Air Terjun Tukad Barong, Destinasi Wisata di Bali yang Jarang Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 2 Januari 2021 09:10
Air Terjun Tukad Barong, Destinasi Wisata di Bali yang Jarang Diketahui
Tempatnya bikin takjub, deh!

Wisata ke Pulau Dewata memang selalu berhasil membuat takjub para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, saat berada di Bali banyak pesona alam menarik yang mampu melepas penat dan lelahmu selama ini. Air Terjun Tukad Barong salah satunya.

Tukad Barong ialah destinasi wisata yang masih sangat segar sebab baru dibuka pada Juni 2019. Berlokasi di pinggiran kota Bangli, tepatnya di Banjar Umbalan, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, air terjun ini menjadi pilihan wajib untuk dikunjungi saat di Bali.

1 dari 2 halaman

Air Terjun Tukad Barong © Diadona

Dikarenakan destinasi wisata ini masih baru, maka akses jalan menuju air terjun Tekad Barong pun juga bisa dibilang belum memadai. Sehingga untuk mencapai lokasi, kamu harus berjalan kaki sejauh satu kilometer dari pinggiran jalan beraspal. Tapi tak perlu khawatir, sepanjang perjalanan nantinya kamu akan disuguhi pemandangan asri dengan pesona alam pedesaan khas Bangli.

Ohya, sebelum sampai di lokasi, kamu akan disambut oleh jembatan akar yang terbentuk secara alami dari akar pohon Bunut yang hidup selama berabad-abad sepanjang lima meter. Rasanya kurang afdol kalau kamu hanya melewati jembatan tanpa mengambil satu atau dua foto selfie, ya.

Setelah puas melakukan selfie di jembatan, perjalanan selanjutnya kamu akan ditemani aliran sungai kecil dengan air jernih dan menyejukkan. Tak hanya itu saja, kamu pun juga akan melewati tebing-tebing batu yang kokoh sebelum akhirnya sampai di dalam goa di mana air terjun eksotis berada.

2 dari 2 halaman

Air Terjun Tukad Barong © Diadona

Bahkan, pesonanya semakin memikat saat matahari menyinari aliran air yang menuruni tebing dari celah-celah pohon di atasnya. Kalau diibaratkan, seperti melihat sinar 'ilahi' dari dalam surga eksotis yang tersembunyi, deh.

Untuk mengunjungi air terjun Tukad Barong, kamu perlu menempuh jarak sekitar 9,5 kilometer dari pusat kota Bangli atau sekitar 17 menit berkendara. Pasar Yangapi bisa dijadikan sebagai patokan, kemudian dilanjutkan ke arah utara sejauh 1,8 kilometer.

Tenang, untuk tiket masuk Air Terjun Tukad Barong belum ditetapkan secara resmi. Hanya saja, kamu diharapakan bisa memberikan sumbangan sukarela untuk mengembangkan destinasi wisata yang masih seumur jagung ini ya, guys.

Gimana, setelah melihat keindahan air terjun Tukad Barong, apakah kamu akan melalukan perjalanan ke Bali bareng pacar, sahabat, atau keluarga? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar