Tampak Seperti Jerawat tapi Bukan, Bintik di Wajahmu Bisa Jadi Fungal Acne Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 14 Juli 2020 14:25
Tampak Seperti Jerawat tapi Bukan, Bintik di Wajahmu Bisa Jadi Fungal Acne Lho
Kelihatannya sih kayak jerawat, tapi ternyata beda lho.

Selama ini mungkin kita tak asing dengan munculnya jerawat di wajah. Namun, ada beberapa kondisi bintik di wajah yang muncul namun ini bukanlah jerawat.

Sebagian dari kita masih banyak yang tak memahami atau bahkan mmebedakan keduanya. Memang sih jika dilihat sekilas keduanya tampak serupa, namun padahal ini dua hal yang berbeda lho.

Fungal Acne adalah sebuah kondisi yang menyerupai jerawat. Jika munculnya jerawat disebabkan karena bakteri, fungal acne disebabkan karena adanya jamur Mlasszezia.

1 dari 2 halaman

Fungal Acne © Diadona

Jamur Malassezia ini memiliki beberapa jenis yang berbeda. Bahkan jamur ini tak hanya menyebabkan fungal acne saja, namun juga ketombe, eczema hingga psoriasis.

Munculnya jamur ini dapat disebabkan karena banyak hal seperti konsumsi obat-obatan, produk skincare, kelembaban udara, udara panas, keringat hingga kehamilan.

2 dari 2 halaman

ilustrasi membersihkan wajah © Diadona

Nah terdapat beberapa kandungan yang sebaiknya kamu hindari ketika menggunakan suatu produk, karena efeknya dapat memicu dan menyebabkan fungal acne, berikut adalah beberapa kandungannya:

Undecylenic Acid
Lauric / Dodecanoic
Tridecylic
Stearic / Octadecanoic
Oleic / Octadecenoic
Linoleic
Polysorbate
Kandungan hasil fermentasi

Menghafalkan kandungan-kandungan diatas memang cukup rumit, terlebih bagi kita yang tak begitu mengetahui bahan-bahan dalam skincare.

Nah jika kamu ingin memastikan suatu produk aman dari kandungan yang dapat menyebabkan fungal acne, kamu dapat mengeceknya di sini ya!

Beri Komentar