Tetap Fresh dan Awet Muda, Berikut 6 Produk Skincare yang Kulitmu Butuhkan di Usia 40-an

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 4 Juni 2020 06:30
Tetap Fresh dan Awet Muda, Berikut 6 Produk Skincare yang Kulitmu Butuhkan di Usia 40-an
Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sangat penting lho pada usia ini.

Di usia 40-an memang kita harus menaruh atensi lebih ya pada kulit. Karena, pada usia ini kulit mulai mengalami perubahan dan pastinya tak bisa secara sembarangan menggunakan produk kecantikan seperti yang kamu gunakan pada usia 20 maupun 30an.

Bshkan, menurut dr. Heather Rogers, dokter kulit bersertifikat sekaligus ahli bedah kulit mengatakan di usia 40-an pergantian kulit kita jadi melambat dibanding saat kita berusia 20-an.

Pada usia 40-an, tingkat pergantian kulit kita melambat hingga dua kali lipat dari usia awal 20-an (rata-rata 45 hari vs 20 hari)," terang dr. Rogers.

Karenanya, memilih produk perawatan kulit yang tepat sangat direkomendasikan dalam usia ini. Lalu, apa saja sih produk itu? Dilansir dari dermstore.com, simak yuk ulasannya dari dr. Rogers berikut ini.

1 dari 7 halaman

Hydrating Cleanser

Ilustrasi menggunakan hydrating cleanserIlustrasi menggunakan hydrating cleanser © independent.co.uk

Seperti yang kita tahu membersihkan kulit setiap hari jadi salah satu hal yang esensial. Menurut dr. Rogers, mencuci muka sebelum tidur tak hanya membantu menghilangkan kotoran minyak, makeup, dan juga polusi, tapi juga bisa mengurangi kemungkinan tersumbatnya pori-pori.

Hydrating cleanser jadi salah satu skincare yang disarankan sebagai pembersih kulit sehari-hari. Cleanser jenis satu ini bisa membersihkan kulit dari kotoran sekaligus memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.

2 dari 7 halaman

Serum Antioksidan

Ilustrasi Serum WajahIlustrasi Serum Wajah © shutterstock

Seperti pada usia 30-an, semua perawatan kulit pada usia 40-an adalah tentang perlindungan dan pencegahan. Itulah sebabnya Dr. Rogers menyarankan untuk selalu menyimpan serum antioksidan. Pasalnya, skincare satu ini bisa membantu melindungi kulitmu dari dampak paparan sinar matahari dan polusi.

3 dari 7 halaman

Retinol

Ilustrasi retinolIlustrasi retinol © womanandhome.com

Menggunakan retinol pada usia 40an juga tak kalah penting. Sebuah data ilmiah menunjukkan retinoid ini bisa membantu mengurangi garis-garis halus pada kulit.

Kami memiliki data ilmiah yang menunjukkan bahwa bahwa retinoid topikal (vitamin A) bisa membantu mengurangi garis-garis halus dengan meningkatkan sintesis kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen pada usia 40+,” kata dr. Rogers.

 

4 dari 7 halaman

Tak hanya itu, dr. Rogers juga menjelaskan bahwa retinol bisa membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki tekstur kulit sekaligus perubahan warna yang terjadi dengan cara meningkatkan pergantian sel.

dr. Rogers menyarankan agar menggunakan retinol dalam jumlah yang kecil dan hanya pada malam hari saja.

" Jika kamu menggunakan terlalu banyak, itu (retinol) bisa merangsang pergantian sel secara berlebihan yang bisa menyebabkan kulitmu jadi iritasi dan mengelupas," katanya.

5 dari 7 halaman

Krim Wajah yang Lembut

Ilustrasi Wanita Memakai Krim WajahIlustrasi Wanita Memakai Krim Wajah © 2019 https://www.diadona.id

Tak peduli berapapun usiamu, krim wajah jadi salah satu skincare yang tak boleh terlewatkan. Bagi kamu yang berusia 40-an, Dr Rogers menyarankan untuk menggunakan pelembab yang lebih berfokus untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik hitam dan lainnya.

6 dari 7 halaman

Krim Mata

Ilustrasi krim mataIlustrasi krim mata © lorealparisusa.com

Seperti halnya pada krim wajah, dalam memilih krim mata Dr. Rogers juga menyarankan agar memilih produk yang berfokus pada masalah penuaan secara spesifik seperti garis-garis halus, kerutan, dan lingkaran hitam.

Menggunakan krim mata yang diformulasikan mengatasi masalah kulit secara spesifik tak hanya bisa memastikan kontur mata jadi terlihat sehat dan bercahaya, tapi juga bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

7 dari 7 halaman

Tabir Surya

Ilustrasi SunscreenIlustrasi Sunscreen © Unsplash/ The Honest Company

Saat kamu menggunakan retinol, kamu juga harus memperimbangkan dengan serius tentang perlindungan kulitmu dari sinar matahari.

" Karena pergantian sel lebih meningkat, lapisan atas sel kulit mati menjadi menipis. Asalkan kamu menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari, tak masalah jika kamu menggunakan retinoid sepanjang tahun" kata dr Rogers.

Itulah dia 6 produk skincare yang kulitmu butuhkan di usia 40an. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar