Amankah Traveling ke Luar Negeri di Tengah Wabah Corona?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 3 Maret 2020 13:11
Amankah Traveling ke Luar Negeri di Tengah Wabah Corona?
Corona sedang menjadi wabah yang mengancam dunia.

Di tengah wabah virus corona ini, pasti kita sedang was-was bagaimana saat traveling ke luar negeri. Apalagi, virus ini sudah menyebar di negara Asia Tenggara termasuk, Vietnam, Malaysia, Singapura, Thailand. Bahkan, sudah ada kabar 2 WNI terjangkit virus ini. 

1 dari 4 halaman

Vietnam

Ilustrasi Vietnam © Diadona

Sebagai contoh di Vietnam. Dilansir dari Liputan6, Vietnam sendiri mencatatkan 16 kasus Corona, semuanya diklaim berhasil disembuhkan. Meskipun demikian, CEO Vietnam Travel Group, Lai Quoc Cuong tidak menampik bahwa virus corona memberi dampak yang cukup signifikan bagi pariwisata Vietnam.

Namun, ia masih membuka banyak destinasi situs bersejarah. Jumlahnya juga masih banyak walau nggak seramai di bulan yang sama pada tahun lalu. Untuk menangani itu, di tempat-tempat umum, termasuk sederet situs bersejarah, ada program bagi-bagi masker dan instruksi untuk cuci tangan sesering mungkin.

2 dari 4 halaman

Thailand

Ilustrasi Thailand © Diadona

Thailand juga jadi perhatian terkait virus Corona. Dan hal ini pun juga berdampak pada sektor pariwisatanya. Namun operator tur setempat tetap meyakinkan bahwa Thailand tetap aman.

Di Thailand sendiri, menurut pemantau real time Coronavirus Global Cases, hingga saat ini diketahui ada 35 orang terinfeksi virus Corona di Thailand. Hal ini, tentu sangat berpengaruh terhadap jumlah wisatawan menuju Thailand.

Dilansir dari berbagais sumber, permintaan wisatawan ke Thailand turun hingga 80 persen.

Untuk menyiasati hal tersebut, pihak salah satu operator tur yang menyediakan tur ke Thailand, Fullmoon Paradise, meyakinkan wisatawan Indonesia kalau Thailand masih aman dikunjungi.

Meskipun begitu, ia tetap meminta wisatawan untuk tetap menerapkan standar keamanan. Dan tetap membawa masker maupun hand sanitizer.

3 dari 4 halaman

Tips Aman Liburan Ke Luar Negeri

Meskipun beberapa negara mengklaim tempatnya aman untuk dikunjungi, namun pencegahan adalah cara paling ampuh. Jika kamu memang punya rencana liburan dekat-dekat ini pastikan kamu menerapkan tips ini.

1. Cuci Tangan dengan sabun

Cara terbaik mencegah penyakit ini adalah mencuci tangan dengan sabun. Gosok ke sela-sela jari dapat membunuh kuman. Lakukan ini setiap kamu habis menyentuh sesuatu yang asing, atau ketika hendak mengonsumsi makanan dan minuman. Memang sedikit repot tapi ini adalah pencegahan yang bagus.

2. Gunakan Masker

Masker dapat mengurangi risiko. Ingat, hanya mengurangi, tentu nggak sepenuhnya mencegah penularan virus. Gunakan masker yang lebih tebal seperti n-95 yang mampu menahan 95 persen partikel dari luar.

3. Bawa bantal dan selimut sendiri

Kita nggak tahu berapa banyak kuman yang ada di bantal atau selimut di pesawat. Sehingga langkah pencegahan penting untuk dilakukan di saat seperti ini.

4. Pakai Sarung tangan saat ke luar ruangan

Jika kamu sedang di luar negeri dan hendak menggunakan transportasi umum, pastikan gunakan sarung tangan sebagai pelindung dari bakteri di tempat umum.

4 dari 4 halaman

Panduan CDC untuk Traveler

Pihak CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan WHO telah memberi beberapa anjuran bagi para traveler sebagai berikut:

1. Hindari perjalanan yang sifatnya tidak urgent ke tempat-tempat yang sudah terjangkit virus Corona

2. Hindari kontak dengan orang sakit.

3. Hindari Kontak dengan orang asing

4. Jangan bepergian ketika kondisi sedang tidak fit

5. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju (Bukan dengan tangan kamu) ketika batuk atau bersin.

6. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.

Beri Komentar