Tips Rawat Rambut agar tetap Sehat dan Indah bagi Para Hijabers

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 18 November 2021 10:15
Tips Rawat Rambut agar tetap Sehat dan Indah bagi Para Hijabers
Meski tertutup hijab, rambut tetap harus dirawat.

Merawat rambut bagi seorang hijabers kadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, rambut tertutup sepanjang hari sehingga kadang kita lupa untuk merawatnya.

Beragam permasalahan rambut pun kerap terjadi lantaran rambut tidak dirawat dengan tepat. Padahal, mudah saja loh merawat rambut agar tetap sehat dan indah, termasuk bagi seseorang yang memakai hijab.

Melansir dari Hijab Life, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dalam merawat rambut para hijabers. Penasaran seperti apa caranya, simak ulasan selengkapnya yuk!

1 dari 6 halaman

1. Ikat rambut dengan hati-hati

Beberapa hijabers mengaku sering sakit kepala karena ikatan rambut di balik hijabnya terlalu kuat. Rupanya, ikatan yang terlalu kuat ini nggak cuma menimbulkan sakit kepala, tapi juga bisa bikin rambut jadi rontok.

Jadi, sebelum memasang hijab, pastikan ikatan rambut ini tidak terlalu kencang/kuat. Ikat secukupnya saja atau berikan sedikit kelonggaran agar tidak membuat pusing atau menimbulkan rambut rontok.

2 dari 6 halaman

2. Rutin pijat kepala

Selanjutnya, kamu juga perlu memijat kepala secara rutin untuk merangsang akar dan juga produksi minyak. Jika kamu memiliki rambut bergelombang atau keriting, beberapa tetes minyak zaitun dan minyak esensial mawar juga bisa banget ditambahkan.

Memijat kepala secara rutin bisa membuat kamu jadi lebih rileks dan mengurangi ketegangan di kulit kepala. Selain itu bisa membantu rambut tumbuh sehat dan berkilau.

3 dari 6 halaman

3. Keringkan rambut dengan benar

Jangan sekali-kali mengenakan hijab saat rambut sedang basah, apalagi jika di dalamnya kamu mengikat dan menyanggul rambut. Setidaknya lilitkan handuk pada rambut untuk menyerap airnya, sebelum kamu memakai hijab.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengeringkannya dengan benar atau sesekali menggunakan hair dryer. Jika kamu rutin memakai hair dryer pastikan gunakan produk yang tepat dan dilengkapi produk pelindung panas.

4 dari 6 halaman

4. Gunakan masker rambut seminggu sekali

Seminggu sekali, kamu perlu mengaplikasikan masker untuk rangkaian perawatan rambut. Kamu bisa datang ke salon untuk mendapat perawatan ini atau menggunakannya sendiri di rumah.

Pastikan memakai masker rambut yang cocok dengan tekstur dan jenis rambut. Saat menggunakannya juga jangan membiarkan masker terlalu lama, karena bisa menyebabkan kulit kepala berjerawat dan masker tidak meresap sempurna ke helai rambut.

5 dari 6 halaman

5. Sisir rambut secara teratur

Yang satu ini sepele tapi sering terlupakan, yakni menyisir rambut secara teratur. Selain untuk menata rambut, menyisir juga bisa menghilangkan kotoran dari rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Menyisir rambut secara rutin juga bisa mendorong kulit kepala untuk melepaskan minyak dalam jumlah yang tepat agar rambut tampak berkilau. Dengan demikian, minyak rambut akan terdistribusi merata dan nggak menumpuk di kulit kepala.

Beri Komentar