7 Penyebab Wajah Tetap Kusam dan Keriput Meski Sudah Rajin Pakai Skincare

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 9 Juni 2021 16:15
7 Penyebab Wajah Tetap Kusam dan Keriput Meski Sudah Rajin Pakai Skincare
Pengen wajah bebas kusam dan keriput? Ini rahasianya.

Belakangan ini hampir semua perempuan sudah mulai menyadari pentingnya merawat kesehatan dan kecantikan. Hal ini ditandai dengan masifnya beragam jenis skincare yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan kulit.

Namun, pernah nggak sih kamu merasa udah melakukan banyak perawatan tapi kulit tetap gitu-gitu aja? Atau mungkin perawatan yang kamu gunakan tetap nggak bisa mengatasi masalah kulit seperti kusam dan keriput?

Ternyata, ada 7 kebiasaan buruk yang bisa membuat keriput dan kusam tetap terjadi meski sudah pakai skincare. Kira-kira apa saja, simak selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

1. Tidak cuci muka sebelum tidur

Ilustrasi Wanita TidurIlustrasi Wanita Tidur © shutterstock.com/id/g/GiantPixsPhotogarph

Cuci muka sebelum tidur memang kelihatan sepele, tapi tentu ada manfaatnya loh. Sekalipun kamu cuma di rumah aja dan nggak memakai makeup, kulit akan tetap memproduksi minyak sehingga debu dan kotoran tetap bisa menempel.

Itulah sebabnya kamu perlu cuci muka sebelum tidur Girls. Bukan cuma untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran, tapi juga menjaga kulit supaya nggak terlihat kusam.

2. Jarang mengganti sarung bantal dan seprai

Sebagaimana handuk sering dicuci agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri, maka seprai dan sarung bantal harus mendapat perlakuan serupa. Pasalnya, seprai dan sarung bantal tergolong sebagai barang yang mudah ditempeli sel-sel kulit mati dan debu.

Untuk itu, kamu harus rutin mengganti sarung bantal dan seprai yang kamu gunakan supaya kotoran nggak menempel di kulitmu sepanjang malam.

2 dari 5 halaman

3. Jarang minum air putih

Ilustrasi Malas Minum Air PutihIlustrasi Malas Minum Air Putih © shutterstock.com/id/g/photographeeeu

Minum air putih mungkin terasa membosankan, karena nggak ada rasa-rasa yang ditawarkan. Alhasil, kebanyakan orang lebih suka minum minuman manis daripada minum air putih.

Rajin minum air putih memang bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Namun jangan salah, minum air putih bisa menyehatkan kulit dan bikin kita terhindar dari tanda-tanda penuaan loh!

4. Terlalu banyak makan makanan asin

Makanan asin nan gurih seperti keripik kentang atau makanan siap saji memang enak banget sih. Apalagi bagi kamu-kamu yang sibuk, cemal-cemil makanan asin bisa membantu kamu sedikit mendapat asupan.

Namun ternyata, makanan dengan kandungan MSG yang tinggi justru bisa meningkatkan risiko kelebihan air dalam tubuh. Akibatnya, kantong mata makin terlihat dan wajah tampak lelah dan lebih tua.

3 dari 5 halaman

5. Terlalu sering begadang

Ilustrasi BegadangIlustrasi Begadang © shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Memasuki usia-usia dewasa kadangkala membuat kita terpaksa begadang. Entah untuk mengerjakan tugas kuliah atau lembur kerjaan, begadang seringkali jadi teman setia kita.

Padahal, risiko begadang tentunya nggak main-main loh! Mulai dari mengancam kesehatan, bahkan kecantikan kulit. So, stop begadang ya Girls.. Usahakan tidur dengan waktu yang cukup agar kulit tetap indah dan sehat.

6. Membiarkan pikiran stres

Stres memang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Kadangkala, stres berkepanjangan bisa menganggu kondisi kulit hingga kesehatan tubuh.

Coba deh atasi stres supaya bisa segera berakhir. Lakukan relaksasi atau apapun yang menyenangkan untuk bisa mengembalikan mood. Hati senang, kulit tenang!

4 dari 5 halaman

7. Tergiur skincare murah yang nggak sesuai

Ilustrasi Belanja SkincareIlustrasi Belanja Skincare © shutterstock.com/id/g/jackf

Yang satu ini benar-benar harus kamu hindari. Jangan sekali-kali tergiur dengan skincare murah yang harganya nggak masuk akal!

Pilih dengan benar skincare yang akan kamu beli, perhatikan juga kandungannya dan bagaimana efeknya terhadap kulit. Harga murah karena diskon memang menggiurkan, tapi tentunya kamu nggak mau kan kulitmu jadi rentan bermasalah?

Beri Komentar