Cara Membuat Pola Baju Gamis Modern Payung Sederhana untuk Anak dan Wanita

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 28 April 2020 18:52
Cara Membuat Pola Baju Gamis Modern Payung Sederhana untuk Anak dan Wanita
Cara membuat pola baju gamis sering kali dilirik para penjahit untuk di jadikan refrensi sebagai pakaian muslim.

Bagi para wanita muslim, tentu sudah tidak asing dengan gamis. Bahkan, sudah banyak model-model gamis yang dijual di toko pakaian. Sehingga, banyak sekali perempuan yang penasaran dengan cara membuat pola baju gamis di rumah.

Cara membuat pola baju gamis sendiri pun cukup mudah, sehingga kamu bisa mengaplikasikannya langsung tanpa harus nyewa desainer handal.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat pola baju gamis modern, payung dan sederhana? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Modern

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Untuk membuat pola baju gamis sebenarnya sangat mudah, kalau kamu tidak tahu cara membuat pola layaknya penjahit, kamu dapat menggunakan gamis yang sudah jadi. Caranya, tempelkan kain di atas gamis untuk mendapat potongan kain di bagian belakang juga depan.

Kalau kamu ingin mengkreasikan dapat menambah sendiri saat membuat pola baju gamis unik dan modern. Untuk bagian tepinya, jangan lupa sisakan 3 cm untuk jahitan.

Hal pertama yang dilakukan ialah jahit dulu tepinya supaya tidak rusak atau dapat diobras, tapi kalau tidak punya mesin obras bisa pergi ke tempat sewa. Biasanya satu kain harganya hanya 4 ribu. Setelah diobras, tepian kain akan jadi jauh lebih rapi.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Payung

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Di jaman modern sekarang ini kebutuhan fashion meningkat tajam, sehingga untuk dapat membuat baju diperlukan pengetahuan tentang ketepatan ukuran detail baju dengan ukuran badan, seperti cara membuat pola baju gamis payung.

Saat membuat pola baju gamis payung, dibutuhkan alat berupa pensil, gunting, penggaris, meteran dan penghapus. Semua alat ini digunakan di awal pembuatan pola hingga akhir.

Untuk memperoleh busana yang sesuai keinginan, pahami dulu cara membuat pola baju, karena akan berpengaruh pada hasil akhir busana yang dihasilkan.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Sederhana

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Bagi kamu pecinta baju gamis, siapkan model gamis yang ingin kamu buat. Biar cara membuat pola baju gamis jadi gampang, serta bisa milih gamis dengan desain yang simple tapi juga memiliki unsur modern di dalamnya.

Jangan lupa, untuk membuat pola baju gamis di bagian rok, dibuat dengan menaikan 2 cm. Fungsinya, agar membuat efek melengkung pada rok.

Sehingga, mulai sekarang kamu bisa menggunakan baju gamis sederhana tanpa harus membeli di pasar terlebih dahulu. Oh iya, jangan lupa untuk membuat gamis sederhana kamu juga perlu refrensi model lainnya ya, biar tidak hanya itu saja pola baju gamis yang telah kamu buat.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Anak

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Gamis anak adalah satu macam baju yang sering di temui di pasaran, sebab banyak sekali orang tua yang menginginkan anaknya menggunakan baju gamis untuk mengaji ataupun saat hari-hari besar, seperti bulan Ramadan.

Daripada harus keluarkan kocek banyak, coba deh mulai sekarang kamu membuat baju gamis anak sendiri. Tenang saja, gak perlu kain banyak untuk mendapatkan gamis anak yang bagus.

Langkah pertama yang kamu lakukan ialah dengan menyiapkan pensil, penggaris, kertas, serta penghapus. Setelah itu ukur panjang dan lebar badan anak menggunakan tali atau penggaris.

Selanjutnya untuk menjahit, kamu siapkan kain 1,5 meter (lebar kain 115), risleting jepang, bisban untuk bagian leher, tali pinggang, serta aksen renda di bagian depan (ukuran 1 meter) agar menambah kesan manis pada anak.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Wanita

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Wanita muslim memang suka menggunakan gamis, sebab gamis sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari maupun acara penting lainnya, kalau kamu tertarik membuat gamis sendiri, ikuti cara membuat pola baju gamis wanita berikut ini.

1. Siapkan model gamis yang ingin kamu buat. Untuk keperluan pesta, kamu bisa memilih gamis dengan desain yang simple tapi juga memiliki unsur modern di dalamnya.
2. Persiapkan bahan dasar gamis beserta bahan tambahan lain yang mungkin diperlukan untuk menyempurnakan gamis, seperti kancing ataupun risleting.
3. Pilih kain chifon, kain satin, kain roberto cavali, kain linen, kain katun rayon, kain balotelli, kain wolvis ataupun bahan lain yang sejenis.
4. Tambahkan kain furing pada gamis yang menggunakan bahan dasarnya transparan seperti kain chiifon.

Setelah menentukan ukuran dan membuat pola gamis, sekarang saatnya kamu memotong bahan kain menggunakan gunting khusus, supaya hasil guntingan yang didapat terkesan tampak rata dan halus.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis Klok

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Sekilas bentuk gamis klok memang mirip dengan dress pada umunya. Sebab, desain gamis tersebut bagian bawahnya extra lebar, dan dari pinggang ke bawah terlihat modelnya seperti gelombang-gelombang. Efek gelombang tersebut dihasilkan karena pola potong menggunakan kain serong.

Biar nggak makin penasaran, berikut cara membuat pola gamis klok sendiri tanpa membutuhkan banyak bahan. Cukup menggunakan kain, gunting, penggaris, serta pensil.

Step pertama, cutting kain serong untuk membuat gamis model klok dari bahan yang lebar besar (yang bidangnya 1,5 meter). Sebab kalau kamu menggunakan kain yang lebar kecil (yang bidang 1,15 atau 1,2 meter) tidak akan bisa untuk membuat gamis model klok ini.

So, mulai sekarang kalo beli bahan untuk membuat pola baju gamis jangan salah ukuran ya bun, tapi seandainya ukurannya kurang, tenang aja, masih bisa dikombine kok dengan bahan lain. Selamat mencoba!

Beri Komentar