Gak Harus ke Malioboro, Galeri Seni di Jogja ini Punya Kesan Tersendiri!

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 3 Januari 2022 16:00
Gak Harus ke Malioboro, Galeri Seni di Jogja ini Punya Kesan Tersendiri!
Kalau jalan-jalan ke Jogja gak harus ke Malioboro kok!

Nggak salah kalau ada yang bilang Jogja adalah kota Seni. Selain terkenal dengan makanan khasnya, bangunan keratonnya, Jogja juga punya keistimewaannya sendiri yaitu banyak museum dan galleri seni yang bisa dinikmati, lho.

Agaknya Jogja memang memiliki suasana yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia. Di Jogja juga banyak sekali event-event seni yang menarik untuk dipamerkan. Para seniman juga sering kali memamerkan hasil karyanya di galeri seni. Ajang seperti jangan sampai dilewatkan karena selain hasil karya yang dipamerkan banyak yang menarik, kamu juga bisa berfoto-foto di sana. Di sisi lain, tiap musim pameran selalu menghadirkan nuansa dan tema yang berbeda.

Nah, berikut ini museum dan galeri seni yang bisa banget untuk kamu kunjungi. Kamu juga perlu ingat kalau mengunjungi galeri seni, jangan sampai kamu menyentuh hasil karya yang sedang dipajang ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Taman Budaya Yogyakarta (TBY)

      View this post on Instagram      

A post shared by Taman Budaya Yogyakarta (@tamanbudayayogya)

 

Taman Budaya di Yogyakarta ini adalah salah satu tempat galeri seni yang paling terkenal di kota ini. Di sini banyak sekali pameran-pameran hasil karya seniman yang dipajang. Tak hanya itu, di Taman Budaya Yogyakarta ini banyak sekali pameran, lho.

2 dari 6 halaman

Jogja National Museum

      View this post on Instagram      

A post shared by Jogja National Museum (@jogjanationalmuseum)

 

Kemudian ada Jogja National Museum yang merupakan galeri seni yang cukup besar. Di sini kerap diadakan pameran seni yang dihadadiri oleh para pejabat penting. Letak galeri seni ada di di Jalan Prof Ki Amri Yahya.

3 dari 6 halaman

Jogja Gallery

      View this post on Instagram      

A post shared by Jogja Gallery (@jogja_gallery)

 

Jogja Gallery ini letaknya cukup strategis karena dekat dengan Alun-alun Utara Yogyakarta. Sebelum menjadi galeri seni, bangunan ini dulunya adalah gedung bioskop 'Soboharsono' yang pertama kali dibangun pada tahun 1929 oleh Belanda. Sekarang, Jogja Gallery seringnya digunakan untuk pameran seni karena salah satu alasannya karena lokasinya yang mudah dijangkau.

4 dari 6 halaman

Sangkring Art Space

      View this post on Instagram      

A post shared by Space | Project | Bale Banjar (@sangkringart)

 

Galeri satu ini juga cukup populer. Banyak wisatawan juga yang mengunjungi galeri seni ini untuk menikmati hasil karya dan berfoto-foto. Walau lokasinya tak berada di tengah kota, galeri seni ini sangat keren. Hal ini karena galeri seni memiliki 3 bangunan berbeda untuk menampilkan hasil karya seninya. Selain itu, Sangkring Art Space juga pernah masuk majalah TIME, lho.

5 dari 6 halaman

Langgeng Art Fondation (LAF)

      View this post on Instagram      

A post shared by Langgeng Art Foundation (@langgengartfoundation)

 

Langgeng Art Fondation juga merupakan Galeri seni rupa konteporer yang memfasilitasi berbagai macam seni, exhibition, dan diskusi. Utamanya, galeri ini digunakan untuk membahas soal pertumbuhan dan perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Galeri seni ini mudah diakses karena letaknya cukup strategis juga di Jalan Suryodiningratan 37 Yogyakarta.

Beri Komentar