Suku Manusia Tertinggi dan Suku Manusia Terpendek di Afrika Ini Ternyata Tetanggaan

Reporter : Nasa
Rabu, 12 Februari 2020 16:46
Suku Manusia Tertinggi dan Suku Manusia Terpendek di Afrika Ini Ternyata Tetanggaan
Kalau biasanya daerah yang tetanggan itu memiliki karakteristik cenderung mirip, beda halnya sama kawasan perbatasan di Afrika ini nih.

Ada sebuah fakta unik yang ada di Afrika Tengah loh, yang mana suku manusia tertinggi dan suku manusia terpendek di dunia ternyata tetanggan. Mereka berada di perbatasan Sudan Selatan dan juga Republik Afrika Tengah. Jika di Sudan Selatan ada suku Dinka dengan manusia-manusia tertinggi di dunia, di Republik Afrika Tengah ada salah satu suku manusia terpendeh di dunia (pygmies).

Suku Dinka di Sudan Selatan ini mendominasi penduduk di sana. Saking banyaknya manusia dengan postur tubuh tinggi, ternyata pemain basket NBA tertinggi juga berasal dari Sudan Selatan loh. Namanya Manute Bol yang memiliki tinggi badan mencapai 7,7 kaki. Manute Bol cuma salah satu manusia tertinggi dari Sudan Selatan, selebihnya banyak banget manusia tinggi di sana.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Suku Afrika © Diadona

Katanya nih, ada beberapa teori yang menjadikan alasan kenapa suku Dinka di Sudan Selatan itu tinggi-tinggi banget. Pertama adalah karena di negara tersebut sangat panas, jadi makhluk hidup di sana akan cenderung tumbuh lebih tinggi atau panjang agar bisa berkeringat lebih banyak. Kemudian ada teori lain yang menyebut bahwa orang suku Dinka ini tinggi-tinggi karena makanan yang dikonsumsi.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Suku Afrika © Diadona

Nah kemudian beda halnya sama pygmies yang ada di perbatasan Republik Afrika Tengah yang memiliki tinggi badan jauh di bawah manusia rata-rata di dunia. Bahkan kemudian diketahui juga bahwa kebudayaan dan tradisi yang mereka terapkan juga beda banget sama orang-orang di Sudah Selatan. Padahal, secara umum wilayah perbatasan biasanya dihuni sama orang-orang dengan karakteristik serupa.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Suku Afrika © Diadona

Seperti perbatasan Malaysia dan Indonesia yang mayoritas dihuni sama suku Melayu, mereka kebanyakan juga memiliki budaya dan tradisi hampir serupa. Sama halnya dengan Papua dan Papua Nugini, sampai dengan Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste. Nah bingung kan kok bisa ya mereka bertetangga tapi karakteristiknya nggak ada yang sama.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Suku Afrika © Diadona

Meskipun banyak perbedaan, mereka tetap bisa hidup rukun kok. Suku manusia terpendek di dunia yang hidup di dalam hutan perbatasan bahkan sering mendapat kunjungan juga dari turis asing juga berkat penduduk suku Dinka yang berasal dari Sudan Selatan. Wah menarik banget kan ya. Gimana nih, kalian tertarik untuk mengunjungi benua Afrika? Rasanya kedua negara tersebut layak banget masuk list kamu ya.

Beri Komentar