6 Jenis Sepatu yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 28 Desember 2019 22:48
6 Jenis Sepatu yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
Segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan memang tidak baik, hal itu berlaku pula pada pemakaian sepatu.

Beberapa orang menghabiskan waktunya untuk berjalan kaki, baik ketika bersantai maupun dalam aktivitas pekerjaan. Kondisi tersebut tentunya mengharuskan mereka untuk memiliki alas kaki yang nyaman. Jangan sampai alas kaki yang dikenakan justru mengganggu aktivitas bahkan berdampak serius pada kesehatan.

Nyatanya beberapa jenis sepatu tidak boleh dikenakan terus menerus, karena bisa menimbulkan trauma pada kaki. Dilansir dari Bright Side (10/12), berikut adalah 6 jenis sepatu yang 'berbahaya' jika digunakan terus menerus.

1 dari 6 halaman

1. Sepatu Berujung Runcing

Ilustrasi Pointed Shoes © Diadona

Sepatu yang satu ini memang cantik untuk dikenakan. Namun ada yang perlu kamu waspadai sebelum membeli sepatu ini, pastikan kamu merasa nyaman saat mengenakannya. Sepatu ini akan memberi tekanan pada jari-jari kaki, dan jika dipakai secara berlebihan akan mendatangkan nyeri saraf dan lecet.

2 dari 6 halaman

2. Sandal Jepit

Ilustrasi Sandal Jepit © Diadona

Sandal jepit termasuk salah satu alas kaki yang nyaman untuk digunakan. Namun sayangnya tidak serta-merta membuatnya nyaman digunakan berlama-lama. Penggunaan sandal jepit bisa merusak kulit, bahkan menyebabkan ketidaksejajaran pada pergelangan kaku dan lutut.

3 dari 6 halaman

3. Sepatu Hak Tinggi

Ilustrasi high heels © Diadona

Untuk mendukung penampilan, beberapa perempuan memilih mengenakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Yang seringkali tidak disadari yakni sepatu hak tinggi bisa menyebabkan keseleo, kuku jari tumbuh ke dalam, kerusakan saraf, bahkan nyeri punggung bagian bawah. Jika kamu tetap ingin mengenakan sepatu hak tinggi, sebisa mungkin kenakan yang tidak lebih dari 7cm.

4 dari 6 halaman

4. Flat Shoes

Ilustrasi Flat Shoes © Diadona

Penggunaan flat shoes ternyata tidak sepenuhnya baik, karena bisa merusak kaki jika dikenakan secara berlebihan. Hal ini disebabkan tidak adanya lengkungan yang menekan plantar fascia. Jika kamu menyukai sepatu jenis ini, tambahkan sisipan orthotic untuk memperbaiki posisi kaki.

5 dari 6 halaman

5. Running Shoes

Ilustrasi Running Shoes © Diadona

Sebagaimana namanya, running shoes memang sebaiknya digunakan saat melakukan aktivitas lari. Penggunaannya yang secara berlebihan, misalnya dikenakan setiap hari, akan merusak kondisi kaki karena teksturnya yang fleksibel dan lembut. Jika kamu ingin mengenakan sepatu ini untuk beraktivitas sehari-hari, pilihlah sepatu dengan lapisan yang lebih keras.

6 dari 6 halaman

6. Platform Shoes

Ilustrasi Tren Sepatu 2020 © Diadona

Yang satu ini sebaiknya jangan terlalu sering digunakan. Sepatu platform yang digunakan berlebihan akan membuat kaki menjadi kaku karena lapisan bawahnya yang tidak fleksibel.


Berbagai jenis sepatu tersebut tentu saja boleh kamu gunakan, asalkan tidak terlalu berlebihan demi menjaga kesehatan kaki. Stay safe, Girls!

Beri Komentar