Nggak Cuma di Film, Kota Batman Ternyata Ada Beneran lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 8 Desember 2020 15:20
Nggak Cuma di Film, Kota Batman Ternyata Ada Beneran lho!
Namanya mirip dengan tokoh superhero, Kota Batman juga menjadi jujukan wisata karena keindahannya.

Jika mendengar kata Batman, yang terbayang di benak kita adalah sebuah pahlawan dengan jubah hitam yang berkostum seperti kelelawar. Namun, nama Batman bukan hanya nama pahlawan super saja, melainkan adalah nama sebuah Kota.

Ya, namanya adalah Kota Batman. Lalu seperti apa Kota ini? Apakah kota ini mirip dengan Gotham yang ada di Film Batman? Tentu saja tidak. Seperti apa dan bagaimana Kota ini, yuk kita telusuri.

1 dari 5 halaman

Kota Batman Turki

Kota Batman © Diadona

Bukan di Amerika, Kota Batman ini justru berada di Turki. Namun, bukan hanya nama Kota saja, sungai dan provinsi di Turki ini juga diberi nama Batman.

Melansir dari Amusing Planet, kota ini berada di wilayah Anatolia, Turki Tenggara. Kota Batman ini dihuni lebih dari 300 ribu jiwa. Sesuai namanya, kota ini berada di dekat Sungai Batman dan Sungai Tigris.

Mengapa Kota dan sungai diberi nama Batman? Apakah mereka terinspirasi dari film dan komik Batman?

2 dari 5 halaman

Sejarah Kota Batman Turki

Kota Batman © Diadona

Dulu, Kota Batman adalah sebuah desa yang dihuni 3.000 orang. Desa ini bernama Iluh dan masuk Provinsi Siirt.

Sekitar tahun 1926, seluruh distrik hilang karena banjir akibat meluapnya Sungai Batman. Butuh waktu yang cukup panjang untuk memulihkan Kota ini kembali. Lalu pada tahun 1957, desa ini menjadi pusat distrik dan berganti nama menjadi Kota Batman sesuai dengan namma sungai yang berada di dekatnya. Lalu, pada 16 Mei 1990, Kota Batman ini tengah ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Batman.

Jadi, kota Batman ini memang bukan diambil dari karakter dalam komik DC. Kota ini diambil dari sungai Batman yang pernah juga menenggelamkan kota ini.

3 dari 5 halaman

Sempat Viral

Meskipun kota ini sudah ada di era 90-an, namun pada tahun 2008 lalu, kota ini tiba-tiba menjadi sorotan dunia. Pasalnya, Huseyin Kalkan, Wali Kota Batman kala itu berniat untuk menuntut Warner Bros karena telah memakai nama kota-nya.

Sayangnya, gugatan ini tak pernah terwujud. Hal ini dikarenakan sang Wali Kota tak mengetahui bahwa komik Batman pertama kali muncul pada tahun 1939. Itu hampir 20 tahun sebelum kotanya mulai menggunakan nama Batman.

Karena kasus ini, banyak yang mengatakan jika cara ini adalah akal-akalan Wali Kota agar kotanya disorot media.

4 dari 5 halaman

Jadi Destinasi Wisata

Kota Batman © Diadona

Terlepas dari itu, Kota Batman ini memiliki keindahan tersendiri dan patut untuk dikunjungi oleh wisatawan. Di Kota Batman, terdapat kota kuno bernama Hasankeyf di tepian Sungai Tigris. Kota kuno ini diperkirakan berusia 2.000 tahun dan menjadi pusat peradaban ilmu dan budaya di masanya.

Beberapa sisa-sisa bangunan kuno di Hasakeyf ini membuanya menjadi wisata sejarah yang patut dikunjungi. Kamu bisa melihat The Old Tigris Bridge, yakni jembatan yang dibangun tahun 1116 oleh Sultan Artuqid Fahrettin Karaaslan. Jembatan ini diyakini menjadi jembatan terbesar pada abad pertengahan.

Ada juga Masjid Ulu yang sudah berdiri sejak tahun 1327. Kemudian ada istana seluas 2.350 meter persegi yang sangat memanjakan mata. Tak hanya itu, ada juga Jembatan Malabadi yang dibangun sejak 1147. Bentuknya melengkung dan terbuat dari batu. Jembatan ini masih kokoh hingga saat ini.

Beri Komentar