Melihat Kehidupan di Eibenthal Village, Desa Teraman di Dunia yang Tak Pernah Ada Pencuri!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 23 Oktober 2020 17:20
Melihat Kehidupan di Eibenthal Village, Desa Teraman di Dunia yang Tak Pernah Ada Pencuri!
Desa ini aman dari pencuri selama kurang lebih 20 tahun lamanya.

Meskipun kita tinggal di Kota yang terdapat penegak hukum seperti polisi, nyatanya, kasus pencurian masih saja ada hingga saat ini. Bahkan, kita tetap saja was-was apabila kita tidak mengunci pintu ketika kita hendak keluar rumah.

Namun, di sebuah Desa yang ada di Rumania Barat ini, kamu nggak akan kecurian. Pasalnya, di Desa ini dijuluki Desa teraman di dunia. Emang beneran? Yuk kita telusuri.

1 dari 2 halaman

Desa Eibenthal

Desa Eibenthal © Diadona

Ya, namanya adalah Desa Eibenthal. Desa Eibenthal berada di Pegunungan Banatului di Rumania Barat. Sebuah kebiasaan unik masyarakat desa sini adalah tak pernah mengunci rumah. Bahkan mereka meletakkan uang di dalam tas di tiang pagar untuk membeli sebuah roti.

Melansir dari berbagai sumber, Desa Eibenthal dihuni oleh 22 ribu penduduk. Pada 1988, di Rumania telah terjadi revolusi. Sejak saat itu, toko roti yang ada di Eibenthal tutup. Penduduk bahkan baru bisa membeli roti lagi pada tahun 1996.

Tukang roti keliling ini datang dari desa Svinita yang berjarak 20 km dari Eibenthal. Ada Mobil yang mengantarkan roti setiap 2 hari sekali.

Nah, sebelum pergi ke ladang, warga Eibenthal terbiasa menaruh uang dan catatan dalam kantong atau tas yang digantung di depan rumahnya. Ketika pulang dari ladang pada sore hari, warga sudah mendapatkan roti sesuai dengan catatan beserta uang kembaliannya.

Orang desa Eibenthal melakukan hal ini selama lebih dari 20 tahun lamanya. Mereka bahkan tak pernah mendengar ada yang kehilangan uang ataupun roti.

2 dari 2 halaman

Budaya Orang Eibenthal

Desa Eibenthal © Diadona

Selain hal itu, Orang Eibenthal ternyata sangat menghormati rumah dan harta milik orang lain. Mereka punya adat istiadat tak berani untuk memasuki halaman rumah tetangga tanpa izin. Untuk memanggil tetangganya, mereka hanya memanggil dari gerbang. Baru mereka akan masuk ketika dipersilahkan. Namun jika tak ada jawaban, mereka akan pergi begitu saja.

Karena memiliki budaya dan adat istiadat seperti itu, orang-orang desa Eibenthal tak takut menyimpan barang-barang di rumah meskipun pintu rumah terbuka.

Wah, keren banget ya desa ini. Harusnya bisa diterapkan di Indonesia, nih! Tertarik untuk tinggal di desa ini?

Beri Komentar