23 Cara Menumbuhkan Rambut Botak di Jidat dengan Cepat pada Bayi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 10 Januari 2020 15:50
23 Cara Menumbuhkan Rambut Botak di Jidat dengan Cepat pada Bayi
Rambut sehat dan tebal memang impian. Tapi, beberapa orang mengalami masalah kerontokan yang berujung pada kebotakan.

Beberapa orang, terutama pria, punya kemungkinan untuk jadi botak. Dan prosesnya terjadi lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Menyebalkan, bukan? Ini karena folikel rambut yang menyusut dan dianggap tidak mampu lagi menumbuhkan rambut. 

Jenis kerontokan rambut ini disebut androgenetic alopecia, sering disebut sebagai pola kebotakan pria. Yang lebih menyedihkan lagi, pola ini bersifat permanen, bukan botak sementara karena stress.  Tapi ada beberapa kasus yang terjadi di mana kebotakan nggak bersifat permanen dan setidaknya bisa segera diperlambat atau ditunda.

1 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Menurut penata rambut selebriti Mark Townsend, biasanya rambut cuman tumbuh 0.6 dan mentok di 1.2 sentimeter perbulan. Rambut yang tumbuh lebih cepat hanya mungkin terjadi kalua kamu punya rambut yang sehat tanpa ujung bercabang. Dan kalua kamu merasa rambut kamu tumbuh nggak terlalu cepat dari angka tersebut, berita baiknya, kamu masih bisa lho menumbuhkannya.

Memijat Kulit Kepala

Dengan memijat kulit kepala maka akan membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala sekaligus mendorong pertumbuhan rambut. Dalam sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan kalau pria yang memijat kulit kepala mereka selama 4 menit per hari memiliki rambut yang lebih tebal setelah 6 bulan pemijatan.

Mengoleskan Minyak Essensial

Saat pengaplikasiannya, minyak esensial akan memasuki tubuh melalui sistem penciuman dan masuk  melalui kulitmu. Selanjutnya, minyak ini akan mencapai sistem peredaran darah, berikatan dengan reseptor dan mengubah komposisi kimia.

Minyak ini tidak hanya bekerja pada tingkat sel untuk memperkuat menenangkan sistem saraf, tapi juga memberikan rasa tenang saat dihirup. Saat dioleskan ke kulit kepala, minyak ini merangsang folikel rambutdan terbukti sebagai cara paling aman untuk mengatasinya berbagai masalah rambut, terutama sebagai cara menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan.

Masker Telur

Dilansir dari medicalnewstoday, telur mengandung protein tinggi yang bagun untuk membuat rambut jadi kuat dan tebal. Cara menebalkan rambut dengan telur akan mendapatkan hasiol maksimal dengan perawatan yang rutin.

Untuk penggunananya, langkah yang harus kamu lakukan:

  • Kocok dua telur bersamaan
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas hingga bersih
  • Untuk penggunananya, langkah yang harus kamu lakukan:
  • Kocok dua telur bersamaan
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas hingga bersih

Jus Bawang Merah

Jus bawang merah mengandung alisin yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan jus bawang merah dilakukan dengan mengoleskannya pada daerah yang botak pada pagi dan sore hari, lalu gosok dengan madu sesudahnya.

Cara menumbuhkan rambut dengan jus bawang didapat dari manfaat senyawa alisin dan seng yang yang akan membantu mengeluarkan minyak di kulit kepala, di man minyak tersebut penting untuk menghalau munculnya ketombe penyebab rambut rontok. Zat besi pada jus bawang merah juga penting untuk pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya.

Seledri

Antioksidan berupa polifenol akan membunuh radikal bebas yang ada dalam aliran darah kamu. Kandungan mineral seperti potassium dan magnesium akan menjaga keseimbangan elketrolit dan pH kulit kamu. Lalu, apa hubugannya dalam cara menumbuhkan rambut? 

Keramas dengan Air Dingin

Siapa sih yang menyangka kalau salah satu cara menumbuhkan rambut adalah dengan keramas air dingin? Air dingin membuat lapisan luar rambut Anda lebih baik karena membantu mencegah hilangnya kelembaban dan kerusakan rambut karena panas.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Ilustrasi Pria Botak © Diadona

Mungkinkan rambut yang sudah botak ditumbuhkan kembali?

Jawabannya, tergantung. Dr. Francesco Fusco, MD, seorang dermatologi dari New York mengatakan kalau folikel telah tertutup, hilang, rusak, atau tidak menghasilkan rambut baru selama bertahun-tahun, maka rambut baru nggak akan bisa tumbuh. Tapi kalau folikel masih utuh, maka masih mungkin buat menumbuhkan kembali rambut atau meningkatkan kesehatan rambut yang sudah mulai tipis.

Ada beberapa solusi umum sebagai cara menumbuhkan rambut yang sudah botak, beberap diantaranya

Obat Oral

Kalau kamu merasa semua cara menumbuhkan rambut sudah kamu cobna namun hasilnya nihil, kamu bisa mencoba alternative yang ditawarkan oleh dokter kulit. Sebelumnya, konsultasikan dulu masalah kamu, dan biasnaya dokter akan meresepkan obat dengan kandungan tertentu untuk pertumbuhan rambut. Obat tersebut bekerja dengan menghambat enzim yang menyebabkan rambut rontok.

Dalam sebuah uji klinis, biasanya rambut pasien akan tumbuh lagi selama perdiode lima tahun.

Obat Oles

Namun, obat-obatan oral dilaporkan punya efek samping untuk beberapa pasien berupa kehilangan dorongan seksual. Solusinya, dengan menerapkan obat oles yang bisa kamu dapat di pasaran. Cara menumbuhkan rambut dnegan obat oles didapat dengan mengaktifkan saluran kalium dalam folikel. Selanjutkan, akan memunculkan faktor-faktor tumbuh rambut dan senyawa prostaglandin yang meningkatkan pertumbuhan rambut.

Suplemen Herbal

Kalau kamu takut dengan efek samping yang muncul dari kedua obat tersebut, cara menumbuhkan rmabut bisa kamu dapat dengan konsumsi suplemen herbal. Zat yang diangggap aktif untuk pertumbuhan rambut diantaranya ginseng, biji labu, seng, vitamin B6, rosemary, dan chamomile. Kandungan zat pada bahan tersebut dipercaya bisa mengaktifkan pertumbuhan folikel dan meningkatkan kesehatan kulit kepala serta rambut.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut di Jidat

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Lidah Buaya

Daun lidah buaya mengandung gel lengket yang rasanya pahit, namun terkenal di seluruh dunia karena sifat penyembuhannya yang luar biasa. Gel transparan ini terdiri dari 96 persen air, beberapa senyawa organik dan anorganik sejenis protein dengan 18 asam amino, vitamin A, B, C dan E. Salah satu elemen terpentingnya yaitu karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai acemannan, yang memungkinkan nutrisi dapat mencapai sel, memberinya nutrisi dan mengeluarkan racun. 

Tanaman ini punya kandungan enzim proteolitik yang bisa memperbaiki sel kulit mati yang ada di kepala. Enzim ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut sehat dan berkilau. Keratin, yakni protein utama rambut terdiri dari asam amino, oksigen, karbon, dan sejumlah nitron, hidurogen dan belerang. Lidah buaya punya kandungan bahan kimia yang mirip dengan itu sehingga bisa meremajakan rambut, menutrisinya dan menjadi cara menumbuhkan rambut yang efektif.

Konsumsi Protein

Dikutip dari laman medicalnewstoday (10/1), cara menumbuhkan rambut adalah dengan makan banyak protein, mengingat zat yang satu ini dibutuhkan dlaam proses pertumbuhannya.

Hindari Perawatan dengan Panas

Panas membuat rambut jadi rusak. Saat rambut rusak, maka akan semakin lama dan semakin sulit untuk tumbuh. Kalau kamu sudah kepepet banget harus menggunakan alat tersebut, pastikan buat melindungi rambut kamu dengan pelindung panas.

Hindari Produk Shampoo Tertentu

Tujuan sampo memang untuk membersihkan kotoran, tetapi kebanyakan sampo mengandung zat keras yang disebut sulfat, yang pada akhirnya justru menghilangkan minyak alami pada rambut. Minyak alami inilah yang kamu butuhkan untuk punya rambut Panjang, sehat, dan lebat.

Gunakan Kondisioner

Seorang ahli penata rambut terkemuka di Hollywood sampai terkejut lho ketika tahu bahwa banyak dari sebagian orang yang melewatkan pemakaian kondisioner setelah keramas. Padahal, itu adalah salah satu cara menumbuhkan rambut terbaik.

Vitamin D

Kalau kebotakan permanen bisa terjadi karena sudah tidak aktifnya folikel rambut, nah, vitamin D ini bersaam dengan bahan kimia lain dapat membantu ‘membangunkan’ folikel tersebut. Tapi, folikel yangs udah terbangun pun kadang juga masih nggak bisa memproduksi rambuty sih.

Untungnya, penelitian di tahun  2012 menyebut kalau vitamin D juga bisa menciptakan folikel baru di mana rambut baru bisa tumbuh.

Vitamin A

Selain penting untuk tubuh, vitamin A juga penting untuk kesehatan rambut dan konsumsinya bisa menjadi cara menumbuhkan rambut yang alami. Keberadaan vitamin A menjadi semacam pelumasan bagi akar rambut sehingga rambut akan tumbuh lebih sehat. Wortel, mengandung vitamin A dalam jumlah tinggiIni adalah antioksidan yang membantu menghasilkan sebum yang sehatdi kulit kepala. 

Vitamin E

Kamu sendiri sudah sering mendengar kan bagaimana vitamin E bermanfaat untuk kecantikan. Dalam cara menumbuhkan rambut, Vitamin E bertindak sebagaiantioksidan yang membantu sirkulasi efektif di kulit kepalakarena peningkatan penyerapan oksigen dalam darah.

Makanya, vitamin E memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut danmencegah rambut rontok. Yogurt dan kedelai, sayuran hijau tua, gandum utuhproduk, asam lemak esensial, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan berlemak yang biasanya merupakan sumber terbaikvitamin E, dan antioksidan sebagai penambah kekebalan tubuh dan sarafpelindung. 

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks penting sebagai cara menumbuhkan rambut karena dapat mengatur metabolisme dan menjaga system syaraf pusat. Bahkan, beberap ahli nutrisi mengklaim bahwa vitamin B yang lebih populer - seperti B-12 - dapat membantu memperkuat dan merawat rambut.

Kamu bisa memperoleh vitamin ini dari asupan makanan, diantaranya:

Biji-bijian, ayuran seperti kembang kol, wortel, sayuran berdaun gelap, daging, terlur, kedelai, avokad, polong-polongan

Jangan Sampai Kekurangan Mineral

Mineral seperti halnya kalsium, zat besi,tembaga, kromium, yodium, seng, danmagnesiumdiperlukan untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap sehat. Saat tubuh kekurangan mineral, maka rambut akan kehilangan kesempatannya untuk tumbuh.

Kerontokan rambut bias terjaid karena penipisan yang berkaitan dengan penuaan, namun bisa karena faktor genetik, penyakit kronis, dan perawatan rambut yang salah.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi

Ilustrasi Rambut Bayi © Diadona

Saat pertama lahir, bayi bisa saja sudah punya rambut yang tebal ataupun sebaliknya. Namun, jenis dan ketebalan rambut bayi dipengaruhi oleh gen dan etnis dari kedua orang tuanya. Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir ketika bayi lahir dengan rambut tipis. Meski begitu, sangat dimengerti kok kalau kamu ingin rambut dia menebal seiring dengan pertambahan usianya.

Minyak Kemiri

Kemiri punya kandungan berupa saponin, flavonoid, polifenol, beberapa protein dan karbohidart. Dalam kemiri terkandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Yang tak kalah penting, kemiri juga mengandung vitamin A, vitamin B1, folat dan pitosterol yang umum sebagai penghambat kolesterol.

Penggunaan minyakkemiri sebagai cara menumbuhkan rambut bisa kamu lakukan dengan :

  • Ambil sedikit minyak
  • Letakkan di rambut dan kulit kepala
  • Usapkan secara merata dan biarkan satu malam
  • Cuci dengan shampoo dan maskimalkan perawatan dengan conditioner

Dikutip dari laman nenonatural (9/1), minyak kemiri bisa membentengi rambut rambut dari dalam karena bisa menembus kutikula rambut. Minyak ini melakukannya jauh lebih baik daripada minyak lain karena punya jumlah lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi,

Almond

Almond merupakan sumber protein dan asam amino essensial. Coba deh beri buah hati 2 – 3 butir almod sehari untuk meningkatkan pertumbuhan rambutnya. Kalau terlalu repot, kamu juga bisa menggantinya dengan cara menebalkan rambut melalui pemijatan dengan minyak almond.

Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Zat besi dan nutisi lainnya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerusakan helai rambut, sehingga rambut lebih tebal dan lebih panjang. Zat besi terkandung dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, labu, dan masih banyak lagi.

Nutrisi yang Cukup

Pastikan bayi memiliki nustisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembangnya. Dalam cara menebalkan rambut bayi, vitamin B biotin penting untuk kulit kepala dan pertumbuhan rambut yang sehat. Menburut ahli gizi Joy Bauer, dalam masa tersebut penambahan suplemen makanan belum diperlukan. Yang terpenting, nutrisi bayi bisa kamu cukupi lewat makanan misalnya telur, roti, gandum, dan alpukat sebagai sumber biotin.

Beri Komentar