Tabir Surya, Tameng Pelindung Kulitmu

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 30 Desember 2019 17:00
Tabir Surya, Tameng Pelindung Kulitmu
Kini cuaca sering tak menentu. Kadang panas, dan kadang hujan turun dengan derasnya. Apapun kondisi cuaca yang tengah kamu hadapi, menggunakan tabir surya adalah hal mutlak yang tak boleh terlewat.

Efek buruk paparan sinar matahari akan sangat merusak kulitmu. Tak hanya akan membuatnya terlihat kusam, efek terburuknya ialah bisa memicu kanker kulit. Wah, kamu tentu tak ingin itu menimpa kulitmu kan? Ini dia lebih jauh manfaat tabir surya dan jenis-jenis tabir surya yang dapat kamu sesuaikan dengan kulitmu.

Sebelum jauh, kamu harus mengenal dulu apa itu tabir surya. Dalam bahas inggris, produk ini dikenal dengan nama sunscreen. Sesuai dengan namanya, produk ini akan menjadi tameng pelingdung bagi kulitmu dari sinar matahari.

1 dari 10 halaman

Jenis Sinar Matahari

Jenis sinar matahari dibagi mejadi dua, sinar UVA dan UVB. Sinar UVA adalah penyebab penuaan kulit dan pigmentasi, sedangkan UVB adalah penyebab utama kulit terbakar. Tabir surya akan melindungimu dari kedua jenis sinar ini.

Kamu tidak mungkin sepenuhnya mampu melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, bukan? apalagi jika kamu adalah orang yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Disinilah tabir surya akan sangat membantumu. Setidaknya jika kamu tidak bisa mencegah sinar matahari menyengat kulitmu, gunakanlah tabir surya.

2 dari 10 halaman

Tabir Surya Bekerja Dengan Dua Cara

Tabir surya bekerja dengan dua cara, yang pertama ialah pemblokiran primer, dan pemblokiran sekunder. Tabir surya melakukan pemblokiran primer dengan cara menguraikan sinar UV yang berbahaya, sebelum sempat masuk ke dalam kulit. Ini akan dilakukan oleh kandungan titanium dioksida dan seng oksida yang terkandung dalam tabir surya.

Tabir surya bekerja melakukan pemblokiran sekunder ialah dengan cara menyerap sinar UV berenergi tinggi, sebelum dapat merusak kulitmu. Kandungan avobenzone dan octisalate bekerja untuk ini.

3 dari 10 halaman

Sun Protection Factor (SPF)

Ilustrasi Tabir Surya © DiadonaFaktor lain yang tak kalah penting dan paling dikenal ialah Sun Protection Factor (SPF). SPF ialah tolak ukur seberapa baik tabir surya untuk menangkal sinar matahari, dan untuk mengukur efektifitas kinerja tabir surya. Umumnya, tabir surya dengan SPF tinggi lebih disarankan.

4 dari 10 halaman

Aplikasikan Tabir Surya 5-10 Menit Sebelum Beraktivitas

Ilustrasi Tabir Surya © Diadona

Penggunaan tabir surya pun tidak usah tebal-tebal, cukup tipis dan merata. Produk tabir surya tak hanya ada untuk kulit wajah, namun ada pula untuk kulit tubuh. Aplikasikanlah tabir surya 5-10 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan, atau berjemur.

5 dari 10 halaman

Bertahan Melindungi Setidaknya Selama 2 Jam

Sekali pengaplikasian tabir surya bisa bertahan melindungi setidaknya selama 2 jam. Jadi jika kamu akan berada di bawah sinar matahari lebih dari 2 jam, bawalah lotion tabir suryamu bersamamu, dan aplikasikan kembali setelah 2 jam. Ini akan tetap membuat kulitmu terlindungi dengan baik.

6 dari 10 halaman

Sinar Matahari Tetap Bisa Membahayakan Kulit, Walaupun Sinarnya Redup

Saat kamu merasa cuaca sedang sejuk dan teduh, mendung atau berawarn yang menurutmu tidak perlu menggunakan tabir surya, ini adalah kesalahan. Sinar matahari tetap bisa membahayakan kulitmu, walaupun sinarnya redup dan tidak terlalu kuat. Maka selalu gunakan tabir surya saat kamu melangkah keluar.

Agar dapat menggunakan tabir surya dengan kualitas terbaik, perhatikan beberapa bahan berikut ini untu kamu perhatikan saat memilih tabir surya.

7 dari 10 halaman

Spektrumnya Luas

Spektrumnya luas, maksudnya ialah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sinar matahari sejatinya terdiri dari 2 jenis, sinar UVA dan UVB. Tabir surya dengan spektrum yang luas akan sangat membantumu terlindung dari kedua jenis sinar UV ini.

8 dari 10 halaman

Pilihlah Tabir Surya Dengan SPF Minimal 15 atau Lebih

Ilustrasi Tabir Surya © Diadona

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 15 atau lebih tinggi. Makin tinggi kadar SPF, makin baik perlindungan yang diberikan pada kulit. Namun perbedaan kadar SPF tidak memberikan perbedaan durasi perlindungannya pada kulitmu, setiap tabir surya bertahan untuk durasi yang hampir sama yaitu kira-kira 2 jam.

9 dari 10 halaman

Pilih Tabir Surya yang Tahan Air

Ilustrasi Tabir Surya © Diadona

Kalau bisa, pilihlah tabir surya yang tahan air. Hal ini karena tabir surya akan hilang jika terkena keringat, dan jika kamu berenang, tentu hal ini akan sia-sia. Maka carilah tabir surya yang idealnya bisa bertahan setidaknya 40 menit setelah berada di dalam air.

10 dari 10 halaman

Lebih Detail Saat Membeli Tabir Surya untuk Anak-Anak

Ilustrasi Tabir Surya © Diadona

Jika kamu mencari dan akan membeli tabir surya untuk anak-anak, kamu harus lebih berhati-hati. Anak kecil punya kulit yang lebih sensitif, dan lembut. Carilah tabir surya khusus anak, yang tidak mengandung bahan-bahan seperti benzophenones atau asam-aminobenzoic.

Beri Komentar