Tips Efektif Rawat Kulit Remaja yang Rentan Berjerawat, Menurut Para Ahli

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 13 Agustus 2021 12:15
Tips Efektif Rawat Kulit Remaja yang Rentan Berjerawat, Menurut Para Ahli
Ini dia skincare yang paling tepat untuk remaja.

Kulit di usia remaja seringkali mendapat beragam masalah seiring adanya perubahan hormon. Biasanya, masalah kulit yang paling umum ditemukan adalah komedo hingga jerawat meradang.

Untuk mengatasi hal ini tentunya nggak bisa sembarangan. Melansir dari Seventeen, beberapa ahli dermatologi mengungkap skincare yang paling efektif untuk merawat kulit remaja. Simak selengkapnya yaa..

1 dari 5 halaman

1. Pakai cleanser tiap malam

Ilustrasi Memakai Cleanser © Diadona

Seorang ahli dermatologi bernama Deanne Mraz Robinson, M.D., menyarankan supaya kita selalu membersihkan wajah di siang hari. Bahkan sekalipun nggak sedang memakai makeup, wajah tetap perlu dibersihkan dari kotoran, bakteri, dan sebum yang menempel.

Leslie Baumann, M.D. menambahkan, kulit remaja yang rentan berjerawat sebaiknya memilih cleanser dengan kandungan asam salisilat. Pasalnya, kandungan ini tak hanya membersihkan wajah, tapi juga mencegah timbulnya jerawat.

2 dari 5 halaman

2. Jangan lupa moisturizer

Ilustrasi Pemakaian Moisturizer © Diadona

Moisturizer penting banget bagi semua jenis kulit, termasuk yang berminyak dan berjerawat. Dr. Mraz Robinson menyebut bahwa kulit yang lembap akan mengatur produksi minyak alami.

Untuk itu, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilih moisturizer non-comedogenic yang berbasis lotion dan krim, serta bebas minyak. Sebisa mungkin, utamakan moisturizer yang mengandung ceramide dan niacinamide.

3 dari 5 halaman

3. Gunakan obat jerawat yang tepat

Ilustrasi Obat Jerawat © Diadona

Bagi kamu yang memiliki kulit rentan berjerawat, sebaiknya jangan sembarangan memilih skincare yaa. Dr. Pierre menyarankan obat jerawat dengan 2 kandungan yang paling aman untuk remaja, yakni retinol dan benzoyl peroxide.

Retinol dipercaya bisa mengurangi produksi minyak berlebih, memulihkan pori-pori, serta menghilangkan komedo. Sedangkan benzoyl peroxide bisa menghilangkan jerawat secara efektif.

4 dari 5 halaman

4. Oleskan sunscreen

Ilustrasi Penggunaan Sunscreen © Diadona

Yang terakhir yakni jangan lupa oleskan sunscreen. Dr. Pierre menyebut bahwa sunscreen nggak cuma mencegah kanker kulit, tapi juga mencegah kerutan dan tanda penuaan dini.

Sunscreen memberi perlindungan sempurna bagi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Penggunaan sunscreen pun bisa mencegah timbulnya noda hitam di wajah.

Beri Komentar