tahu waktu yang tepat.

Dari kecil kita pasti diajarkan untuk tidak berbohong dalam hal apa pun. Hal ini karena berbohong dalam kebanyakan kasus di hidup kita, itu gak baik. Apalagi kalau berhubungan sama karier.

Eits, tapi ternyata gak selamanya berbohong itu buruk, lho. Ada kalanya kamu diperbolehkan melakukan kebohongan saat wawancara kerja tanpa harus merasa bersalah setelahnya. Bahkan sedikit kebohongan saat wawancara kerja juga bisa membawa manfaat yang sangat besar untuk kariermu kedepannya.

Gak boleh sembarang, pertama cari tahu dulu yuk kapan saja kamu boleh berbohong saat wawancara kerja!

1 dari 3 halaman

Alasan Melamar di Perusahaan Tersebut

Meski memang sebenarnya tujuanmu adalah mencari penghasilan tinggi atau sekadar coba-coba mencari pengalaman, jangan sekali-kali memberikan jawaban tersebut kalau tidak ingin dicap sebagai kandidat tak bermutu.

Sebaiknya, berikan jawaban meyakinkan bahwa kamu ingin belajar dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Selain itu kamu juga bisa menyatakan bagaimana perusahaan tersebut bisa membantu kamu menuju jenjang karier yang lebih tinggi.

Meski sedikit berbohong dengan jawaban yang diberikan, tetap ingat untuk menjawab dengan realitis dan tidak terlalu melebih-lebihkan pernyataan.

2 dari 3 halaman

Kekurangan dalam Diri

Berbohong Waktu Wawancara Kerja? Boleh kok, Asal... © Diadona

Banyak perusahaan yang menanyakan kelemahan terbesar yang ada dalam dirimu. Tujuannya tentu saja untuk mengukur kemampuan analisa diri dan mengidentifikasi ketidakcocokan kandidat dengan posisi yang ditawarkan.

Kamu pasti tidak mau kan orang yang akan memperkerjakanmu memandangmu dengan sebelah mata karena kelemahan terbesarmu? Alih-alih berbohong sepenuhnya, kamu bisa menyebutkan satu kekurangan atau kelemahan kamu yang paling kecil dan tidak terlalu berpengaruh dalam melakukan pekerjaan yang ada.

3 dari 3 halaman

Semua Tempatmu Bekerja Sebelumnya

Meski memang sebenarnya memiliki pengalaman buruk, jangan sekali-kali curhat tentang hal-hal negatif tentang tempat kerja yang pernah kamu tempati sebelumnya.

Sebaliknya, ungkapkan sisi positif dari pengalaman kerja kamu sebelumnya dengan memberikan fakta-fakta yang singkat dan relevan.

Semua orang pasti ingin menunjukkan yang terbaik di hadapan pewawancara. Tidak heran banyak yang berbohong saat wawancara kerja. Tapi tetap saja kamu tidak bisa sembarangan berbohong. Tetaplah fokus pada jawaban-jawaban yang membuat si pewawancara merasa yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat menduduki posisi pekerjaan yang sedang dicari.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar