Intip Kemegahan Benteng Jiayuguan, Pertahanan Militer Terkuat di Ujung Barat Tembok Besar China

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 2 November 2023 17:02
Intip Kemegahan Benteng Jiayuguan, Pertahanan Militer Terkuat di Ujung Barat Tembok Besar China
Tampak gagah di tengah gurun yang gersang.

Tembok Besar China menjadi salah satu bangunan ikonik yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Landmark China ini dibangun selama ribuan tahun dan telah diakui secara global karena signifikansi budayanya.

Bangunan yang juga dikenal dengan nama The Great Wall of China ini membentang lebih dari 13.000 mil melintasi China Utara. Jika ditelisik, Tembok Besar China ini membentang dari ujung timur di tepi pantai dan berakhir di barat, tepatnya di tengah gurun.

1 dari 4 halaman

Shanhaiguan © Diadona

Di luar Celah Shanhaiguan, bangunan ini membentang ke arah timur hingga ujungnya disebut Laolongtou (Kepala Naga Tua). Shanhaiguan sendiri menjadi objek wisata nasional sekaligus jalur strategis pertama di ujung timur Tembok Besar.

Di ujung paling barat, dikenal dengan sebagai Jiayu Pass atau Jiayuguan, terletak di provinsi Gansu. Titik akhirnya ditandai dengan keberadaan bangunan Benteng Jiayuguan yang sangat megah dan kokoh, cukup menarik perhatian di tengahnya kawasan gurun yang tandus dan sepi.

2 dari 4 halaman

Benteng Jiayuguan © Diadona

Benteng Jiayuguan dilengkapi menara pengawas dua lantai di setiap sudutnya, serta memiliki bailey dengan tiga bangunan bertingkat. Jika dijabarkan, terdapat dinding dalam dan luar, dua rumah gerbang, parit, serta menara suar.

Jalur Jiayu ini dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi di selatan, perbukitan gurun di utara, serta sekelompok bukit di bagian barat. Batas-batas ini melindungi daerah lembah gurun yang lebarnya kira-kira mencapai 15 kilometer.

3 dari 4 halaman

Benteng Jiayuguan © Diadona

Di bagian selatan lembah, Tembok Besar berakhir di tepi ngarai Sungai Beida yang menjadi penghalang secara alami. Sedangkan di depan benteng Jiayguan terdapat sebuah oasis, yang memang ikut menjadi pertimbangan pemilihan lokasi pembangunan benteng.

Benteng ini disebut-sebut jadi benteng pertahanan militer terkuat yang pernah dimiliki China pada zamannya, karena bisa menangkal serangan dari Mongolia. Sistem pertahanan militer yang tak tertembus ini membuat Benteng Jiayuguan juga dijuluki sebagai " Jalan Pertama dan Terbesar di Bawah Surga" .

Beri Komentar