Jangan Asal Percaya! 5 Hal Tentang Perawatan Rambut Ini Tenyata Cuma Mitos yang Harus Dihindari

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 10 April 2020 12:15
Jangan Asal Percaya! 5 Hal Tentang Perawatan Rambut Ini Tenyata Cuma Mitos yang Harus Dihindari
Ternyata ini cuma mitos loh!

Hal apa nih soal rambut yang selama ini kamu percaya? Potong rambut justru bikin rambut cepat panjang? Ada yang lain nggak? Ternyata ada beberapa hal soal merawat rambut yang cuma mitos loh! Tapi nggak itu aja, justru menurut beberapa sumber hal-hal ini harus kamu hindari.

Kamu jangan langsung percaya aja ya girls. Kita perlu membedah nih, biar nggak salah kaprah merawat rambut. Kan seram kalau pengennya merawat rambut biar tetap sehat dan cetar kayak iklan sampoo, eh ternyata malah caranya salah dan bikin rusak.

1 dari 6 halaman

Gonta-Ganti Sampo Bagus Buat Rambut

Ilustrasi Sampoo © Diadona
Aduh, ini siapa yang menyebarkan mitosnya ya? Sering mengganti sampo justru akan mengganggu pH rambut dan bikin kering juga rapuh girls. Soalnya sampo kan juga punya kegunaan dan manfaatnya masing-masing. Jadi, kalau sudah cocok dengan satu produk tersebut yang konsisten ya, jangan gonta-ganti!

2 dari 6 halaman

Memotong Rambut Bantu Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Ilustrasi Potong Rambut © Diadona


Yap, ini salah satu mitos yang sudah disebutin sebelumnya. Ngaku deh, kamu pernah dengar soal mitos ini nggak? Kata Zeichner, MD, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, sering memotong rambut nggak mempengaruhi pertumbuhan rambutmu loh! Soalnya rambut itu tumbuh dari akar di kulit kepala girls, bukan dari ujung rambut yang kamu potong.

Terus kenapa ya, ada saran rambut sering dipotong dan muncul mitos ini? Nah, dokter kulit dan spesialis rambut di Cleveland, Melissa Pilian, MD bilang kalau ujung rambut yang bercabang bisa bikin rambutmu yang lain rusak, makanya harus dipotong. Ia juga menyarankan dipotong setiap 6-8 minggu sekali.

3 dari 6 halaman

Halal Keramas Tiap Hari Buat Rambut Berminyak

ilustrasi

Ilustrasi Keramas © Diadona


Kalau yang mitos satu ini kamu pernah dengar juga nggak? Atau jangan-jangan malah kamu masih melakukannya sampai sekarang? Katanya sih, kalau keramas tiap hari bisa mengurangi minyak berlebih yang ada di kulit kepala.

Padahal, kita kan tahu ya girls yang serba berlebihan itu nggak baik. Kalau kamu menghilangkan minyak berlebih dengan keramas, justru kulit kepala akan memproduksi minyak dua kali lipat lebih banyak loh!

4 dari 6 halaman

Serbuk Putih di Kepala Berarti Ketombe

Ilustrasi ketombe © Diadona


Eh, ternyata enggak juga loh! Kalau kamu menggaruk kepala dan ada serpihan putih yang berjatuhan itu belum tentu ketombe. Fred Connors, pemilik FRED Salon di new York bilang kalau serpihan rambut itu mengindikasikan kulit kepalamu kering dan kurang lembab makanya melupas. Biasanya hal ini terjadi saat ada perubahan suhu.

Iya sih bukan ketombe, tapi tetap saja bikin kesal, ya kan? Nah Fred kasih saran buat pakai conditioner yang dicampur sama satu sendok makan gula merah. Pijat dengan halus kulit kepalamu lalu bilas deh sampai bersih.

5 dari 6 halaman

Sering Menyisir Bikin Rambut Sehat

Ilustrasi menyisir rambut © Diadona


Ini nggak benar sama sekali loh girls! Justru kalau kamu sering menyisir rambut bisa menyebabkan kerusakan. Menurut Melissa Piliang, MD seorang okter kulit dan spesialis rambut di Cleveland, sering menyisir bikin rambut cepat rontok dan rusak. Tuh kan yang berlebihan emang nggak bagus.

6 dari 6 halaman

Nah, kalau sudah tahu gini jangan malah diterusin ya girls. Kalau ingin rambut tetap sehat dan cetar, stop mitos ini dan jangan sampai jadi turun-temurun!

Beri Komentar