Korea Utara Ternyata Punya Stadion Terbesar di Muka Bumi, Kapasitasnya Capai 150 Ribu Orang!

Reporter : Nasa
Selasa, 28 April 2020 12:35
Korea Utara Ternyata Punya Stadion Terbesar di Muka Bumi, Kapasitasnya Capai 150 Ribu Orang!
Stadion terbesar di Korea Utara ini bahkan disebut memiliki 80 pintu masuk, yang memungkinkan 150 ribu orang bisa masuk hanya dalam 15 menit!

Korea Utara tidak hanya identik dengan Kim Jong Un, pemimpinnya yang dikenal selalu memberikan kebijakan ekstream secara internal negara maupun secara internasional. Ternyata Korea Utara juga punya infrastuktur bangunan stadion terbesar di muka bumi loh.

Namanya adalah Stadion Rungrado May Day. Stadion ini didirikan pada area 20.7 hektar dan disebut mampu menampung sekitar 150 penonton. Stadion ini juga pernah digunakan sebagai lokasi gelaran MASS Games Korea Utara yang diadakan secara megah.

Melansir dari laman Koryo Group, luasnya Stadion Rungrado ini sangat mengagumkan. Luas dan kemegahan stadion tersebut bahkan mengalahkan stadion-stadion di Eropa yang menjadi klub olahraga terbaik di dunia.

2 dari 4 halaman

Desain unik Stadion Rungrado May Day kabarnya mengadaptasi dari bentuk bunga, dan juga parasut. Setidaknya terdapat 16 penutup berbentuk seperti kelopak bunga yang mengelilingi stadion tersebut.

Stadion Rungrado May Day setidaknya memiliki 8 tingkat, dan total lantainya mencapai lebih dari 207.000 m2 atau sekitar 2,2 juta kaki di seluruh lantai. Pada stadion tersebut juga terdapat 1300 ruang, yang terdiri dari ruang ganti, ruang pelatihan, kantor, dan lokasi penyimpanan.

Kemudian juga ada 80 pintu di seluruh penjuru stadion yang memungkinkan 150 orang bisa masuk hanya dalam waktu 15 menit saja. Ada juga pintu yang dikhususkan bagi para pejabat tinggi dan para pemimpin tertinggi di Korea Utara.

3 dari 4 halaman

Stadion Rungrado May Day Korea Utara © Diadona

4 dari 4 halaman

Nggak cuma menjadi lokasi aktivitas keolahragaan saja, Stadion Rungardo May Day juga menjadi lokasi pagelaran seni tari dan pertunjukan seni spektakuler di negara tersebut. Jadi nggak heran ya, kalau stadion tersebut menjadi salah satu landmark kebanggaan Korea Utara.

Kabarnya nih, stadion yang dibuka tepat pada Hari Buruh 1 Mei 1989 tersebut juga terdapat gambar atau potret para pemimpin Korea Utara dengan ukuran sangat besar. Termasuk salah satunya Presiden Korea utara saat ini, Kim Jong Un.

Ternyata Korea Utara juga memiliki insfrastruktur megah ya. Meski tak sedikit media yang memberitakan bahwa Korea Utara masih identik dengan ketimpangan sosial yang sangat ekstream, dan juga sistem pemerintahan sentralis yang kontroversial.

Sementara itu, Stadion Rungrado May Day juga bisa dikunjungi oleh turis internasional loh. Gimana nih menurut kamu tentang stadion ini? Tertarik mengunjunginya suatu hari nanti?

Beri Komentar