Bangga! Nicke Widyawati, Putri Bangsa yang Dinobatkan jadi Wanita Berpengaruh Dunia

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 30 Oktober 2020 13:24
Bangga! Nicke Widyawati, Putri Bangsa yang Dinobatkan jadi Wanita Berpengaruh Dunia
Ia pun jadi satu-satunya wanita asal Indonesia.

"Bapak Presiden [Joko WIdodo] juga tekankan, bagaimana ini Pertamina kok impornya besar terus? Padahal kan bagaimana seoptimal mungkin harus memanfaatkan minyak yang dari dalam negeri," ungkap Rini Soemarno pada 29 Agustus 2018 lalu kala Rini sedang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti dilansir dari goodnewsfromindonesia.id.

Demikian ungkapan Rini usai mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina yang baru saat itu. Dalam hal ini, mengurangi impor adalah tugas utama Nicke, yang diamanatkan oleh presiden kepada Nicke. Bahkan, Rini juga menargetkan Pertamina - yang saat itu sudah berada di tangan Nicke - bisa menyerap seluruh produksi minyak dalam negeri satu tahun dari sekarang, yang artinya target di tahun 2019.

1 dari 3 halaman

Jalankan Mandat Presiden

Nicke Widyawati Wanita Berpengaruh Dunia © Diadona

Meski begitu, setelah dilantik sebagai Direktur Utama Pertamina, Nicke pernah mengatakan tidak akan menyusun strategi baru sambil melanjutkan program perseroan. " Tidak ada perubahan yang signifikan karena semua sudah tertata," ujarnya seperti dikutip dari Katadata.co.id (20/4/2018).

Masih dalam upaya pengurangan impor sesuai amanat presiden, dua tahun menjabat, Nicke dilanda masalah kondisi pandemi Covid-19. Kondisi pandemi tentunya telah sangat menekan kondisi perekonomian baik domestik maupun perekonomian dunia. Bagi Nicke, ini adalah tugas berat berikutnya yang harus diselesaikan.

2 dari 3 halaman

Usahanya Terendus Majalah Fortune

Nicke Widyawati Wanita Berpengaruh Dunia © Diadona

Usahanya terdeteksi oleh majalah bisnis global asal Amerika Serikat, Fortune, yang menyebut Nicke sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Dalam daftar 50 Wanita Terkuat Internasional, Nicke ditempatkan di tempat ke-16 di belakang Jean Liu, bos perusahaan ride-hailing terbesar di China, Didi Chuxing.

Sebagai satu-satunya perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar, Fortune melihat insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung itu telah mentransformasi Pertamina di tengah pandemi. Nicke dinilai mumpuni dalam mengelola perusahaan milik negara yang memiliki pendapatan lebih dari 54,6 miliar dolar AS itu, serta menangani 32 ribu karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Jadi Tokoh Perempuan yang Menginspirasi

Nicke Widyawati Wanita Berpengaruh Dunia © Diadona

Selain dinilai dari kemampuan para perempuan tersebut dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, majalah Fortune memang telah memilih tokoh perempuan yang dinilai berani terjun langsung ke industri yang biasanya didominasi laki-laki, seperti industri pertambangan, baja dan minyak dan gas. Dan Nicke termasuk dalam kriteria ini.

Bangga banget kan? Sosoknya begitu menginspirasi!

Beri Komentar