Kulit Sedang Bermasalah, Skin Fasting Bisa Jadi Solusi

Reporter : Sheila Fathin N
Senin, 19 April 2021 16:39
Kulit Sedang Bermasalah, Skin Fasting Bisa Jadi Solusi
Skin fasting diperlukan jika kamu sedang mengalami permasalahan kulit

Penggunaan skincare yang berlebihan ternyata menimbulkan efek yang tidak baik juga  pada kulit. Kulit memiliki pelindung yang dinamakan skin barrier. Skin barrier adalah lapisan  pelindung terluar yang melindungi kulit kita dari pengaruh eksternal seperti sinar UV, polusi,  kotoran, dan lain sebagainya. 

Rusaknya skin barrier dari penggunaan skin care yang berlebihan menyebabkan  banyak masalah timbul. Hal itu seperti: jerawat, redness, kulit terasa kering, gatal-gatal,  terjadinya peradangan, dan hal-hal yang membuat kulit kita tidak tampak sehat. Tentunya kita  akan berusaha mencari cara untuk membuat kulit kita kembali sehat seperti dulu kala.  

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kondisi kulit lebih baik lagi adalah  dengan melakukan skin fasting, yakni tidak menggunakan produk skincare yang biasanya  kamu gunakan. Terlebih lagi produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan aktif.  Bahan-bahan aktif itu akan membuat kulitmu iritasi dan iritasi kulit akan mendorong kulit kita  semakin berjerawat alias breakout.  

1 dari 3 halaman

Apa itu Skin Fasting?

Skin fastingSkin fasting © freepik.com

Perlu diketahui, skin fasting adalah puasa atau penghentian menggunakan produk skin  care dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya adalah selain untuk menjaga kesehatan kulit, juga 

untuk melakukan perbaikan sel kulit agar kulit yang mengalami kerusakan atau breakout bisa  membaik tanpa perlu bantuan dari skin care.  

Tren ini pertama kali diperkenalkan dari perusahaan skincare di Jepang, Mirai Clinical.  Metode skin fasting ini adalah cara alami yang diperkenalkan untuk mengembalikan kondisi  kulit kita seperti sedia kala. Cara ini juga dikatakan ampuh untuk menghilangkan zat-zat kimia  yang menyebabkan kulit kita iritasi.  

2 dari 3 halaman

Kapan Kamu Butuh Skin Fasting?

Skin fastingSkin fasting © freepik.com

Proses skin fasting tidak hanya dibutuhkan ketika kulit sudah mengalami breakout parah, tetapi juga bisa dibutuhkan ketika kamu sedang mencoba produk skincare baru dan hasil  yang diberikan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Sehingga, kamu memerlukan proses  pengeluaran zat kimia yang membuat kulitmu tidak cocok dengan produk tersebut. Metode  skin fasting bisa kamu lakukan selama tiga sampai empat hari tergantung kondisi kulit. 

3 dari 3 halaman

Kembali ke Skincare Basic

Skin fastingSkin fasting © freepik.com

Setelah kamu mengetahui apa itu skin fasting dan bagaimana manfaatnya, ada beberapa  proses lagi yang harus kamu ketahui. Melakukan metode puasa skin care ini tidak serta merta  berarti menghentikan semua rangkaian skincare kalian. Kalian tetap butuh merawat kulit kalian  dan menghilangkan sisa-sisa kotoran dari kulit. Cara itu bisa kalian sebut dengan Back to  Skincare Basic.  

Tentunya kalian tahu, bukan, apa skincare basic itu? Skincare basic adalah rangkaian  skincare sederhana yang terdiri dari facial wash, moisturizer, dan sunscreen. Rangkaian dasar  ini bisa kamu gunakan saat kamu sedang melakukan skin fasting. Yang berarti kamu juga butuh  untuk membuat kulitmu bersih selagi melakukan skin fasting. 

Beri Komentar