Tak Hanya Menambah Teman, Ini 5 Manfaat Gabung di Komunitas untuk Perkembangan Karir

Reporter : Mila
Sabtu, 10 April 2021 09:57
Tak Hanya Menambah Teman, Ini 5 Manfaat Gabung di Komunitas untuk Perkembangan Karir
Ini nih manfaat karir yang bisa kamu rasakan saat bergabung ke komunitas.

Salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kesuksesan karir seseorang adalah komunitas. Komunitas jadi wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah jaringan pertemanan, relasi, tempat berbagi, dan berkumpul bersama orang-orang yang punya satu hobi, visi, sampai profesi.

Hubungan yang kamu lakukan di komunitas bisa memengaruhi pola pikir dan tentunya pada perjalanan karir kamu. Di komunitas kamu bisa mengembangkan potensi diri dan bereksplorasi sehingga peluang karir semakin luas.

Berikut kami rangkum beberapa manfaat ikut komunitas untuk karirmu.

1 dari 5 halaman

Melatih Skill Komunikasi

Saat berada di dalam komunitas, kamu akan bertemu dengan banyak orang dan melakukan interaksi.

Hubungan yang terjalin di komunitas akan membuatmu terbiasa berbicara dengan banyak orang, mengeluarkan pendapat, berdiskusi, atau sekedar bercerita seputar hobi dan berbagi informasi terkini.

2 dari 5 halaman

Bertukar Informasi

Bergabung dengan komunitas bisa kamu manfaatkan untuk bertukar informasi dan pikiran mengenai berbagai hal.

Dalam komunitas, kamu pastinya bakal mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat, mulai dari berhubungan dengan karir atau bisnis, hingga tren yang saat ini wajib kamu tahu.

3 dari 5 halaman

Menambah Poin Plus di CV

Salah satu cara untuk menambah kemampuan yang kita miliki dalam CV yaitu dengan bergabung di sebuah komunitas.

Komunitas mendorong kita untuk lebih produktif, mengerjakan suatu project, pameran, pertunjukan, yang pada akhirnya bisa menjadi nilai tambah saat memasuki dunia kerja.

4 dari 5 halaman

Membangun Karakter

Dalam komunitas, kamu kesempatan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Tentunya ini membuat kamu jadi tahu berbagai karakter dan latar belakang berbagai macam orang.

Begitu pun kamu bisa mengembangkan karaktermu dan membentuknya dengan baik. Misalnya jika kamu ingin membangun karakter pemimpin, atau rasa percaya diri.

5 dari 5 halaman

Menyalurkan Hobi dan Melepaskan Penat

Selain banyak manfaatnya, komunitas juga sebagai bentuk refreshing agar rasa penatmu hilang atau setidaknya berkurang. Kalau sudah bebas stres, pastinya kamu bisa lebih fokus dan profesional dalam karir atau bisnis yang kamu jalani.

Gimana, apa kamu tertarik untuk bergabung ke komunitas?

Beri Komentar