Memilih Conditioner yang Tepat Ternyata Ada Aturannya, Udah Tau Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 2 Desember 2022 16:15
Memilih Conditioner yang Tepat Ternyata Ada Aturannya, Udah Tau Belum?
Kamu butuh conditioner yang seperti apa sih?

Sampo dan conditioner adalah dua produk dasar dalam perawatan rambut. Memilih sampo yang tepat untuk rambut mungkin terlihat mudah, lantas bagaimana dengan pemilihan conditioner?

Apakah setiap orang benar-benar membutuhkan conditioner? Seberapa sering conditioner harus digunakan? Dan formulasi apa yang paling cocok untuk jenis rambut kamu?

Melansir dari Asia One, berikut adalah ulasan mengenai seluk beluk conditioner untuk rambut. Simak selengkapnya yaa~

1 dari 7 halaman

Apa itu hair conditioner?

Ilustrasi Hair ConditionerIlustrasi Hair Conditioner © shutterstock.com/

Conditioner adalah zat penutrisi yang dikembangkan untuk meningkatkan dan mengembalikan kilau, kehalusan, dan kelembapan rambut. Conditioner biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan perawatan, seperti minyak, humektan, silikon, dan protein. Kombinasi beberapa bahan ini bekerja untuk mengatasi hilangnya kelembapan dan kerusakan serat rambut akibat faktor lingkungan, kebiasaan sehari-hari, atau bahkan penggunaan sampo yang tidak tepat.

2 dari 7 halaman

Jenis-jenis conditioner

Ilustrasi Hair ConditionerIlustrasi Hair Conditioner © shutterstock.com/

Secara umum, kamu pasti mengenal conditioner yang digunakan seusai keramas. Sebenarnya, ada beberapa jenis lainnya loh~

Ada conditioner dalam, perpaduan antara conditioner setelah keramas dan masker rambut. Jenis yang satu ini biasanya bertahan lebih lama di rambut dan mudah terserap hingga ke dalam batang rambut.

Ada pula conditioner tanpa bilas. Digunakan setelah mandi tanpa perlu dibilas lagi dengan air. Biasanya diformulasikan untuk merawat dan melindungi rambut sepanjang hari.

Satu lagi jenis conditioner namun kurang terkenal, yakni tipe conditioner kering. Tipe yang satu ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada rambut kering, dengan tujuan mencegah dan mengurangi rambut kusut, melembapkan, dan menambah kilau rambut.

3 dari 7 halaman

Apakah setiap rambut benar-benar butuh conditioner?

Ilustrasi Memakai Hair ConditionerIlustrasi Memakai Hair Conditioner © shutterstock.com/

Intinya, conditioner berkaitan dengan stabilitas rambut. Produk ini bekerja dengan memperkuat kutikula rambut lapisan luar dengan pelindung, sekaligus melindunginya agar tidak patah saat tumbuh.

Rambut terus menerus terpapar ancaman lingkungan, membuat kutikula jadi mudah rusak dan patah. Saat itulah, conditioner mengisi celah untuk membantu kutikula, merapikan anak rambut yang berantakan, meminimalisir timbulnya rambut bercabang, serta mencegah dan melindungi dari kerusakan.

4 dari 7 halaman

Bagaimana penggunaan conditioner yang tepat?

Ilustrasi Memakai Hair ConditionerIlustrasi Memakai Hair Conditioner © shutterstock.com/

Menurut Tiffany Ma, asisten manajer pendidikan Aveda, conditioner harus digunakan setiap kali seseorang menggunakan sampo. Conditioner akan membantu strukturnya, sekaligus melembutkan dan mengurai rambut.

" Sementara sampo membersihkan rambut, conditioner adalah kunci rambut yang terhidrasi, bebas kusut, dan sehat. Conditioner memberikan kelembapan esensial pada rambut Anda, jadi sangat penting bagi orang yang berjuang dengan rambut kering atau rapuh," ujar Tiffany Ma.

Pengaplikasian conditioner sebenarnya ikut memengaruhi hasilnya. Para ahli menyarankan untuk lebih dulu peras kelebihan air yang tersisa dari bilasan sampo. Kemudian aplikasikan conditioner pada batang rambut sampai di bagian bawah.

5 dari 7 halaman

Tips memilih conditioner sesuai kebutuhan rambut

Ilustrasi Memakai Hair ConditionerIlustrasi Memakai Hair Conditioner © shutterstock.com/

Pertama, lihat bagaimana ujung rambut terlihat dan terasa saat disentuh. Apakah ada kerusakan atau ujung bercabang? Apakah kering, berminyak, dan kusam? Atau adakah bagian yang keriting dan statis? Setelah mengenali keadaan rambut, pilihlah conditioner sesuai kebutuhan dan formula yang tepat.

Sebagai contoh, kondisi rambut yang rusak, berwarna, rapuh, atau sering menerima heat styling, sebaiknya diberi conditioner penguat. Sedangkan rambut yang sudah sehat dan halus tapi tampak terlalu tipis, bisa diberi conditioner penambah volume agar rambut lebih 'berisi dan terangkat'.

Kamu bisa memakai conditioner penyeimbang jika rambut tidak sehat, kering, dan berminyak, agar rambut mendapat kelembapan secukupnya. Sedangkan untuk rambut keriting, tebal dan bertekstur, kamu bisa memilih conditioner dengan formula yang menghidrasi dan melembapkan untuk menambah kilau, nutrisi, dan kelembutan pada rambut.

6 dari 7 halaman

Kemungkinan efek negatif

Ilustrasi Hair ConditionerIlustrasi Hair Conditioner © shutterstock.com/

Conditioner memang bisa mengembalikan kesehatan dan keindahan rambut. Namun, bukan berarti kamu bisa menggunakannya secara berlebihan.

" Jika Anda memiliki rambut yang mudah berminyak, pertimbangkan untuk menghindari produk yang mengandung silikon dan kondisikan rambut Anda tidak lebih dari dua hari sekali," pungkas Aveda's Ma.

Beri Komentar