Nama Nama Gunung Tertinggi di Indonesia atau Seven Summits, Destinasi Idaman Buat yang Suka Naik Gunung

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 7 Januari 2022 11:00
Nama Nama Gunung Tertinggi di Indonesia atau Seven Summits, Destinasi Idaman Buat yang Suka Naik Gunung
Siapa yang sudah menaklukan puncak-puncak tertinggi di Indonesia ini?

Jika berbicara tentang nama nama gunung di Indonesia tentu jumlahnya sangat banyak. Namun, ada beberapa gunung yang dianggap spesial karena memiliki ketinggian yang cukup menantang untuk ditaklukan, yaitu disebut sebagai Seven Summits.

Sesuai dengan istilahnya, nama nama gunung yang disebut sebagai Seven Summits ini ada tujuh. Dari tujuh gunung tersebut yang paling rendah adalah Gunung Bukit Raya yang ada di pulai kalimantan yang memiliki tinggi 2.278 mdpl dan untuk yang paling tinggi adalah Gunung Jaya Wijaya yang ada di Papua dengan tinggi 4.884 mdpl.

Nah, lantas gunung mana apa saja yang masuk dalam seven summits ini? Berikut Diadona.id telah merangkum nama nama gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Yuk simak uraiannya bareng-bareng.

1 dari 7 halaman

1. Gunung Jaya Wijaya

Nama Nama Gunung (Jaya Wijaya)Nama Nama Gunung (Jaya Wijaya) © beritapapua.id

Gunung Jaya wijaya di Papua adalah nama nama gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi 4.884 mdpl. Gunung ini kiranya sangat spesial karena di puncaknya memiliki salju loh. Gunung yang terleta di Timika ini juga masuk ke dalam World Seven Summits loh.

Oh iya, puncak dari Gunung Jawa Wijaya ini bernama Carstensz. Untuk mendaki gunung ini terdapat dua jalur yakni Ilaga dan Sugapa.

2 dari 7 halaman

2. Gunung Kerinci

Nama Nama Gunung (Kerinci)Nama Nama Gunung (Kerinci) © wikimedia.org

Nama nama gunung seven summits Indonesia selanjutnya adalah Gunung Kerinci yang ada di Pulau Sumatera. Ini adalah gunung tertinggi kedua setelah Jaya Wijaya. Gunung yang terletak di Jambi ini memiliki tinggi 3.805 mdpl.

Gunung Kerinci ini juga dijuluki sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Nggak hanya itu, Gunung kerinci ini juga merupakan gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

3 dari 7 halaman

3. Gunung Rinjani

Nama Nama Gunung (Rinjani)Nama Nama Gunung (Rinjani) © wikimedia.org

Selanjutnya ada Gunung Rinjani yang juga masuk dalam nama nama gunung seven summits Indonesia. Gunung yang terletak di Lombok Utara ini memiliki tinggi 3.726 mdpl yang membuat gunung ini menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Soal pemandangan, Gunung Rinjani ini sudah tidak perlu diragukan lagi. sepanjang jalur pendakian kamu akan disuguhkan dengan hamparan savana yang luas. Juga, ada Danau Segara Anak di gunung ini.

4 dari 7 halaman

4. Gunung Semeru

Nama Nama Gunung (Semeru)Nama Nama Gunung (Semeru) © Unsplash.com

Lalu, untuk nama nama gunung seven summits selanjutnya adalah Gunung Semeru. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang ini adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni dengan tinggi 3.676 mdpl.

Gunung ini juga merupaka gunung berapi aktif di Indonesia. Bahkan, Kawah gunung ini bisa mengeluarkan abu vulkanik setiap 20 menit sekali. Salah satu persona yang dimiliki oleh Gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo. Tempat yang paling banyak digunakan untuk bermalam sebelum lanjut naik ke puncak.

5 dari 7 halaman

5. Gunung Latimojong

Nama Nama Gunung (Latimojong)Nama Nama Gunung (Latimojong) © surbaktineva.com

Selanjutnya untuk nama nama gunung tertinggi atau seven summits di Indonesia ada nama Gunung Latimojong. Gunung yang memiliki ketinggian 3.430 ini terletak di Pulau Sulawesi tepatnya di Kabupaten Enrekang.

Gunung ini memiliki banyak sekali jenis vegetasi dan juga fauna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Oh iya, Gunung Latimojong ini juga merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Sulawesi.

6 dari 7 halaman

6. Gunung Binaiya

Nama Nama Gunung (Binaiya)Nama Nama Gunung (Binaiya) © Liputan6.com

Nama nama gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Binaiya yang tertletak di Pulau Seram Maluku. Gunung ini memiliki tinggi 3.027 mdpl. Sekaligus, gunung ini juga merupakan gunung tertinggi yang ada di kawasan Maluku.

Perlu diketahui, Gunung Binaiya ini merupakan gunung karst atau gunung yang tidak aktif. Yang menarik para pendaki untuk mengunjungi gunung ini adalah ada banyak jenis ekosistem hutan seperti pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, hingga hutan subalpin.

7 dari 7 halaman

7. Gunung Bukit Raya

Nama Nama Gunung (Bukit Raya)Nama Nama Gunung (Bukit Raya) © the7summitsindonesia.com

Terakhir, untuk nama nama gunung tertinggi di Indonesia ada Gunung Bukit Raya yanga da di Kalimantan. Gunung yang berada di wilayang Kabupaten Katingan ini memiliki tinggi 2.278 mdpl. Ini adalah gunung paling rendah dari deretan gunung tertinggi yang ada Indonesia.

Jadi, itu lah nama nama gunung yang masuk dalam seven summits Indonesia. Kamu yang suka naik gunung, dari seven summits ini mana aja yang sudah kamu daki? hehehe.

Beri Komentar