Cara Membuat Masker Bengkoang Alami yang Benar untuk Wajah Berjerawat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 22 Januari 2020 15:59
Cara Membuat Masker Bengkoang Alami yang Benar untuk Wajah Berjerawat
Khasiat bengkoang untuk kecantikan memang nggak perlu diragukan lagi. Terbukti, banyak produk kecantikan mengandung ekstrak buah yang satu ini.

Buat kamu pecinta buah pasti sudah nggak asing deh dengan buah yang ini. Karena rasanya yang unik, bebnerapa orang menganggap bengkuang merupakan perpaduan antara rasa kentang dan buah pir.

Di Indonesia, buah ini umum sebagai salah satu buah pada makanan rujak. rasanya cenderung tawar dan sedikit manis, namun segar karena kaya kandungan air. Awalnya, bengkuang tumbuh di daerah Meksiko lalu menyebar dan tumbuh subur di di beberapa daerah tropis, salahs atunya Indonesia.

Manfaat kecantikan dari umbu satu ini didapat dari campuran mineral, vitamin, fitonutrien, serat makanan , vitamin C, vitamin E, folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, dan besi. Banyak banget, kan? 

Selain dikonsumsi langsung, bengkuang bisa diaplikasikan dalam bentuk masker. Seperti apa cara membuat masker bengkoang?

 

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Wajah Berjerawat

Ilustrasi Masker Wanita © Diadona

Dilansir dari healthline (21/1), bengkoang mengandung antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel. Per 130 gram buah bengkuang mengandung hampir setengah dari RDI (Recomended Dietary Intake) vitamin atau jumlah konsumsi yang disarankan per hari.

Vitamin E pada bengkoang menjaga kulit sehat dan awet muda. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat wajah dan mengurangi peradangan. Sementara itu, komponen air yang tinggi pada bengkoang menetralkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat. Karena itu, jerawat perlahan menghilang.

Buah bengkoang dapat digunakan untuk membasmi jerawat di wajah. Cara membuat masker bengkoang untuk wajah berjerawat yakni:

  • Ambil umbi bengkoang, kupas kulitnya lalu bilas hingga bersih
  • Potong kecil
  • Parut atau tumbuh, tempatkan di wadah
  • Oleskan pasta bengkoang ke titik jerawat
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Cuci wajah hingga bersih

Vitamin E pada bengkuang hadir dalam jumlah yang minimal dan dapat dimasukkan dalam konsumsi harian kamu. Vitamin E penting untuk memperkuat dinding kapiler pada kulit, memulihkan kelembaban dan elastisitas, serta sebagai nutrisi alami pada proses penuaan kulit.

Pada bengkoang, vitamin E membantu proses penyembuhan kulit, diserap oleh lapisan epidermis kulit dan bisa digunakan untuk mengobati kulit terbakar. Selain itu, bengkuang juga mempercepat regenerasi sel dan dapat digunakan sebagai obat keriput.

Kombinasi antara vitamin C dan vitamin E pada bengkuang akan membantu melawan peradangan kulit segera setelah kontak dengan radiasi sinar UV dan mungkin juga bermanfaat mengurangi tanda-tanda jerawat dan eksim.

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Bengkoang yang Benar

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Agar nutrisi yang dimanfaatkan untuk kulit tetap terjaga dan tak terbuang, kamu perlu tahu gimana cara membuat masker bengkoang yang benar. Vitamin C pada bengkoang rentan rusak terkena panas dan lama penyimpanan.

Dalam beberapa studi disebut, vitamin C akan rusak pada suhu tinggi dan waktu penyimpanan yang lama. Jadi, dalam cara membuat masker bengkoang yang benar, usahakan untuk tidak mendekatkan masker dengan suhu tinggi dan langsung digunakan setelah dibuat.

Bengkoang punya banyak manfaat untuk kecantikaa. Makanya, buah ini sering dimasukkan sebagai kandungan alami pada berbagai produk kecantikan sejak dulu kala. Coba deh kamu ingat, hampir semua merk produk pasti punya varian bengkoang.

Nggak heran sih, ada banyak manfaat bengkoang untuk kecantikan. Nah, selain mengetahui cara membuat masker bengkoang, nggak ada salahnya mencari tahu lebih lanjut apa sih manfaat bengkoang ini.

Mencerahkan Kulit

Bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang punya peran penting dalam mencerahkan kulit.

Menyamarkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Nggak cuman bikin cerah, bekas jerawat yang berwarna hitam bisa hilang dengan pemakaian masker bengkuang yang rutin. Nah, daripada kamu repot membeli obat jerawat yang mahal, mending mencari cara membuat masker bengkoang dan memakainya sendiri di rumah, kan?

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ukuran pori-pori wajah memang nggak tergantung pada beberapa hal, termasuk yang dominan yakni faktor genetis. Meski begitu, kamu bisa mengurangi tampilan pori-pori yang besar dengan membersihkan wajah secara rutin.

Bengkoang dengan khasiatnya bisa kamu dapatkan dari cara membuat masker bengkoang yang benar. Murah dan mudah, kok!

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Bengkoang Alami

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Nggak jarang dalam cara membuat masker bengkoang ditambahkan beberapa bahan alami untuk memperkaya kandungan nutrisinya, sekaligus meningkatkan manfaat bengkuang.

Dengan mencampurkan putih telur dalam cara membuat masker bengkoang, maka akan menambah efek mengencangkan dan membersihkan kulit yang didapat dari putih telur.

Cara membuat masker bengkoang dan putih telur

  • Kuliti dan cuci bersih buah bengkuang.
  • Kamu bisa memotongnya dalam ukuran kecil atau tidak
  • Parut bengkoang hingga habis
  • Tanpa perlu menambahkan air, peras air bengkoang
  • Diamkan air perasan hingga mengendap
  • Dengan berhat-hati, pisahkan antara air dan endapan. endapan inilah yangg akan digunakan dalam cara membuat masker bengkoang
  • Campur endapan dengan putih telur, gunakan untuk masker kulit.

Nah, cara membuat masker bengkoang cukup mudah kan?

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Bengkoang

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Masker kefir pernah hype banget di kalangan pecinta skin care, beberapa waktu yang lalu. Kefir mengandung bakteri baik berupa lactibacillus, juga asam laktat dan Alpha Hidroxy Acid yang banyak terdapat dalam produk kecantikan. Dikombinasikan dalam cara membuat masker bengkoang, kefir akan memberikan efek tambahan bagi kulit.

Bahan yang digunakan dalam cara membnaut masker bengkuang dan kefir, tentu adalah bengkuang itu sendiri. Sesuakan ukurannya dengan kebutuhan untuk wajah kamu.

Cara membuat masker bengkoang dengan tambahan kefir tidak sulit kok, hanya membutuhkan sedikit waktu dan kesabaran. Cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat masker bengkoang pada umumnya, hanya tambahkan dengan beberapa bagian masker kefir yang telah disiapkan sebelumnya. 

Beri Komentar