Deretan Penyebab Foundation Jadi Tampak Cakey, Gimana sih Cara Mengatasinya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 18 Januari 2023 16:15
Deretan Penyebab Foundation Jadi Tampak Cakey, Gimana sih Cara Mengatasinya?
Yuk, catat tipsnya~

Foundation menjadi salah satu makeup yang masih populer, meski sudah nggak sepenting dulu. Ada beragam alternatif yang sering digunakan, karena terkadang foundation tidak bekerja maksimal pada jenis kulit tertentu.

Salah satu masalah umum yang kerap terjadi pada penggunaan foundation adalah penampilan yang tampak cakey. Biasanya orang-orang akan 'menyalahkan' formulasi pada foundation, namun sebenarnya kondisi kulit juga ikut berpengaruh.

Merangkum dari Asia One, sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa foundation jadi terlihat cakey. Seperti apa penjelasannya, simak ulasan berikut ini yaa~

1 dari 4 halaman

1. Tidak menyiapkan kulit dengan tepat

Ilustrasi Menyiapkan Kulit sebelum Make UpIlustrasi Menyiapkan Kulit sebelum Make Up © shutterstock.com/g/maruco

Penting untuk mempersiapkan kulit dengan baik agar foundation bisa menempel dengan baik dan makeup terlihat paripurna. Taylor Davis, makeup artist dan global pro lead artist untuk Smashbox Lori mengungkap, permukaan kulit yang dehidrasi, bertekstur, atau sedang dalam kondisi yang kurang baik, akan mengubah cara makeup menempel di kulit.

" Itulah mengapa persiapan kulit adalah kunci untuk memastikan foundation memiliki hasil akhir seperti kulit dan tidak terlihat cakey," jelas Taylor Davis.

Persiapan kulit yang paling tepat adalah dengan mencuci muka setiap hari, melembapkannya, melakukan eksfoliasi dengan tepat, serta melindungi dari radiasi UV.

2. Melewatkan primer

Untuk persiapan sebelum makeup, maka moisturizer dan primer adalah kunci untuk membangun permukaan kulit yang mulus.

Primer memegang peranan penting dalam membuat makeup tampak paripurna. Pemakaian primer akan membantu meratakan tekstur kulit, dengan menciptakan permukaan halus yang bisa menahan foundation sepanjang hari.

So, jangan sampai skip primer lagi yaa~

2 dari 4 halaman

3. Jarang melakukan eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi KulitIlustrasi Eksfoliasi Kulit © shutterstock.com/g/SunnyVMD

Menjaga kulit tetap lembap dan sehat itu penting, tapi eksfoliasi rutin adalah kunci untuk menghindari hasil makeup yang cakey. Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk di permukaan akan mencegah munculnya sel kulit baru yang sehat, hal ini berimbas pada hasil makeup yang akan tampak kusam dan buram.

Dengan melakukan eksfoliasi, kamu sudah membantu menghaluskan permukaan kulit. Cara ini akan mengelupas sel kulit mati yang mengering dan menempel di permukaan kulit, meratakan tekstur kulit, sehingga membuat produk lebih mudah menempel pada kulit.

4. Menggunakan formula yang salah

Penting banget untuk mengenali formulasi makeup yang cocok dengan kulit agar tidak menggumpal. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan formulasi bebas minyak dan non-komedogenik. Untuk kulit kering akan lebih cocok memakai produk yang menghidrasi dan mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau tokoferol.

Sedangkan bagi pemilik kulit sensitif, para ahli menyarankan produk dengan formula hipoalergenik dan non-komedogenik, serta produk-produk yang bebas minyak dan pewangi. Untuk membantu mengurangi kemerahan dan iritasi, kandungan squalane dan sodium hialuronat bisa dipertimbangkan.

3 dari 4 halaman

5. Mengaplikasikan terlalu banyak produk

Ilustrasi Alat MakeupIlustrasi Alat Makeup © shutterstock.com/g/dariaminaeva

Penyebab paling umum dari makeup cakey adalah menumpuk terlalu banyak produk, yang kadang terlihat seperti tambal sulam dan tekstur tidak merata pada kulit. Untuk menghindari, gunakan foundation hanya di bagian-bagian yang memiliki warna berbeda (hiperpigmentasi).

Kamu bisa meningkatkan 'cakupan' foundation sesuai keperluan. Untuk menyempurnakan area tertentu, kamu bisa melapisi dengan concealer. Melapisi ulang foundation dengan foundation baru hanya akan membuat cakey.

6. Tidak dikunci dengan setting spray

Jika kamu menggunakan bedak tabur usai memakai foundation, maka hati-hatilah saat mengaplikasikannya. Ambil bedak secukupnya, kemudian oleskan dengan lembut di area berminyak atau bertekstur, seperti T-zone dan area skeitar mata.

Jika sudah mulai mengering, maka kamu bisa mengunci riasan dengan menyemprotkan setting spray. Produk ini akan memastikan riasan tahan lama, mencegah cakey atau geser, sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Beri Komentar