Mengenal Kualoa Ranch, Surga Dunia yang Dijaga Turun-Temurun

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 4 Januari 2020 14:50
Mengenal Kualoa Ranch, Surga Dunia yang Dijaga Turun-Temurun
Hawaii menyediakan keindahan alam yang begitu menakjubkan, hal ini dibuktikan dengan keberadaan Kualoa Ranch.

Mungkin nama Kualoa masih asing di telinga sebagian orang. Namun jika kamu melihat bagaimana gambaran dari Kualoa, pasti kamu merasa tidak asing dengan tempat ini.

Kualoa termasuk dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional Departemen Dalam Negeri AS sejak tahun 1970-an. Kualoa Ranch merupakan cagar alam privat yang dimiliki sekaligus dikelola oleh keturunan generasi ke delapan dari Dr. Gerritt P. Judd. Cagar alam yang didirikan pada 1850 ini memiliki misi untuk memperkaya kehidupan orang-orang dengan melestarikan tanah Kualoa sekaligus mempertahankan sejarah yang ada. Secara tidak langsung mereka berusaha melindungi dan meningkatkan keindahan alam yang sudah diwariskan, sembari mengembangkannya dalam bentuk rekreasi, pertanian dan akuakultur. Semua dilakukan dengan sistem berkelanjutan dan ramah terhadap lingkungan, dengan tujuan agar generasi di masa mendatang tetap dapat menikmatinya. 

 Kualoa Ranch memiliki luas 4000 hektar, dengan peternakan yang terisi oleh 600 ekor sapi, 120 kuda dan 200 domba. Cagar alam ini membentang dari tebing gunung yang curam sampai ke perairan Teluk Kaneohe. Kualoa terletak di pantai timur Oahu, sekitar 24 mil dari kawasan Waikiki.

Mungkin kamu masih bertanya-tanya dimana sih Kualoa ini? Atau mungkin kamu penasaran dengan panorama yang disajikan di Kualoa? Coba ingat-ingat film Jumanji atau Jurrasic Park, deh. Kedua film tersebut menjadikan Kualoa sebagai tempat syutingnya, lho. Gimana? Kebayang kan gimana kerennya pemandangan di Kualoa? Bahkan lebih dari itu, Kualoa telah menjadi tempat syuting bagi film blockbuster Hollywood lainnya sejak 1950-an. Kamu bisa menengoknya pada film Jumanji, Kong Skull Island, Jurassic World, Jurassic World Fallen Kingdom, Jurassic Park, Windtalkers, Pearl Harbor, Godzilla, Tears of the Sun, dan 50 First Dates. Tidak hanya film, beberapa acara TV lokal pun memanfaatkan Kualoa sebagai latar belakang yang menakjubkan.

Kualoa dibagi menjadi dua area utama, bagian utara meliputi Lembah Ka'a'awa yang menjadi lokasi berbagai film. Sedangkan bagian selatan meliputi Lembah Hakipu'u, Moli'i sebagai tambak kuno Hawaii berusia 800 tahun (termasuk dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional AS), serta pantai Hokule'a Pulau Rahasia.

Kualoa Ranch

Ada berbagai aktivitas yang ditawarkan di Kualoa, berikut adalah daftar tur yang disediakan:

1. Mengendarai UTV selama 1-2 jam untuk beberapa penumpang
2. Petualangan Kayak selama 2 jam
3. Mengendarai ATV dari Kualoa Ranch selama 1 jam
4. Menunggang kuda selama 1-2 jam dari Kualoa Ranch
5. Ekspedisi Jungle Jeep
6. Aktivitas di pantai Pulau Rahasia
7. Mengelilingi peternakan Kualoa dengan Bus Listrik
8. Mengunjungi lokasi syuting acara TV dan film Hollywood
9. Zipline lembah Jurassic
10. Jelajah Kualoa dengan e-Mountain Bike
11. Pelayaran di Teluk Kaneohe

Bagaimana? Tertarik mengunjunginya? Sebelum mengunjungi Kualoa Ranch, jangan lupa mencari tahu berbagai informasi mengenai harga yang dibanderol untuk setiap turnya. Jangan sampai kehabisan uang ya, Girls!

Beri Komentar