6 Tips Jitu untuk Tetap Semangat Bekerja saat Bulan Ramadan

Reporter : Mila
Rabu, 14 April 2021 11:57
6 Tips Jitu untuk Tetap Semangat Bekerja saat Bulan Ramadan
Bekerja saat bulan puasa akan terasa lebih mudah dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

Bekerja selama Bulan Suci Ramadan selalu punya tantangan tersendiri. Karena disaat inilah, kita merasa lemas saat bekerja dan ujung-ujungnya mengeluh. Kalau sudah begini, kerjaan bisa saja berantakan. Pastinya kamu tidak mau kan hal ini terjadi?

Jangan khawatir, berikut kami rangkum 6 tips untuk agar tetap semangat bekerja saat Bulan Ramadan.

1 dari 6 halaman

Niat

Pastinya niat jadi kunci utama untuk tetap semangat bekerja. Meski tantangan seperti menahan lapar, menahan nafsu, dan amarah, pastikan kamu tetap punya niat untuk bekerja dengan sepenuh hati.

2 dari 6 halaman

Sahur yang Cukup

Saat sahur, makanlah secukupnya karena makan berlebihan bisa membuatmu malah mengantuk dan lemas di siang harinya. Pilih menu-menu yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, dan serat. Tak lupa perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.

3 dari 6 halaman

Atur Jam Tidur

Ada dua jadwal tidur yang perlu kamu atur. Pertama adalah saat malam, kalau kamu punya kebiasaan tidur larut malam atau begadang, lebih baik kamu hindari di bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal.

Kedua saat setelah sahur dan subuh. Ada baiknya kalau kamu tidak melanjutkan tidur, karena bisa-bisa kamu malah merasa tidak segar ketika terbangun. Lebih baik, isi waktu dengan berolahraga atau refreshing sebelum memulai aktivitas kerja.

4 dari 6 halaman

Selingi Kerja dengan Istirahat

Manfaatkan jam istirahat makan siang untuk dengan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri. Seperti mengobrol, bermain game, bahkan tidur sejenak (15-20 menit). Dengan begitu kamu akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

5 dari 6 halaman

Hindari Kafein

Di bulan puasa, hindari mengonsumsi kafein di saat buka puasa maupun sahur. Kafein dapat melukai lambung kamu dan malah membuatmu jadi tidak produktif bekerja.

6 dari 6 halaman

Jaga Kesehatan

Kenali kapasitas tubuhmu sendiri. Mulai dari hindari makanan yang tidak menyehatkan, kegiatan yang tidak mendukung produktivitas, dan lainnya. Jika badanmu sehat, maka bekerja pun jadi lebih semangat dan hasil yang maksimal.

Beri Komentar