Udah Pesen Tiket Tapi Nggak Jadi Mudik? Nggak Usah Khawatir, Begini lho Cara Refund Lewat Aplikasi

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 8 April 2020 17:37
Udah Pesen Tiket Tapi Nggak Jadi Mudik? Nggak Usah Khawatir, Begini lho Cara Refund Lewat Aplikasi
Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Pemerintah sedang gencarnya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengimbau agar masyarakat nggak melaksanakan mudik saat lebaran.

Terus gimana dong kalau udah terlanjur beli tiket mudik? Uang kita hangus dong?

Eits jangan khawatir. Tiket tetep bisa dikembalikan kok. Dilansir dari tiket.com, tiket bisa dibatalkan, dan pelanggan juga bisa mendapat refund atas sejumlah uang yang udah disetorkan. Gimana caranya ya? Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Bagi kamu pengguna aplikasi pemesanan tiket, pihak manajemen mempersiapkan cara mudah bagi calon penumpang untuk melakukan refund tiket. Seperti apa caranya?

Jika jadwal keberangkatan di tiket kurang dari 72 jam, maka permohonan akan diproses maksimal dalam 72 jam. Namun jika jadwal keberangkatan di tiket masih lebih dari 72 jam, maka permohonan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.

Bagi calon penumpang yang udah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang udah berlalu, kamu akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu maksimal 72 jam.

2 dari 2 halaman

Open Ticket

Selain permohonan untuk refund, ada juga kebijakan Open Ticket. Open Ticket merupakan proses pembatalan segment atau jadwal tiket yang masih aktif dengan tidak mengembalikan berupa uang tunai ke pihak penumpang. Namun, tiket dapat digunakan kembali selama masa berlaku tiket masih aktif.

Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan pengajuan seperti ini:

Pengajuan open ticket harus maksimal 48 jam sebelum tanggal penerbangan. Setelah open ticket diajukan, maka proses tidak bisa dibataalkan.

Setelah open ticket diproses, maka penumpang bisa melakukan perubahan jadwal di kemudian hari dengan ketentuan yang tertera pada bagian regulasi maskapai.

Tanggal penerbangan terbaru harus diinformasikan ke pihak tiket.com sebelum masa berlaku tiket kamu kadaluarsa.

Sesuai kebijakan maskapai terkait pandemi Corona, bahwa tidak ada biaya perubahan jadwal yang dikenakan ke penumpang. Namun selisih harga antara tiket baru dengan tiket lama tetap akan dikenakan ke penumpang. Pembebasan biaya perubahan jadwal hanya berlaku jika tiket kamu memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh maskapai terkait COVID-19. Hal ini mengacu kepada kebijakan masing-masing maskapai.

Pihak tiket.com akan menginformasikan selisish harga antara tiket baru dengan tiket lama jika kamu udah menentukan dan memberikan tanggal terbaru kepada pihak tiket.com. Hal ini dikarenakan ketersediaan kursi yang bersifat fluktuatif dan selisih harga yang diberikan hanya memiliki batas waktu pembayaran maksimal 1 jam.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar