Ternyata Ini Kota Tertua di Indonesia, Usianya udah 1.339 Tahun, loh!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 2 Maret 2022 14:00
Ternyata Ini Kota Tertua di Indonesia, Usianya udah 1.339 Tahun, loh!
Ada yang udah tahu kota tertua di Indonesia?

Indonesia memiliki banyak tempat-tempat unik yang patut untuk dikunjungi. Beberapa daerah di Indonesia ini memang punya pesona tersendiri. Bahkan, tempat-tempat tersebut juga punya sejarah dan fakta unik yang menarik untuk diulik dan ditelusuri.

Nah, pernah kepikiran gak sih, di mana kota paling tua yang ada di Indonesia? Belum banyak yang tahu, ternyata ini adalah kota paling tua di Indonesia, usianya bahkan udah 1.339 tahun, loh. Di mana itu? Yuk disimak!

1 dari 3 halaman

Palembang

Potret Kota Palembang © Diadona

Ternyata, kota paling tua di Indonesia adalah Kota Palembang. Usianya bahkan mencapai kurang lebih 1.339 tahun. Usia tersebut diambil berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal dengan prasasti Kedudukan Bukit.

Melansir dari situs resmi Pemerintah Palembang, prasasti itu ternyata udah ada sejak 16 Juni 682 masehi. Di mana saat itu penguasa Sriwijaya mendirikan Wanua (Pemukiman) di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kota Palembang.

2 dari 3 halaman

Asal Mula Nama Palembang

Potret Kota Palembang © Diadona

Ternyata Palembang memiliki arti tersendiri. Diberi nama Palembang karena dalam bahasa Melayu, Pa atau Pe memiliki arti menunjukkan suatu tempat atau keadaan. Sedangkan lembang atau lembeng memiliki arti tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terndam air, atau genangan air.

Memang, menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air dan terendam oleh air. Air-air itu berasal dari sunga, rawa, dan juga air hujan. Maka dari itulah dinamakan Palembang.

3 dari 3 halaman

Tempat-Tempat Wisata di Palembang

Selain menjadi kota tertua di Indonesia, Palembang menjadi salah satu kota yang ikonik di Sumatera. Palembang terkenal dengan kulinernya yaitu Pempek. Gak cuma itu, ternyata Palembang juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang patut dikunjungi, yaitu:

1. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah tempat wisata dengan bangunan sejarah yang terletak di tepian Sungai Musi. Benteng yang dibangun tahun 1780 ini jadi alun-alun di halaman depan benteng dan dilengkapi dengan bangku-bangku, pedagang makanan, serta fasilitas penyewaan perahu untuk berwisata di Sungai Musi.

2. Masjid Cheng Ho

Masjid ini punya nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho. Masjid Cheng Ho jadi simbol multikultur di Palembang dengan warna khas hijau dan merah. Pengunjung bisa beribadah, berfoto, dan sekedar menikmati konsep unik dari masjid ini.

3. Jembatan Ampera

Potret Kota Palembang © Diadona

Jembatan Ampera ini menjadi salah satu ikon dari Kota Palembang yang paling terkenal. Belum berkunjung ke Palembang.

4. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu jadi kawasan hutan kota yang cocok dijadikan wisata keluarga ketika berkunjung ke Palembang. Ada beberapa wahana permainan seperti replika keajaiban dunia, farm zone, flying fox, dan lainnya.

Masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Palembang seperti Sekanak Sidewalk, Museum Balaputradewa, Taman Wisata Kerajaan Sriwajaya, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mengunjungi kota tertua di Indonesia ini?

Beri Komentar