5 Perilaku Nggak Sopan yang Harus Kamu Hindari Saat Naik Pesawat

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 3 Januari 2020 13:38
5 Perilaku Nggak Sopan yang Harus Kamu Hindari Saat Naik Pesawat
Di dalam kendaraan umum seperti pesawat, ada hak-hak sesama penumpang yang nggak boleh kamu langgar. Ada beberapa perilaku nggak sopan yang seharusnya nggak kamu lakukan.

Perjalanan jauh naik pesawat bisa jadi perjalanan yang melelahkan. Terlebih saat kamu harus melaluinya selama berjam-jam.

Kamu nggak pernah tau tujuan dari masing-masing penumpang di dalam pesawat itu untuk apa. Mungkin ada yang sedang dalam perjalanan bisnis dan harus tiba di tempat tujuan dalam keadaan segar karena harus mengejar meeting. Atau ada yang melakukan perjalanan dalam rangka berobat sehingga perlu ketenangan selama di pesawat. Adalah harapan semua penumpang untuk bisa melalui perjalanan tersebut dengan nyaman. Menciptakan kenyamanan di dalam pesawat adalah tanggung jawab dari semua orang di pesawat tersebut, nggak cuma pilot dan pramugari saja tapi juga kamu dan penumpang lain.

"Kamu perlu berlaku baik saat berada di ruangan sempit seperti pesawat karena seluruh orang mau sampai ke tempat tujuan dalam kondisi senyaman mungkin. Sikap saling pengertian akan membuat perjalanan jadi lebih baik," ujar Jodi R.R. Smith, seorang pakar etiket, kepada The Wall Street Journal.

Menurut Smith, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan saat menjadi penumpang dalam pesawat. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1 dari 6 halaman

1. Berisik Sepanjang Perjalanan

Ilustrasi penumpang ngobrol di pesawat © Diadona

Ruangan pesawat--terutama di kelas ekonomi--nggak cukup luas untuk para penumpang duduk berjauhan. Sedikit saja suara yang kamu keluarkan akan terdengar paling nggak oleh orang di samping atau depan-belakang. Oleh sebab itu ada baiknya kamu menjaga volume bicara. Hindari juga bermain game atau menonton film dengan volume kencang tanpa penggunaan earphone.

2 dari 6 halaman

2. Nyinyir ke Penumpang yang Bayinya Menangis

Ilustrasi anak menangis di pesawat © Diadona

Yah, memang di aturan pertama di atas kamu nggak diperkenankan untuk berisik, tapi nyinyir ke penumpang yang bayinya menangis juga nggak bisa dibenarkan. Yang nggak diperkenankan adalah berisik yang dibuat on purpose, sementara tangis bayi adalah hal yang pasti orangtua bayi itu sendiri pun nggak kehendaki. Smith menyarankan untuk sabar saja saat ada di situasi tersebut.
" Orangtua bayi sudah cukup panik dan malu karena tangis bayinya. Tatapan sinismu cuma akan tambah menyulitkan mereka," jelas Smith.

3 dari 6 halaman

3. Membirkan Anak Berlarian di Lorong Pesawat

Koridor pesawat © Diadona

Berbeda lagi dengan kasus bayi menangis, di usia tertentu anak sudah bisa diberi pengertian. Orangtua bertanggung jawab penuh untuk memberi pengertian ke anaknya biar nggak lari-larian di pesawat karena itu cuma akan mengganggu penumpang lain. Kalau kamu menemui ada anak yang lari-larian atau bermain berlebihan sampai mengganggu, kamu bisa langsung hampiri atau minta tolong pramugari untuk menegur orangtua dari anak tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Nggak Menghormati Pramugari dan Pramugara

Ilustrasi pramugari pesawat © Diadona

Posisi pramugari dan pramugara di pesawat memang terlihat seolah menjadi pelayan untuk para penumpang, namun sangat nggak diperkenankan buat kamu berbuat sewenang-wenang ke mereka. Pramugari dan pramugara sudah memperlakukan kalian dengan penuh sopan santun, jadi seharusnya kamu pun melakukan hal yang sama.

5 dari 6 halaman

5. Nggak Menghargai Ruang Privasi Penumpang Lain

Ilustrasi penumpang pesawat mengganggu © Diadona

" Ruang pesawat yang terbatas membuat ruang privasimu juga menyempit. Ada baiknya kamu tetap menghormatinya," ujar Smith.
Bentuk menghormati ruang privat di pesawat misalnya dengan nggak menempatkan kaki di celah kursi penumpang depan karena itu bukan ruang milikmu atau dengan nggak mengambil foto penumpang lain tanpa seizin yang bersangkutan.

6 dari 6 halaman

Lima hal di atas adalah hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan untuk menjaga kesopanan dan kenyamanan di dalam pesawat. Selamat terbang!

Beri Komentar