Trik Jitu Bikin Makeup Tahan Lama dan Menempel Sempurna di Kulit Berminyak

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 11 Agustus 2021 10:15
Trik Jitu Bikin Makeup Tahan Lama dan Menempel Sempurna di Kulit Berminyak
Ini dia tips biar makeup nggak luntur.

Memiliki kulit berminyak seringkali bikin kita jadi susah memulas makeup. Biasanya, makeup nggak bisa tahan lama dan mudah luntur.

Namun tentunya hal semacam ini bisa diatasi kok. Berikut ada sederet tahapan yang bisa kamu ikuti untuk membuat makeup jadi lebih tahan lama dan menempel sempurna di kulit. Simak selengkapnya yaa..

1 dari 6 halaman

1. Pakai face wash khusus kulit berminyak

Ilustrasi Pakai Face Wash © Diadona

Langkah pertama sebelum mengaplikasikan makeup yakni dengan mencuci wajah dengan face wash khusus kulit berminyak. Selain untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran, pilihlah face wash yang oil free supaya kulit bisa lembap dan bebas minyak berlebih.

2. Aplikasikan toner

Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan dengan pengaplikasian toner. Sebaiknya, pilih hydrating toner yang bisa menyegarkan tanpa meninggalkan efek iritasi. Penggunaan toner akan membantu makeup bisa menempel dengan baik.

2 dari 6 halaman

3. Lanjutkan dengan essence

Ilustrasi Essence © Diadona

Setelah memastikan wajah dalam kondisi bersih, kamu bisa menggunakan essence. Sebisa mungkin pilihlah essence yang mampu bersifat oil control dan pore control. Hal ini akan membantu mengontrol produksi minyak, dengan tetap menjaga kulit ternutrisi dan terhidrasi.

4. Gunakan moisturizer

Langkah selanjutnya yakni dengan menggunakan moisturizer untuk melembapkan kulit. Untuk menjaga agar kulit tidak memproduksi minyak berlebih, sebaiknya pilih moisturizer yang berbahan dasar air, seperti gel atau lotion yang ringan.

3 dari 6 halaman

5. Sunscreen itu wajib!

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Sunscreen juga jadi step yang nggak boleh dilupakan. Sunscreen nggak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV, tapi juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa minyak berlebih.

6. Pakai primer

Setelah memakai sunscreen, kamu bisa melanjutkan dengan memakai primer. Apalagi jika kamu menginginkan hasil akhir yang matte dan flawless, sebaiknya pilih primer yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Aplikasikan primer di T-zone atau daerah lain yang rentan berminyak.

4 dari 6 halaman

7. Pilih foundation dengan formula ringan

Ilustrasi Foundation © Diadona

Jika wajahmu dalam kondisi berminyak dan berjerawat, sebaiknya hindari foundation full coverage. Akan lebih baik untuk memakai foundation dengan formula ringan agar pori-pori tidak tersumbat dan produksi minyak tidak berlebihan.

8. Aplikasikan bedak tabur

Selanjutnya, untuk mengontrol produksi minyak, kamu bisa menggunakan bedak tabur. Kamu bisa menggunakan bedak tabur transparan atau sesuai tone kulit.

5 dari 6 halaman

9. Semprotkan setting spray

Ilustrasi Setting Spray © Diadona

Terakhir, kamu bisa menyemprotkan setting spray untuk mengunci tatanan makeup yang sudah dipulaskan di wajah. Setting spray juga bisa membantu agar makeup tetap set dan nggan luntur.

10. Jangan lupa sediakan blotting paper

Sebagai pelengkap, kamu perlu berjaga-jaga dengan membawa blotting paper. Jika wajah mulai mengkilap, sebaiknya tekan-tekan blotting paper di area tersebut untuk menyerap minyak. Dengan demikian kamu nggak perlu touch up lagi deh!

Beri Komentar