Beda Jurusan Kuliah Bikin Sulit Dapat Pekerjaan, Emang Bener?

Reporter : Mila I
Jumat, 19 Februari 2021 08:57
Beda Jurusan Kuliah Bikin Sulit Dapat Pekerjaan, Emang Bener?
Kerja beda jurusan emang bisa?

Menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah bukanlah sebuah akhir, tapi adalah awal memasuki dunia profesional. Setelah menyelesaikan perkuliahan di kampus, kamu akan menerima status sarjana atau biasa disebut sebagai fresh graduate.

Harapan untuk langsung bisa diterima di tempat kerja tentu saja tinggi, tapi pada kenyataannya gak semudah itu. Banyak dari fresh graduate yang merasa kesulitan merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan pertama. Bahkan ada pula yang sebenarnya gak mau melamar kerja sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil. Lalu bagaimana bisa mendapatkan pekerjaan dari jurusan kuliah yang berbeda?

1 dari 3 halaman

Apakah Sudah Benar-benar Yakin?

Sebelum berpindah atau bekerja di bidang yang berbeda dari jurusan kuliah, ada dua hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Yang pertama, tanya pada dirimu sendiri, apakah kamu yakin untuk pindah dari zona yang sebelumnya sudah kamu kuasai ke zona yang benar-benar baru?

2 dari 3 halaman

Apa Saja Kualifikasinya?

Yang kedua, kamu harus tanyakan pada dirimu, apakah kamu sudah tahu apa-apa saja yang kamu butuhkan untuk kamu bekerja di posisi yang baru dan apakah kamu yakin kamu punya kualifikasi di posisi yang baru ini?

Nah dua pertanyaan di atas harus terjawab sebelum kamu melangkah lebih maju lagi.

3 dari 3 halaman

Apakah HRD Ragu?

Kalau ditanya, apakah HDR ragu mempekerjakan kamu yang memiliki latar pendidikan berbeda dari posisi yang kamu lamar, jawabannya adalah iya.

HRD sebenarnya ragu sama semua orang untuk semua posisi, bahkan yang latar pendidikannya sama sekalipun. Itulah mengapa HRD mengadakan tes, interview, dan seleksi CV.

Nah, untuk menjawab keraguan HRD itulah penanan job seeker untuk menjawab dua pertanyaan yang sebelumnya tadi. Khususnya jika kamu sudah masuk tahap interview. Intinya yakinkan HRD supaya bisa menerima kamu.

Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat ya. Good luck!

Beri Komentar