Gamer Sudah Diakui Sebagai Pekerjaan, Ini nih Peluang Kariernya!

Reporter : Mila
Minggu, 28 Februari 2021 09:57
Gamer Sudah Diakui Sebagai Pekerjaan, Ini nih Peluang Kariernya!
Yuk, yang merasa gamer merapat!

Kabar gembira untuk para gamer. Sekarang profesi ini sudah diakui oleh pemerintah. Tapi tunggu dulu, pemerintah yang mengakuinya adalah pemerintahan China. Diharapkan perluasan definisi pekerjaan ini bisa menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja selama pandemi.

Melansir South China Morning Post, Kementerian Pendidikan China memberikan instruksi kepada setiap universitas untuk memperhatikan kriteria baru ini saat melaporkan tingkat serapan tenaga kerja alumninya. Meski begitu, bukannya gak mungkin kalau Indonesia juga akan menerapkan hal serupa.

Oleh karena itu penting banget menghapus stigma negatif pada kaum awam tentang gamer. Siapa bilang main game itu gak menghasilkan uang? Ada kok cara untuk dapat uang dari bidang game.

Penasaran apa aja? Langsung baca selengkapnya di bawah!

1 dari 3 halaman

Game Programmer

Di dalam dunia games, profesi ini merupakan salah satu yang palingpenting. Tanpa adanya game programmer, gak akan tercipta suatu game.

Kemampuan coding yang mumpuni sangat dibutuhkan dalam menjalani profesi ini. Posisi ini pun masih dibagi-bagi lagi ke beberapa bagian. Ada yang bertanggung jawab atas grafis, membuat gameplay (sistem sebuah permainan), networking, audio, dan lain sebagainya.

2 dari 3 halaman

Game Tester

Coba bayangkan kalau kamu dibayar hanya untuk bermain game setiap harinya. Pasti menyenangkan kan? Ini lah yang bisa kamu rasakan saat berprofesi sebagai seorang game tester.

Sebelum suatu game dimainkan oleh banyak orang, perusahaan tentunya harus melakukan quality control yang ketat. Inilah yang menjadi tugas game tester.

Selain harus punya kemampuan bermain, game tester juga harus punya ketelitian yang tinggi. Segala detail pada game tersebut harus diperhatikan. Jika ditemukan kecacatan, maka harus segera dilaporkan.

3 dari 3 halaman

Streamer

Tren internet membuat pekerjaan yang satu ini tercipta. Streamer adalah orang yang dibayar untuk ditonton waktu main game, misalnya dari Youtube.

Jadi dia bermain game, terutama game popular dan keluaran terbaru lalu direkam. Walaupun kelihatannya gampang, tapi untuk jadi streamer yang layak juga gak sembarang lho. Selain harus punya skill bermain game dan update soal gamestreamer juga harus modal. Seperti yang kita tahu peralatan komputer yang canggih untuk bisa main game kualitas tertinggi itu gak murah. Misalnya monitor, mic, kamera, lighting dan lainnya.

Ternyata ada cukup banyak pilihan pekerjaan ya yang cocok untuk gamers. Tapi apapun pekerjaan yang kita pilih, selama sesuai hobi, pasti bisa lebih dinikmati. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar