Menyusuri Indahnya Tegal Alun Papandayan, Padang Edelweiss Terluas se-Asia Tenggara

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 1 Maret 2021 18:20
Menyusuri Indahnya Tegal Alun Papandayan, Padang Edelweiss Terluas se-Asia Tenggara
Gimana sih rasanya menginjakkan kaki di padang edelweiss terluas di Asia Tenggara?

Indonesia memang tak ada habisnya menyajikan keindahan pesona alamnya. Beberapa wisata pun menjadi primadona tersendiri sehingga berbeda dengan tempat-tempat lain. Bahkan beberapa tempat di Indonesia ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri.

Nah, salah satu wisata yang patut kamu kunjungi adalah Tegal Alun Papandayan. Di sini terdapat padang Edelweiss yang sangat indah. Tak hanya itu, Tegal Alun Papandayan juga diklaim sebagai padang Edelweiss terluas se-Asia Tenggara, lho.

Seperti apa tempat ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 2 halaman

Tegal Ayun Papandayan

Tegal Alun Papandayan © Diadona

Tegal Alun Papandayan berada di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan padang edelweiss terluas se Asia Tenggara.

Melansir dari berbagai sumber, sajian bunga di sini menjadi sensasi yang menenangkan hati.

Bunga Edelweiss yang juga memiliki julukan bunga abadi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki gunung Papandayan.

Padang Edelweiss di Tegal Alun Papandayan ini memiliki luas sekitar 35 hektar.

2 dari 2 halaman

Rute Menuju Tegal Alun Papandayan

Tegal Alun Papandayan © Diadona

Untuk bisa menuju tempat ini, Lokasi pertama yang harus dituju adalah kawasan taman wisata alam Gunung Papandayan yang berada di Kecamatan Cisurupan. Gunung Papandayan sendiri terletak sekitar 70 km sebelah tenggara kota Bandung.

Untuk bisa mencapai Tegal alun, para pendaki biasanya menyusuri sungai terlebih dahulu, kemudian mnengambil arah barat ke hutan mati.

Dari hutan mati, dapat mengambil ke arah timur. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar satu jam menuju Tegal Alun dari Pondok Saladah.

Tegal Alun Papandayan © Diadona

Di Tegal Alun, tak ada fasilitas apapun kecuali padang bunga edelweiss. Selain tak ada faslitas khusus, di Tegal Alun juga dilarang berkemah.

Jika kamu ketahuan berkemah di Tegal Alun, maka kamu akan dikenakan denda.

Tertarik untuk menyusurinya?

Beri Komentar