8 Tips Liburan Bersama Anak agar Lebih Menyenangkan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 29 Januari 2020 12:53
8 Tips Liburan Bersama Anak agar Lebih Menyenangkan
Lakukan beberapa tips berikut agar liburan bersama anak menjadi menyenangkan

Saat liburan tiba, anak-anak seringkali mengajak pergi ke suatu tempat untuk bersenang-senang. Namun, namanya juga anak-anak, kadang kita suka jengkel karena kerewelannya. Padahal, kita sebagai orang tua pengin banget anak-anak kita merasa bahagia.

Makanya, saat liburan bersama anak, setidaknya kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti yang telah kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1 dari 8 halaman

1. Destinasi Liburan untuk Anak

Hal yang pertama dilakukan saat liburan adalah tentu menentukan destinasi yang dituju.

Pilihlah destinasi yang sekiranya cocok untuk anak. Sebab, energi anak sangat terbatas, nggak seperti orang dewasa. Tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, yang sekiranya nggak terlalu melelahkan dan dapat membuat anak bahagia.

Dan jangan lupa untuk mengobrolkan tempat wisata yang kamu tentukan tersebut dengan anak-anak kamu agar mereka nggak kecewa.

2 dari 8 halaman

2. Berangkat Siang Hari

Waktu yang sebaiknya kamu pilih saat keberangkat untuk liburan adalah siang hari. Sebab, kalau pagi hari takutnya nanti kalian sekeluarga menjadi buru-buru dikejar waktu. Kadang, soalnya anak suka rewel. Di samping itu, keuntungan berangkat di siang hari dapat membuat persiapan liburan menjadi lebih matang.

Jika kamu memilih berangkat dengan pesawat atau kereta, usahakan beli jauh-jauh hari. Sebab, bisa jadi jam keberangkatan pada siang hari yang kamu ingin itu sudah habis kalau kamu nggak segera membelinya.

3 dari 8 halaman

3. Bawa Baju Secukupnya

Berangkat bersama anak harus siap dengan kerepotan yang ada. Untuk menguranginya, kamu harus membawa baju seperlunya saja. Hal ini dapat menguntungkan keberangkatanmu biar nggak ribet.

4 dari 8 halaman

4. Perlengkapan Tambahan yang Dibutuhkan

Selain baju, jangan lupa untuk membawa perlengkapan lain yang dibutuhkan. Misalnya saja jika kamu atau anak punya penyakit tertentu, jangan sampai obat-obatan tertinggal.

Kalau kamu punya bayi, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti susu, pempers, dan lain-lain.

5 dari 8 halaman

5. Pilih Penginapan yang Nyaman

Anak-anak kadang suka rewel tentang tempat peristiharan saat bepergian jauh. Makanya, kamu harus memastikan hotel atau penginapan yang akan kalian tempat bakal membuat sang anak nyaman dan senang.

6 dari 8 halaman

6. Bersikap Santai saat Ada Masalah

Ingat, tujuan kamu berlibur bersama anak adalah untuk membuat mereka senang. Kalau kamu punya masalah di tengah-tengah liburan, jangan sampai kamu mengatasinya dengan emosi. Hal ini hanya akan memperburuk mood liburan anak-anak kamu.

7 dari 8 halaman

7. Bikin Rencana Liburan

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat liburan adalah perencanaannya. Jangan sampai ketika kamu sudah tiba di tempat tujuan, kamu nggak tahu apa saja yang bakal kamu dan anak-anakmu lakukan. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran besar tentang liburanmu saja.

8 dari 8 halaman

8. Fleksibel

Nggak ada orang yang bisa memprediksi masa datang. Di tengah liburan kamu, bisa jadi terdapat hal-hal yang nggak kamu inginkan. Maka, kamu harus memiliki pemikiran yang freksibel. Kalau kamu perlu mengubah rencana liburan di tengah-tengah, bujuk anakmu dengan baik-baik. Jangan sampai membuat mereka kecewa.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membawa anak ketika berlibur. Semoga perjalanmu dengan sang anak menyenangkan, ya!

Beri Komentar