Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami dan Berkilau, Dijamin Kamu Terlihat Makin Segar!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 19 Agustus 2020 09:27
Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami dan Berkilau, Dijamin Kamu Terlihat Makin Segar!
Bahan-bahan alami untuk cara menghitamkan rambut ini dijamin bikin kamu bakal terkejut sama hasilnya.

Buat kamu yang punya masalah soal warna rambut, ada cara menghitamkan rambut secara alami nih! Yap, tanpa perlu disemir, kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk mewarnai rambutmu jadi hitam. Tentu saja cara ini menjadi lebih aman, karena rambutmu nggak perlu bertemu dengan obat keras di semir rambut.

Cara menghitamkan rambut secara alami ini cocok banget buat kamu yang habis bleaching dan ingin warnanya balik lagi, atau ada masalah uban di usia muda? Bisa juga rambut yang terpapar sinar matahari langsung menjadi pirang dan bercabang.

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi untuk mengembalikan warna rambutmu. Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu andalkan jadi resep cara menghitamkan rambut.

1 dari 7 halaman

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona


Bahan-bahan alami di bawah ini bisa kamu pilih jadi cara menghitamkan rambut girls!

Minyak Zaitun


Kandungan minyak zaitun memang sudah lama dipercaya menjadi bahan alami kecantikan, termasuk cara menghitamkan rambut. Kamu cukup menggunakan 5 tetes minyak zaitun dan dioleskan ke seluruh rambut. Terus, diamkan semalaman agar meresap.

Nah, besoknya tinggal kamu bilas dengan shampo dan conditioner. Oh iya, jangan pakai hair dryer atau flat iron ya. Biarkan rambut kering alami dengan bantuan handuk saja dan rasakan khasiatnya.

Minyak Kemiri


Selain minyak zaitun, minyak kemiri juga dipercaya ampuh sebagai cara menghitamkan rambut serta mempertebal. Soalnya kandungan vitamin di kemiri bisa jadi pewarna alami girls. Kamu juga bisa membuat minyak kemiri alami sendiri loh!

Caranya bakar atau sangrai kemiri sampai berubah warna menjadi kehitaman. Lalu tumbuk kemiri sampai mengeluarkan minyak. Nah, minyak inilah yang kamu usapkan ke rambut secara merata dan lakukan dengan rutin.

2 dari 7 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona


Kalau ingin rambutmu hitam berkilau, ya pakai minyak kepala dong! Selain itu, minyak kelapa juga bisa menjaga kelembaban rambut sehingga tidak mudah kering dan mengurangi kerontokan. Cara mengaplikasikannya juga gampang banget kok.

Kamu cukup memanaskan sedikit saja minyak kelapa. Lalu oleskan ke seluruh rambut dalam keadaan kering atau setengah basah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu dibilas hingga bersih.

Minyak Wijen


Kamu juga bisa pakai minyak wijen sebagai cara menghitamkan rambut secara alami loh! Caranya cukup diusapkan ke kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 20 menit dan lakukan teratur minimal tiga kali seminggu.

3 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona


Bukan rahasia lagi kalau tanaman lidah buaya ini berkhasiat untuk rambut. Nah, kamu bisa menggunakannya sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Kamu cukup mengambil daging lidah buaya yang cukup tebal lalu haluskan dan oleskan ke seluruh rambut.

Diamkan selama 10-15 menit saja kemudian dibilas sampai bersih menggunakan shampo. Lakukan rutin setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil ang optimal ya.

Daun Bunga Sepatu


Tanaman yang cantik ini bisa kamu manfaatkan juga dengan mengambil 10 helai daunnya. Cuci dulu pakai air sampai bersih tanpa diremas ya. Nah, setelah dicuci baru diremas sampai lendirnya keluar.

Lendir yang keluar inilah jadi bahan kamu menghitamkan rambut. Oleskan ke rambut yang sudah dibasahi secara merata dan biarkan sampai rambut kering. Setelahnya bilas sampai bersih.

4 dari 7 halaman

Daun Rambutan

Ilustrasi Buah Rambutan © Diadona


Buah rambutan memang enak dan segar dimakan, tapi daunnya juga punya khasiat yang bisa kamu manfaatkan. Yap, daun buah rambutan ini membantu produksi pigmen rambut sehingga bisa menghitamkan rambut.

Kamu cukup merendam beberapa helai daun di dalam air sambil meremasnya sampai sedikit hancur. Diamkan daun di air selama 15 menit lalu remas kembali sampai benar-benar hancur. Setelah itu, basuhkan air daun ini ke rambut dan diamkan selama 15 menit. Terus keramas deh sampai bersih.

Biji Pepaya


Kalau buah pepaya dikonsumsi karena bagus untuk pencernaan dan kesehatan kulit, bijinya bisa jadi cara menghitamkan rambut secara alami nih! Sebelum digunakan, cuci biji sampai bersih dulu ya.

Biji yang bersih disarangrai lalu ditumbuk sambil dicampur minyak kelapa. Sesudahnya oleskan oada kulit kepala dan rambut seraya dipijat lembut. Kemudian, bungkus rambut pakai handuk selama 2 jam dan bilas pakai air dingin sampai bersih.

5 dari 7 halaman

Santan Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona


Santan kelapa memang dijenal bagus untuk merawat dan melembabkan rambut. Nah, kali ini ampas dari parutan setengah butir kelapa bisa jadi cara menghitamkan rambut secara alami.

Ambil santan yang kental lalu balurkan mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 3o menit lalu bersihkan dengan keramasa seperti biasa. Simple banget kan girls caranya?

Apel


Kalau daging buah apel dinikmati rasanya, kulitnya bisa kamu jadikan cara menghitamkan rambut secara alami nih! Selain itu, rambutmu jadi berkilau dan bisa meminimalisir uban loh!

Caranya cukup menghaluskan buah apel beserta kulit pakai blender. Kemudian, oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 15 menit. Terus keramas deh buat membersihkannya. Oh iya, kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari untuk dapatkan hasil yang memuaskan.

6 dari 7 halaman

Mengkudu

Ilustrasi Mengkudu © Diadona


Buah mengkudu yang dihaluskan dengan cara diparut lalu diperas dan diambil sarinya ini bisa jadi salah satu cara menghitamkan rambut yang mudah. Gunakan air perasan buah mengkudu selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin tanpa shampoo. Lakukan rutin 3 kali seminggu ya.

Alpukat


Buah yang satu ini memang nikmat dijadikan jus ya. Tapi ternyata bermanfaat untuk cara menghitamkan rambut loh girls! Caranya dengan mengambil daging buah dan haluskan. Lalu campur pakai kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun.

Adonan yang sudah tercampur merata ini jadikan masker denga mengoleskannya merata dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan biarkan mengering. Bilas pakai shampoo dan rasakan sensasinya.

7 dari 7 halaman

Cara Menghitamkan Rambut Beruban

Ilustrasi Rambut Wanita © Diadona


Selain bahan-bahan di atas, kamu juga bisa pakai bantuan shampo sebagai cara menghitamkan rambut. Pilih produk shampo yang khusus untuk menghitamkan rambut ya girls, dan lakukan perawatan pakai bahan alami di atas secara teratur. Kelebihan bahan-bahan alami di atas tentu saja lebih sehat dan murah.

Soalnya kalau pakai semir rambut, kamu tidak bisa mengubah warna rambut lagi karena sifatnya permanen. Warna semir rambut hitam ini nggak bisa diisi dengan warna lain, jadi harus menunggu warnanya turun untuk mengecat lagi dengan warna baru.

Selain rambutmu jadi terlihat hitam berkilau dengan bantuan cat rambut, tapi menyebabkan rambut jadi kering loh! Soalnya ada kandungan bahan kimia di dalamnya. Itu kenapa, disarankan pakai bahan alami saja sebagai cara menghitamkan rambut.

Cara menghitamkan rambut di atas juga mudah dan untuk dilakukan? Jadi, hindari bahan berbahaya dan sayangi kesehatan rambutmu juga ya.

Beri Komentar