Garnier Ajak Masyarakat untuk Ubah Sampah Jadi Berkah Lewat Kampanye #OneGreenStep

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 9 April 2021 09:15
Garnier Ajak Masyarakat untuk Ubah Sampah Jadi Berkah Lewat Kampanye #OneGreenStep
Yuk, lakukan kebaikan mulai dari sekarang!

Berdasarkan data World Economy Forum pada tahun 2020, masyarakat di Indonesia menghasilkan sekitar 13 ton sampah plastik setiap menitnya. Hal inilah yang mendorong Garnier sebagai brand kecantikan terkemuka di dunia untuk mengambil langkah kebaikan melalui #OneGreenStep demi menjaga dampak positif bagi keberlanjutan bumi dan manusia di masa mendatang.

Tahun lalu, Garnier melakukan kampanye bertajuk Green Beauty, sebuah komitmen yang berfokus pada 5 langkah keberlanjutan, yakni formula ramah lingkungan, bahan baku secara keberlanjutan, solidarity sourcing, kemasan ramah lingkungan, dan aksi untuk planet yang lebih hijau. Dari 5 poin tersebut, Garnier sudah berhasil mencapai pilar kemasan eco-designed dan aksinya untuk planet yang lebih hijau.

1 dari 5 halaman

Garnier Ajak Masyarakat untuk Ubah Sampah Jadi Berkah Lewat Kampanye #OneGreenStepGarnier Green Beauty #OneGreenStep © Garnier Indonesia

Kemasan ramah lingkungan yang berhasil dicapai Garnier terwujud dalam produk Sakura Glow Waterglow Essence dengan kemasan 100% PCR PET dan Micellar Water dengan kemasan 25% PCR PET. Sedangkan poin aksi untuk planet yang lebih hijau terwujud melalui Kampanye Green Beauty yang bekerja sama dengan eRecycle dan didukung oleh KLHK.

Garnier telah berhasil mengumpulkan 5,3 ton sampah plastik dengan partisipasi 56 ribu masyarakat Indonesia. Bahkan, Garnier telah disetujui oleh Cruelty Free International di bawah The Leaping Bunny.

2 dari 5 halaman

Garnier Green Beauty #OneGreenStepGarnier Green Beauty #OneGreenStep © Garnier Indonesia

" Pencapaian kampanye Green Beauty sejauh ini adalah bukti nyata pentingnya kolaborasi dalam meraih sebuah tujuan. Di bulan Ramadan ini, kembali kami mengamplifikasi peran bersama ini dalam mengurangi konsumsi plastik di Indonesia melalui kerja sama dengan XSProject dan eRecycle, di mana bersama-sama kita dapat mengubah sampah menjadi berkah berbentuk donasi fasilitas pendidikan untuk anak-anak keluarga pemulung," ungkap Pandu Brodjonegoro, Brand General Manager, Garnier Indonesia, melalui zoom meeting pada Kamis (08/04/2020) kemarin.

Dalam kampanye #OneGreenStep untuk Kebaikan ini, Garnier memiliki misi meningkatkan taraf kehidupan keluarga pemulung Jakarta, termasuk memberi bantuan di bidang edukasi bagi anak-anak pemulung. Selama bulan Ramadan, konsumen berkesempatan untuk mengolah sampah melalui aplikasi eRecycle, di mana nominal tersebut akan digandakan oleh Garnier untuk disumbangkan ke XSProject. Bahkan, untuk setiap transaksi produk Garnier dan Garnier Men di Tokopedia, konsumen juga telah berdonasi sebesar Rp. 1.000,- untuk XSProject.

3 dari 5 halaman

Garnier Green Beauty #OneGreenStepGarnier Green Beauty #OneGreenStep © Garnier Indonesia

" Kami sangat mengapresiasi kampanye Garnier dalam mendukung misi kami. Dalam kampanye #OneGreenStep untuk Kebaikan, XSProject akan berkontribusi dengan memberikan dukungan edukasi untuk anak-anak keluarga pemulung berupa biaya sekolah, seragam, buku, makanan, hingga kesehatan," ujar Retno Hapsari, General Manager of XSProject.

" Sudah sewajarnya kita memberikan dukungan penuh kepada anak-anak dari keluarga pemulung mengingat kontribusi besar mereka terhadap ekonomi sirkular dan usaha bersama kita dalam mencapai keberlanjutan. Harapan kami, melalui kampanye ini kita dapat meningkatkan kehidupan keluarga pemulung dan membantu menghentikan siklus kemiskinan," lanjutnya kepada awak media.

4 dari 5 halaman

Garnier Green Beauty #OneGreenStepGarnier Green Beauty #OneGreenStep © Garnier Indonesia via Zoom Meeting

" Gerakan Green Beauty sangat memudahkan aku dalam menjalankan komitmen green living aku. Di tahun ini, aku senang sekali bisa kembali turut ambil bagian di #OneGreenStep, yang memungkinkan kita semua untuk berkontribusi mengurangi sampah sekaligus donasi dukungan edukasi bagi anak-anak keluarga pemulung bersama Garnier dan XSProject," ujar Chelsea Islan, sebagai Brand Ambassador Garnier Indonesia.

" Aku sangat bangga dan excited untuk mengundang anak-anak muda terutama di Jakarta untuk ikut berdonasi bersama aku dan Brand Ambassador Garnier lainnya. Walaupun hanya satu langkah kecil, tapi bersama-sama, kita bisa memberikan dampak yang besar," ujarnya penuh antusias.

5 dari 5 halaman

" Kita semua bisa berpartisipasi dalam #OneGreenStep dan memenuhi target mengumpulkan 100 ton sampah di tahun 2021 guna mendukung pemerintah memenuhi target pengurangan sampah sebesar 30% yang sejalan dengan PPRI 97 tahun 2017. Di bulan Ramadan ini, ayo kita melakukan #OneGreenStep untuk kebaikan dengan berdonasi untuk edukasi anak-anak keluarga pemulung melalui aplikasi eRecycle, sambil terus mempercantik bumi!" pungkas Pandu.


Well, sudah saatnya kita mulai bergerak menunjukkan kebaikan. Manfaatkan kesempatan dari Garnier ini untuk berbuat baik pada alam dan pada sesama. Semoga menginspirasi!

Beri Komentar